Usulan Perbaikan Sistem Kerja Membatik dengan Pendekatan Ergonomi Makro untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorders

  • Alex Kisanjani Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan
  • Wahyu Ismail Kurnia Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan
  • Dimaz Harits Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan
  • Misrianto Misrianto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Balikpapan
Keywords: ergonomi makro, anthropometri

Abstract

Industri batik merupakan industri kreatif yang perkembangannya terus meningkat setiap tahunnya. Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah populer penghasil batik di Indonesia. Salah satu industri batik yang ada di daerah tersebut adalah CV Batik Akasia. Selama proses produksi, banyak permasalahan yang dihadapi oleh pihak manajemen terkait keluhan yang dialami oleh pekerja, seperti nyeri pada bagian tubuh tertentu akibat posisi kerja yang kurang nyaman, serta tata letak fasilitas kerja yang kurang baik. Dengan menggunakan pendekatan ergonomi makro, penelitian ini menghasilkan perbaikan sistem kerja di CV Batik Akasia, antara lain: (1) desain kursi membatik yang disesuaikan dengan antropometri pekerja dan keinginan semua pihak yang terkait; (2) perbaikan sistem kerja, seperti tungku pembakaran menghadap ke tembok untuk mengurangi panas yang dirasakan pekerja, penambahan alat pemadam kebakaran, dan pembuatan SOP (Standard Operating Procedure) di setiap stasiun kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Perindustrian. Laporan Ekspor Impor Hasil Pengolahan. Jakarta: Kementerian Perindustrian. 2022.

Pristianto, A., Ramadhan, K. K., Widodo, A. Kejadian Musculoskeletal Disorders (MSDs) Selama Work From Home pada Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Kesehatan. 2022, vol. 15(1): pp. 93-100.

Rika, S. S., Ruliati, L. P., Tira, D. S. Analisis Ergonomic Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja Tenun Ikat di Desa Ternate Kabupaten Alor. Media Kesehatan Masyarakat. 2022, vol. 4(1): pp. 131-139.

Putra, R., Wahyudin, W., Herwanto, D. Analisis Sistem Kerja untuk Meningkatkan Produktivitas Pegawai Negeri Sipil dengan Pendekatan Macroergonomic Analysis and Design. JURMATIS. 2022, vol. 4(1): pp. 50-64.

Hendrick, H. W., Kleiner, B. M. Macroergonomics: Theory, Methods, and Applications. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates Inc. 2002.

Suhartono, R., Suhendar, E., Wibisono, D. Analisis dan Desain Meja Kerja Menggunakan Macroergonomic analysis and Design pada PT. Control System Para Nusa. Jurnal Teknologi dan Manajemen. 2022, vol. 20(2): pp. 81-88.

Damzuri, Dewi, D. C., Rahayu, E. Perancangan Kursi yang Ergonomis untuk Meminimalisir Kelelahan pada Pekerja Laundry. JuTMI. 2022, vol. 1(1), pp. 14-18.

Purnama, J., Putri, E. P., Halik, A., Idraki, D. N., Andris, D. A. M. Alat Mesin Kayu yang Ergonomis untuk Meningkatkan Output Produksi pada UMKM Furniture. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17). 2022, vol. 07(01): pp. 01-07.

Wati, P. E. D. K., Murnawan, H. Perancangan Alat Pembuat Mata Pisau Mesin Pemotong Singkong dengan Mempertimbangkan Aspek Ergonomi. Jurnak Integrasi Sistem Industri. 2022, vol. 9(1): pp. 59-70.

Sari, L. R., Sadi, Berlianty, I. Pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap produktivitas dengan pendekatan ergonomi makro. Jurnal OPSI. 2019, vol. 12(1): pp. 48-52.

Zulfa, M. C., Mohammad, G. Perancangan Fasilitas Kerja yang Ergonomis pada Stasiun Kerja Finishing. Jurnal SULUH. 2023, vol. 6(1): pp. 1-9.

Waisnawa, I. G. N. S., Sudana, I. M., Swaputra, I. B. (2019). Aplikasi ergonomic untuk meningkatkan produktivitas pengrajin kayu bekas (drifwoods) di kabupaten badung, bali. Jurnal Dedikasi. 2019, vol. 21(1): pp. 44-49.

Wilson, J. R., Haines, H. M. Development of A Framework for Participatory Ergonomic. UK: HSE BOOKs. 1998.

Published
2023-06-26
How to Cite
Kisanjani, A., Kurnia, W. I., Harits, D., & Misrianto, M. (2023). Usulan Perbaikan Sistem Kerja Membatik dengan Pendekatan Ergonomi Makro untuk Mengurangi Keluhan Musculoskeletal Disorders. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 662-667. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4970
Abstract views: 425 , *.pdf downloads: 397