Analisis Strategi Pengembangan Industri Kreatif Digital di Kota Balikpapan

  • Fitrah Fajrian Program Studi Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan
  • Muhamad Imron Zamzani Program Studi Teknik Industri, Jurusan Teknik Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan
  • Fandi Afrizal Program Studi Teknik Logistik, Jurusan Teknik Industri dan Proses, Institut Teknologi Kalimantan
Keywords: Balikpapan, Creative Economy, Digital creative industry, QSPM

Abstract

Industri kreatif adalah suatu proses ekonomi yang mana termasuk di dalamnya proses produksi dan distribusi yang membutuhkan gagasan atau ide kreatif. Kota Balikpapan memiliki potensi di bidang ekonomi kreatif karena Kota Balikpapan disebut sebagai kota dengan inovasi berkelanjutan atau sustainable innovation. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di dapatkan beberapa permasalahan yang terjadi di industri kreatif digital kota Balikpapan. Permasalahan yang dihadapi antara lain yaitu belum terjalin dengan baik hubungan bisnis antara industri kreatif digital dengan industri non kreatif. Kurangnya apresiasi dari industri non kreatif kepada industri kreatif digital, belum terbentuknya ekosistem yang baik di kota Balikpapan, sehingga terjadinya diskriminasi terhadap para pekerja lokal. Solusi yang di dapatkan untuk permasalahan pada penelitian kali ini adalah perencanaan strategi pengembangan industri kreatif digital. Metode yang digunakan untuk menumbuhkan industri digital kreatif antara lain analisis SWOT dan QSPM. Hasil kajian menunjukkan bahwa industri kreatif Balikpapan terletak di Kuadran II dengan nilai IFE dan EFE masing-masing sebesar 2,756 dan 3,025. Pada kuadran II tersebut  artinya industri kreatif disarankan  Membuat tim research and development untuk melakukan riset pasar dan Mempertahankan kualitas produk serta dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kata kunci: Balikpapan, Ekonomi kreatif, industri kreatif digital, SWOT, QSPM

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. E. BEKRAF, “Opus Ekonomi Kreatif Outlook 2019.” Jakarta, 2017.

R. Nurmilah, L. Anggraeni, and T. Novianti, Strategi pengembangan ekonomi kreatif kota sukabumi, Tanti., vol. 2012, no. Tabel 1. Sukabumi: eprints.ummi.ac.id, 2016.

I. R. Aysa, “Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Digital,” J. At-Tamwil Kaji. Ekon. Syariah, vol. 2, no. 2, pp. 121–138, 2020, doi: 10.33367/at.v2i2.1337.

M. Siregar., Analisis Strategi Pemasaran menggunakan metode SWOT dan QSPM (studi kasus: Toko Cahaya Fajar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru, 2020.

T. Stefani, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Analisis SWOT Dan QSPM (Studi Kasus Pada V Management Depok,” J. Ilm. Mhs. FEB, vol. 9, no. 1, 2021.

M. . Taufik, “Analisis Threats, Opportunity, Weakness, Strengths (TOWS) Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Pr. Semanggimas Agung Boyolangu Kabupaten Tulungagung,” J. Ris. Mhs. Ekon. (RITMIK, vol. 2, no. 2, 2015.

E. Science, “Analysis of IFE , EFE and QSPM matrix on business development strategy Analysis of IFE , EFE and QSPM matrix on business development strategy,” 2018, doi: 10.1088/1755-1315/.

R. B. Hapsari, Strategi Pengembangan Usaha Rejo Snack dengan Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Badan Usaha Milik Desa Selo Makmur).

Published
2023-06-26
How to Cite
Fajrian, F., Muhamad Imron Zamzani, & Afrizal, F. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Industri Kreatif Digital di Kota Balikpapan. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 584-589. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4768
Abstract views: 306 , *.pdf downloads: 255