Analisis Pengukuran Beban Kerja Mental dengan Metode NASA TLX pada Karyawan Divisi Laboraturium PT. Mahato Inti Sawit

  • Satriardi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU
  • Ari Andriyas Puji
  • Edwin Syafrizal
Keywords: Beban Kerja Mental, Kelapa Sawit, Minyak Sawit Mentah, Pabrik

Abstract

PT.MIS bergerak di bidang produksi buah kelapa sawit yang ouput dari hasil produksi yaitu Crude Palm Oil (CPO) dan inti sawit. Perusahaan ini terdapat 10 stasiun kerja, setiap stasiun kerja memiliki masing-masing operator dan terdapat 2 timbangan TBS dengan kapasitas maximal timbangan yaitu 45 Ton. Setiap stasiun kerja ada operator yang bekerja sesuai Jobs, dalam bekerja pasti setiap karyawan memiliki beban kerja, terkhusus pada karyawan divisi laboraturium, pada divisi ini tekanan kerja mental sangat perlu di hitung karena divisi ini membutuhkan mental yang kuat dengan tekanan jerja yang ada, maka dari  itu peneliti mengukur beban kerja mental dengan menggunakan metode NASA-TLX. Beban kerja yang di hitung yaitu mental demand, physical demand, temporal demand, own performance, frustation level, effort. Setelah keenam beban kerja tersebut di olah data perhitungtan beban kerja di dapat hasil perbandingan beban kerja tertinggi dan terendah adalah physical demand sebesar 22% dan yang terendah adalah Temporal Demand sebesar 11%. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Ade Geovania. 2020. “Analisis Postur Kerja Dan Beban Kerja Dengan Menggunakan Metode Nordic Body Map Dan Nasa-Tlx Pada Karyawan Ukm Ucong Taylor Bandung.” Techno-Socio Ekonomika 13(2): 90.

Hidayat, T Fariz et al. 2013. “Pengukuran eban Kerja Perawat Menggunakan Metode Nasa-Tlx Di Rumah Sakit Xyz.” Jurnal Teknik Industri USU 2(1): 42–47.

Rahdiana, Nana, Afif Hakim, and Sukarman. 2021. “Pengukuran Beban Kerja Mental Bagian Marketing PT. Pindo Deli Di Masa Covid-19 Dengan Metode NASA TLX.” Jurnal Sistem Teknik Industri 23(1): 9–21.

Tarwaka, Sholichul, Lilik Sudiajeng, 2004. "Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas". Surakarta: UNIBA PRESS.

Published
2022-12-30
How to Cite
Satriardi, Puji, A. A., & Syafrizal, E. (2022). Analisis Pengukuran Beban Kerja Mental dengan Metode NASA TLX pada Karyawan Divisi Laboraturium PT. Mahato Inti Sawit. Jurnal Surya Teknika, 9(2), 498-502. https://doi.org/10.37859/jst.v9i2.4364
Abstract views: 192 , *.pdf downloads: 223

Most read articles by the same author(s)