Mengakomodasi Unsur Permaian Karambol Untuk Memodifikasi Permainan Tradisional Kelereng

  • Muflikhul Amin Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Indro Prakoso Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman
  • Nur Roofi'ah Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
Keywords: Kelereng, karambol, aturan main, morfologi, AHP.

Abstract

Kelereng merupakan mainan kecil berbentuk bulat yang dibuat dari kaca, tanah liat, ataupun agate. Modifikasi permainan kelereng dilakukan sebagai upaya untuk melestarikan kembali permainan kelereng yang telah usan, mulai ditinggalkan dan berpindah ke permaian modern. Pemilihan karambol sebagai unsur yang digunakan dalam proses modifikasi didasar atas beberapa hal antara lain kesamaan yaitu dimainkan dengan menyentilkan jari serta dibutuhkan keterampilan dan kejelian dalam membidik target. Informasi implisit tentang permainan kelereng dan karambol yaitu budaya permaianan, aturan main yang berlaku, serta perilaku ataupun emosi dalam permainan. Proses perancangan dilakukan dengan pendekatan analisis morfologi serta parameter rancangan dengan pedekatan AHP. Adapun hasil dari perancangannya ialah papan permainan berupa pesegi yang bisa dilipat guna memudahkan dalam memindahkan serta menyimpan, alas permainan karpet karet dengan tepian dari bahan yang lunak dan lembut, serta papan dengan 4 lubang mirip dengan papan karambol dan kelereng yang digunakan dimensi sedang atau besar. Aturan main yang digunakan memodifikasi dari kedua permainan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Rohmah, “Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Tarbawi, vol. 13, no. 2, pp. 27–35, 2016.

P. Husna Handayani, “Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Dalam Keluarga,” J. Kel. Sehat Sejah., vol. 15, no. 2, pp. 46–56, 2017, doi: 10.24114/jkss.v15i2.8774.

A. Khobir, “Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif,” Forum Tarb., vol. 7, no. 2, pp. 195–208, 2009, [Online]. Available: http://repository.iainpekalongan.ac.id/id/eprint/3

K. Salen and E. Zimmerman, Rules of Play: Game Design Fundamentals. Cambridge, Massachusetts: The MIT Press, 2004.

H. P. Yudiwinata and P. Handoyo, “Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak,” Paradigma, vol. 02, pp. 1–5, 2014.

F. Fauzi, “Pembentukan Karakter Anak Melalui Permainan Tradisional Cim-Ciman,” JIV-Jurnal Ilm. Visi, vol. 11, no. 2, pp. 99–109, 2016, doi: 10.21009/jiv.1102.4.

Y. Maghfiroh, “Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun,” J. Pendidik. Anak, vol. 6, no. 1, pp. 01–09, 2020, doi: 10.23960/jpa.v6n2.20861.

I. Atmaja, B.T., Jonemaro, E.M.A., & Arwani, “Pengembangan Game Karambol Pada Interactive Projected Display,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 9, pp. 739–747, 2017, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

G. Foster, Financial Statment Analisys, 2nd ed. New Jersey: Prentice Hall, 1986.

N. Cross, Engineering Design Methods: Strategies For Product Design, 2nd ed. New York, 1989.

T. L. Saaty, The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority Setting, Resource Allocation. Pittsburgh: University of Pittsburgh Pers, 1993.

D. Baines and I. Cunningham, “Using comparative perspective rapid ethnography in international case studies: Strengths and challenges,” Qual. Soc. Work, vol. 12, no. 1, pp. 73–88, 2013, doi: 10.1177/1473325011419053.

Published
2023-06-26
How to Cite
Muflikhul Amin, Indro Prakoso, & Nur Roofi’ah. (2023). Mengakomodasi Unsur Permaian Karambol Untuk Memodifikasi Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Surya Teknika, 10(1), 633-643. https://doi.org/10.37859/jst.v10i1.4657
Abstract views: 127 , *.pdf downloads: 297