Rancang Bangun Sistem dan Mekanisme Prototype Underwater Rov (Remotely Operated Vehicle) Berbasis Arduino

  • David Lamasalas Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Ridha Fauzi Program Studi Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Eksplorasi bawah air, ROV (Remotely Operated Vehicle), robot bawah air, suhu, tekanan

Abstract

ROV (Remotely Operated Vehicle) merupakan sebuah robot penjelajah bawah air yang dikendalikan oleh operator menggunakan sistem pengendali ROV yaitu perangkat remote control. Indonesia sebagai Negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan tentunya memerlukan proses monitoring bawah air demi terjaganya ekosistem dan sumber daya perairan. Banyak daerah perairan Indonesia memiliki berbagai macam resiko yang dapat membahayakan penyelam seperti hewan buas, limbah beracun, keterbatasan oksigen dan sebagainya. Karena permasalahan tersebut, maka dibuatlah projek rancang bangun sistem dan mekanisme prototype underwater ROV (Remotely Operated Vehicle) berbasis Arduino. Pada penelitian ini telah dibuat sebuah alat berupa robot kapal selam dengan menggunakan 4 motor dc untuk melakukan 8 jenis pergerakan di bawah air dengan hasilnya yaitu ROV yang dapat melakukan semua pergerakan tersebut. Dengan menggunakan driver motor BTS7960, setiap motornya dapat dikendalikan arah putar dan kecepatannya. Robot ini memiliki tujuan yaitu mengambil data berupa suhu, tekanan, dan gambar di dalam air dengan kedalaman maksimal yaitu 3 meter. Pengambilan data suhu dan tekanan dilakukan dengan menggunakan sensor suhu DS18B20 dan ditampilkan pada display LCD16x2. Sedangkan pengambilan gambar atau video dilakukan menggunakan kamera CCTV yang disambungkan dengan laptop sebagai monitornya dengan hasil gambar yang ditangkap cukup jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

J. Souhoka and S. I. Patty, “Pemantauan Kondisi Hidrologi Dalam Kaitannya dengan Kondisi Terumbu Karang di Perairan Pulau Talise, Sulawesi Utara,” vol. 1, no. 3, pp. 138–147, 2013.

R. D. Christ and R. L. Wernli, The ROV Manual : A User Guide For Observation-Class Remotely Operated Vehicles, 1st ed. Burlington: Elsevier, 2007.

R. Kurniawan, “Rancang Bangun ROV (Remotely Operated Vehicle) Menggunakan Motor AC Single- Phase,” p. 84, 2017.

S. Manullang, A. P. Kindangen, and A. Setiawan, “Analisis Desain Awal Rancang Bangun Pemindai Bawah Air ( Underwater ) Dengan Sensor Yang Mampu,” 2017.

Y. Aldino, “Rancang Bangun Perangkat Kendali ROV Berbasis Joypad Dan Aplikasi Pemantauan Kondisi Bawah Air Berbasis Video Streaming,” p. 50, 2018.

P. Ongga, Y. Sanwaty, F. Rondonuwu Samuel, and W. Kristiyanto Hari, “Konsepsi mahasiswa tentang tekanan hidrostatis,” Fak. MIPA, Univ. Negeri Yogyakarta, pp. 181–185, 2015.

H. Firdaus, “Rancang Bangun Penggerak Pintu Pagar Geser Menggunakan 12 Volt Direct Current (DC) Power Window Gear,” J. Media Teknol., 2019.

S. Nugroho, “Pembuatan Prototype Kursi Roda Elektrik Dengan Fitur Berdiri Untuk Disabilitas Di Indonesia,” Univ. Islam Indones., 2019, doi: .1037//0033-2909.I26.1.78.

R. Sagita, “Prinsip dan Konsep Dasar Hidrodinamika,” academia, pp. 9–25, 2019.

Published
2023-06-26
How to Cite
David Lamasalas, Muhammad Ridha Fauzi, & Sunaryo, S. (2023). Rancang Bangun Sistem dan Mekanisme Prototype Underwater Rov (Remotely Operated Vehicle) Berbasis Arduino. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 755-765. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.5411
Abstract views: 141 , *.pdf downloads: 167