ANALISIS TINGKAT KEAUSAN TERHADAP PEMAKAIAN BAN MEREK A, B DAN C MENGGUNAKAN BAN STANDAR 90/90-14 46 P

  • Afdan Ufriandi Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: tire, RPM, load, wear percentage, distance traveled

Abstract

The tire is the part of the motorbike that is in direct contact with the road surface. Selection of the correct tires, greatly determines the safety of riders from the dangers of slides on certain roads. In this research, the author aims to determine the wear rate of standard tires for Products A, B and C 90 / 90-14 M / C 46P when traveling, to prevent damage or wear of tires. In the comparison of Speeds 3,000 rpm, 3500 rpm and 4000 rpm with total load 223 Kg, 233 Kg and 243 Kg, with 1 hour in 3 times of testing. The erosion that occurs in the new tire A is 192 grams with 8.14% erosion and 7588 km / hour in tire mileage. Meanwhile, the new B tires are 182 grams, 5.71% scraping and 10,568 km / hr of the tire mileage. While the new C tire is 188 grams, 5.54% erosion and 11384 km / hour tire mileage.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Al Hakim, Muhammad Luqman (2016).pengaruh sudut slip (slip angle) terhadap rolling resistance ban tipe90/90-14 M/C 46P.studi statistic 1 teknik

[2] Jama, Jalius. (2008). Teknik Sepeda Motor Jilid 3 untuk SMK. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

[3] JonI Dewanto dan Robi Rivanto. Karakteristik Traksi Maksimum Roda Kendaraan Menggunakan Kajian Eksperimen Pada Roda Sepeda Motor.Program Studi TeknikMesin, Universitas Kristen Petra

[4] Leo sutarto, Antonius (2016). Analisa Pengaruh Distribusi Berat Terhadap Pemakaian Ban Pada Motor Beat f1.Jurnal Teknik Otomotif.
Muawanah, Siti. (2001). Analisa Kekualitas Produk Ban Luar pada Akhir Proses Produksi pada PT. Mega Save Tyre Industry Semarang.Skripsi. Surakarta. Universitas Negeri Surakarta.

[5] Muhardi,Herdi. (2018) masalah yang terjadi jika ban kurang tekanan angin (diunduh 2019 januari 1)

[6]Nada, Madava. (2015). Jenis – Jenis Ban kendaraan bermotor.Jakarta: PT. Kreatif Cipta Indonesia..(Diunduh 2019 januari 1).

[7] Reny Rochmawati1, Iis Roin Widiati (2019) Pembuatan beton mutu tinggi K 450 menggunakan agregat kasar dari kampung harapan dan agregat halus dari doyo dari kabupaten sentani. Journal of Portal Civil Engineering.

[8] Rivanto, R. (2009). Pengaruh Tekanan Ban dan Beban Pada Roda Terhadap Traksi Maksimal Roda Penggerak.(Tugas Akhir). Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

[9]Standar Nasional Indonesia.(2002) Ban Sepeda Motor SNI 06-0101-2002.BSN:Jakarta
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

[10] Susanto, Agus (2013). Analisa Cacat Produk Ban Vulkanisir Jenis Truk Dan Bus Pada Cv. Sigma Jaya Surakarta.Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

[11] Sulaeman& Abdul Rahman Pengaruh Beban dan Tekanan Udara Dalam Ban terhadap Traksi Maksimum Ban Sepeda Motor Roda Belakang.DPTM-FPTK-UPIBANDUNG

[12] Strait. Rating 2018 : Program Studi Fisika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan

[13] Tiandho. Yuant (2017) : Jurusan Fisika, Universitas Bangka Belitung, Kep. Bangka Belitung 33172, Indonesia
Published
2021-07-24
How to Cite
Ufriandi, A. (2021). ANALISIS TINGKAT KEAUSAN TERHADAP PEMAKAIAN BAN MEREK A, B DAN C MENGGUNAKAN BAN STANDAR 90/90-14 46 P. Jurnal Surya Teknika, 8(1), 282-288. https://doi.org/10.37859/jst.v8i1.2678
Abstract views: 663 , pdf downloads: 1833