Evaluasi Job Safety Analysis Guna Meminimalisir Potensi Kecelakaan Kerja Karyawan PT AAA

  • Syahrul Akbar Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nina aini Mahbubah Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Job Safety Analysis, Potensi Bahaya, Ball Front, keselamatan dan Kesehatan kerja

Abstract

Sebuah perusahaan konstruksi memiliki ketergantungan terhadap para pekerja di lapangan. Dalamm pengelolaan keselamatan dan Kesehatan kerja (K3). PT AAA merupakan perusahaan jasa kontruksi memetakan sumber bahaya utama pada aktivitas pemindahan material dari satu titik ke titik lainnya.. Salah satu aktivitas yang mempunyai potensi bahaya adalah proses produksi Ball Front. Job Safety analysis digunakan sebagai metode penyelesaian masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi bahaya sebagai upaya pencegahan Potensi bahaya pada proses produksi Ball Front terbesar terdapat bahaya tergores sebanyak 20 kali, kemudian diikuti oleh terpercik sebanyak 19 kali. Sedangkan potensi bahaya yang memiliki frekuensi paling sedikit yaitu bahaya terjepit sebanyak 3 kali. Dan kejatuhan sebanyak 1 kali. Rekomendasi yang diberikan adalah penggunaan APD dan pengecekan mesin secara berkala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Silvia S, Balili C, Yuamita F. Analisis Pengendalian Risiko Kecelakaan Kerja Bagian Mekanik Pada Proyek PLTU Ampana (2x3 MW) Menggunakan Metode Job Safety Analysis (JSA). J Teknol dan Manaj Ind Terap [Internet]. 2022;1(2):61–9. Available from: http://jurnal-tmit.com/index.php/home/article/view/14

Fatach MN, Dhartikasari E, Rizqi AW. Mengidentifikasi Bahaya dan Pengendalian Resiko Dengan Metode Job Safety Analysis. J Tek Ind. 2023;9(1):44–50.

Asih TN, Mahbubah NA, Fathoni MZ. Identifikasi Bahaya Dan Penilaian Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proses Fabrikasi Dengan Menggunakan Metode Hirarc (Studi Kasus : Pt. Ravana Jaya). JUSTI (Jurnal Sist dan Tek Ind. 2021;1(2):272.

Garto T, Azis A, Novalia U. Analisis Identifikasi Potensi Bahaya Pada Pekerja dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis ( JSA ) dan HIRARC di Home Industri Emi Craft. IESM (Industrial Eng Syst Manag. 2023;4(1):19–31.

Setiyoso A, Oesma TI, Yusuf M. Analisis Potensi Kecelakaan Akibat Kerja Menggunakan Job Safety Analysis (Jsa) Dengan Pendekatan Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (Hirarc). J REKAVASI. 2019;7(1):1–7.

Bawang J, T Kawatu PA, Wowor R. Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis di Bagian Pengapalan Site Pakal PT. Aneka TAmbang Tbk. UBPN Maluku Utara. J KESMAS. 2018;7(5):1–15.

Sukapto P, Djojosubroto H, Christian D. Implementasi NOSACQ-50, JSA dan Participatory Ergonomics untuk Mewujudkan Lingkungan Kerja yang Nyaman, Selamat, dan Humanum (Studi Kasus). J Kesehat. 2019;10(3):337.

Hikmi N, Firwandri R, Haryanto B. Penerapan Metoda Job Safety Analysis Dalam Identifikasi Potensi Bahaya Pada Pekerja Divisi Pipa, Sumatera Barat. J Kesehat Lingkung. 2020;10(1):01–7.

Abidin AU, Ramadhan I. Penerapan Job Safety Analysis, Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja terhadap Kejadian Kecelakaan Kerja di Laboratorium Perguruan Tinggi. J Berk Kesehat. 2019;5(2):76.

Ilmansyah Y, Mahbubah NA, Widyaningrum D, Studi P, Industri T, Gresik UM, et al. Penerapan Job Safety Analysis Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja dan Perbaikan Keselamatan Kerja di PT Shell Indonesia. Keselamatan dan Kesehatan Kerja. 2020;8(1):15–22.

Ningrum L, Budiharti N, W G. Upaya Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Kerja Dengan Metode JSA Pada Bagian Adhesive di PT. Pamolite Adhesive Industry. J Valtech. 2023;6(1):82–6.

Published
2023-06-26
How to Cite
Akbar, S., & Mahbubah, N. aini. (2023). Evaluasi Job Safety Analysis Guna Meminimalisir Potensi Kecelakaan Kerja Karyawan PT AAA. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 744-748. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.5019
Abstract views: 130 , *.pdf downloads: 191