Analisis Penyebab Kerusakan Hub Screw Press dan Optimasi Teknik Pemeliharaan Terhadap Mesin Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit

  • Irwan Anwar Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Afdal Afdal Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Eka Sakti Padang
  • Denur Denur Mesin Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
  • Dedi Dermawan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: hub, failure, fatique, standard operating procedure

Abstract

Hub dari  mesin screw press  terpasang pada poros melalui  alur pasak diikat dengan elemen  pasak (key) dan berfungsi untuk meneruskan daya dan putaran dari speed reduser ke worm screw,kondisi ini  pada sa’at tertentu mengalami kelonggaran ketika  dioperasikan, karena  pengaruh  friksi pada bidang pasak dengan alur pasak dari poros sehingga  alur pasak dari hub yang juga ada beban dinamis puntir, rotating bending serta beban lentur memberi efek samping friksi atau gesekan pada pasak dengan alur pasak hub dari poros screw press, sehingga terjadi konsentrasi tegangan pada daerah alur pasak dan material yang mengalami  fatigue atau kelelahan secara kontiniu, serta timbul retak awal pada material hub screw press, khususnya pada permukaan fillet,  kemudian terus menjalar ke dalam dan akhirnya patah (fracture). Insiden kerusakan ini terjadi pada suatu pabrik pengolahan kelapa sawit secara rutin sebelum 4 (empat) bulan pakai. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian, analisis, mencari dan mengetahui penyebab failure/kerusakan (Root Caused Failure Analysis). Penelitian ini diawali dengan pemeriksaan visual, kemudian dilanjutkan dengan uji laboratorium yang  meliputi uji metalografi, uji fraktografi, uji kekerasan, uji komposisi kimia dan menentukan tindakan preventiv untuk meminimalisir kerusakan hub screw press. Inisiatif selanjutnya melakukan  optimisasi teknik pemeliharaan terhadap mesin pabrik PKS.dengan memprioritaskan  prosedur pengoperasian mesin  screw press, yang sesuai standar operating prosedur (SOP buku manual) mesin pabrik produk asal, disamping itu melakukan kontrol kualitas terhadap fabrikasi material hub, seperti uji komposisi kimia, uji kekerasan, microscopic, makroscopic, uji metallographi, dan membandingkan specimen uji dengan material produk standar pabrik, diikuti dengan supervisi terhadap optimasi  teknik pemeliharaan yang ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ponten M. Naibaho, “Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit”, Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Medan, 1996

D.N. Adnyana, “Analisa Kerusakan/Kegagalan dan Pencegahan,” Diktat Kuliah Magister Teknik Mesin ISTN, Jakarta 2008

Heinz P. Bloch, Fred K. Geitner, “Practical Machinery Management for Process Plant, Volume 2, Machinery Failure Analysis and Trobel-shooting”, Gulf-Publishing Company, Houston, Texas, 1983.

Hadi Sunandio, “Analisa Kegagalan: Pelatihan Dasar Metalurgi dan Analisa Kerusakan”, LUK-BPPT, Jakarta, 2000

W.O. Alexander, “Dasar Metalurgi Untuk Rekayasawan”, PT. Gramedia Pusaka Utama, Jakarta, 1995.

Emil Muhammad jawas, “Penelitian Struktur dan Kekerasan Material Sudu Pompa Benam”, Tesis Magister Teknik Mesin ISTN, Jakarta, 2004.

Published
2023-06-26
How to Cite
Anwar, I., Afdal, A., Denur, D., & Dermawan, D. (2023). Analisis Penyebab Kerusakan Hub Screw Press dan Optimasi Teknik Pemeliharaan Terhadap Mesin Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 733-737. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.5003
Abstract views: 94 , *.pdf downloads: 233