Unjuk Kerja dan Pemeliharaan Gear Pump pada Unit Excavator 220 LC

  • Veny Selviyanty.YH Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru
Keywords: Kegagalan gear pump excavator, pengujian merusak dan pengujian tidak merusak

Abstract

Gear pump (pompa roda gigi) adalah jenis pompa positive displacement dimana fluida akan mengalir melalui celah-celah roda gigi dengan dinding rumahnya disebut sebagai pompa karena fluida yang dialirkan pada umumnya berupa cairan (liquid) atau bubur (slurry). Sedangkan pompa positive displacement berarti pompa tersebut menghisap sejumlah fluida yang terjebak yang kemudian ditekan dan dipindahkan ke arah keluaran (outlet). Gear pump sering digunakan untuk aplikasi hydrolic fluid power. Dalam pengoperasiannya sebuah komponen gear pump excavator dapat mengalami kegagalan, meskipun komponen tersebut masih dalam keadaan bagus/ baru. Untuk menganalisa penyebab terjadi kegagalan gear pump ini dilakukan pengujian yang meliputi pengujian yang bersifat merusak (destructive material testing) menggunakan uji kekerasan dan pengujian yang tidak merusak (non-destructive material testing) menggunakan uji fraktografi, metallografi dan pengujian komposisi kimia. Dari hasil pemeriksaan di labor menunjukan bahwa Gear Pump Excavator mengalami kerusakan pada gigi penggerak di bagian luar dan gigi bagian dalam, photo makro roda gigi bagian luar dalam penampang melintang menunjukan adanya cacat Deformasi / Perubahan Bentuk akibat beban bentur pada permukaan roda gigi. Roda gigi yang menerima beban putar/ gesek mengalami aus sesuai dengan arah putaran geardan pada permukaan patahan dan menunjukkan terdapatnya inklusi yang terkonsentrasi mengarah ke permukaan material gear pump excavator sehingga menyebabkan terjadinya aus. Pada material gear pump excavator  yang mengalami kegagalan bila dilihat dari bentuk patahannya termasuk kepada jenis beban fatik  karena sebelum patah gear pump excavator  mengalami cacat deformasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abdullah Shahab, Dr.Ir.msc, “Analisa Kegagalan Suatu Komponen,” staff pengajar jurusan teknik mesin, FTI-ITS.
[2] Amiril, Ir ; “Transmisi Roda Gigi”, ITN, Malang.
[3] Collins, J.A ; “Failure Of Material In Mechanical,” Analysis, Prediction, dan Preventio, John Willey and Sons Inc, Canada, 1981.
[4] Popov , “Mechanics Of Materials,” 2nd Edition, Versi SI, 1983.
[5] Harsokoesoemo, Dr., Ir., H. Darmawan ; “Kriteria Patah Lelah Untuk Perancangan Elemen Mesin,” Jurusan Teknik Mesin, ITB , 1989
[6] “Kursus Singkat Aplikasi Praktis Mekanika Retakan”, Laboratorium Aerodinamika Pusat Antas Universitas Ilmu Rekayasa, ITB, 1989.
[7] Metal Hand Book, 8 th Edition, Vol.7, “Atlas Of Microstructure Of Industrials Alloys.”
[8] Colangelo dan F.A. Heiser,”Analysis Of Metallurgical Failure,” 2nd Edition, 1987.
[9] B.J.M. Beumer Ing, 1980, “Pengetahuan Bahan Jilid II”I, Bhratara Karya aksara, Jakarta.
[10] Material Hand Book Vol 9, “Metallography Structure and Phase diagrams”, ASM.
Published
2017-06-01
How to Cite
Selviyanty.YH, V. (2017). Unjuk Kerja dan Pemeliharaan Gear Pump pada Unit Excavator 220 LC. Jurnal Surya Teknika, 5(01), 55-66. https://doi.org/10.37859/jst.v5i01.608
Abstract views: 1365 , pdf downloads: 1544