Analisis Perbaikan Beban Kerja Untuk Meminimalisir Tingkat Kecideraan Teknisi PT Raja Ampat Indotim Dengan Metode RWL, CVL, Dan Mannequin

  • Arianto universitas indraprasta pgri
  • Endang Suhendar
  • Hermanto
Keywords: Beban Kerja, RWL, CVL, Mannequin

Abstract

PT Raja Ampat Indotim adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang merupakan perusahaan akan menerapkan perbaikan pada fasilitas kerjanya untuk meminimalisir tingkat cidera pada teknisi. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner pada teknisi diperoleh informasi bahwa rasa sakit pada pinggang dan punggung terjadi akibat sikap kerja yang kurang baik yang dikerjakan secara berulang-ulang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode Recommended Weight Limit, Cardiovasculair Load dan Mannequin, untuk menganalisis beban kerja pada teknisi dalam mengangkat atau memindahkan beban tanpa menimbulkan cidera meskipun aktivitas teknisi bekerja dilakukan dengan cara yang sama dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada perhitungan RWL didapatkan nilai 1,40, maka dilakukan perbaikan fasilitas kerja dengan mengusulkan pallet sebagai tempat teknisi mengambil terpal didapatkan nilai RWL sebesar 0,90 sehingga dikategorikan aman, untuk perhitungan CVL diperoleh beban kerja fisik pada proses persiapan dan pengangkatan terpal mendapatkan nilai %CVL sebesar 26,48 % dan 28,02 %.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. A., & Daus, R. A. Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode Recommended Weight Limit ( RWL ) di PT . Indah Kiat Pulp and Paper. Tbk. Jurnal Surya Teknika, 2016.

Anita Pramesti, & Endang Suhendar. Analisis Beban Kerja Menggunakan Metode Nasa-Tlx Pada CV. Bahagia Jaya Alsindo. Jurnal String, 2021.

Ansar Bora, M., & Azhari, D. Analisa Beban Kerja Pada Operator Visual Dengan Pendekatan Recommended Weight Limit (RWL) Di PT. Jappro Batam. Jurnal Iltek, 2015.

Bayu Chandra Hermawan, Titin Isna Oesman, C. I. P. Analisis Beban Kerja Fisik Operator Furniture Dengan Menggunakan Metode Recommended Weight Limit (Rwl) Studi Kasus Cv. Vintama. Jurnal Rekavasi, 2018.

Hermanto, & Widiyarini. Analisis Beban Kerja Dengan Metode Workload Analysis (WLA) Dalam Menentukan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Di PT Indojt. Jurnal Media Ilmiah Teknik Indsutri, 2020.

Ilmi, N., & Dwiyanti, D. O. Analisis Beban dan Produktivitas Kerja Pemindahan Manual serta Semi-Manual Air Galon. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2021.

Irawan, R., & Laili, I. R. Analisis Beban Kerja Operator Rail Mounted Gantry Crane ( Rmgc ) Menggunakan Metode Cardiovascular Load And Nasa-Tlx ( National Aeronautics And Space Administration Task Load Index ). Jurnal Bina Darma Conference on Engineering Science, 2017.

Marina, F. Analisa Resiko Kerja Operator Pada Mesin Die Casting Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment (Rula) Dan Recommended Weight Limit (Rwl). Jurnal Teknik Industri, 2018.

Soleman, A. Analisis Beban Kerja Ditinjau Dari Faktor Usia Dengan Pendekatan Recommended Weiht Limit ( Studi Kasus Mahasiswa Unpatti Poka ). Jurnal Arika, 2017.

Published
2022-12-30
How to Cite
Arianto, Suhendar, E., & Hermanto. (2022). Analisis Perbaikan Beban Kerja Untuk Meminimalisir Tingkat Kecideraan Teknisi PT Raja Ampat Indotim Dengan Metode RWL, CVL, Dan Mannequin. Jurnal Surya Teknika, 9(2), 539-546. https://doi.org/10.37859/jst.v9i2.3779
Abstract views: 253 , *.pdf downloads: 282