RUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (Quantitative Startegic Planning Matrix) (Studi Kasus CV. Bimanda Elektronik Pekanbaru)

  • Ahmad Nurul Sabry Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: QSPM, SWOT Matrix, Internal, External

Abstract

  1. CV. Bimanda Elektronik is a company engaged in the sale of electronics. Based on a preliminary survey, which is a decline in sales every month in the 2019 period. The marketing strategy used by CV. Bimanda Elektronik at the moment is using word of mouth promotion. This research was  conducted  to  identify and  analyze  the  company's  internal  and  external environmental factors that affect the marketing strategy of electronic product marketing and to design marketing strategies using the SWOT and QSPM methods. Based on the objectives, the company's  main  strength  is  the  competitive  market  price  with  a  score  of  249  and  the company's main weakness is not using a website or database system with a score of 0.092. While  the  main  opportunity  that  the  company  has  is  the  high  consumer  loyalty  to  the company's products with a score of 0.358 and the company's main threat is the number of substituted products with a score of 0.311. By using the SWOT and QSPM methods, there is a marketing strategy that can be used by companies, namely carrying out promotional and advertising activities to attract potential customers and expand the marketing area with a TAS score of 6.568.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Aliyah, Zulfa. 2018. Analisis Startegi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Ekspor Kopi Arabika Pada CV Yudi Putri. Skripsi Program Studi Ekonomi Islam. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
[2] Azirwan, Mustakim. 2014. Perancangan Strategi Bauran Pemasaran (7P) Berdasarkan Analisis Segmenting, Targeting, dan Positioning Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Royal Pizza Pekanbaru. Skripsi Jurusan Teknik Industri. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri SultanSyarif Kasim Riau. http://repository.uin- suska.ac.id/ di akses 10 Agustus 2020.
[3] Bahri, Syaiful. 2018. Usulan Strategi Pemasaran Perumahan Graha Bintang Menggunakan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Skripsi Program Studi Teknik Industri. Fakultas Sains Dan Teknologi UIN Suska.
[4] David, F.R. 2002. Manajemen Strategis. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Prenhallindo.
[5] David dan Fred. 2009. Manajemen Strategi.Konsep Terjemahan.Edisi keduabelas. Jakarta: PT. Indeks.
[6] David dan Fred. 2010. Strategic management. Manajemen Strategis. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
[7] Gaol, Agoesd P.Lumban. 2013. Strategi Promotional Mix Dalam Meningkatkan Penjualan Pada PT. Polgabe Paltria Sejahtera Pekanbaru Riau.Skripsi Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatera Utara.
[8] Kotler, P., & Amstrong, G. 2008. Prinsip Prinsip Pemasaran . Jakarta: Erlanga.
[9] Purwanti, Neni Dyah, Sugiono, Dewi Hardiningtyas. 2015. Analisis Pengaruh Kualias Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri Vol.3 No.2 Teknik Industri Universitas Brawijaya
[10] Putri, Nyimas Ekinevita, Retno Astuti dan Shyntia Atica Putri. 2014. Perencanaan Strategi pengembangan Restauran menggunakan Analisis SWOT danMatriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matriks (Studi Kasus Restoran Big Burger Malang). Skripsi Jurusan Teknik Industri Pertanian.Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang Jawa Timur. http: skripsitip.staff.ub.ac.id// diakses 18 Agustus 2020.
[11] Ramadhan, Ahmad. 2013.Analisis SWOT Sebagai Landasan Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Mc Donald’s Ring Road). Jurnal. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatera Utara. Medan. http: jurnal.usu.ac.id/ diakses 24 Agustus 2020.
[12] Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.
[13] Salusu, J. 2015. Pengambilan Keputusan Stratejik Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profi. Jakarta: Grasindo.
[14] Saputra, Oki. 2016. Perancangan Strategi Pemasaran Keripik Nenas Dan Keripik Nangka Dengan Menggunakan Pendekatan SWOT Dan QSPM Di Home Industry Sinar Hidayah. Skripsi Program Studi Teknik Industri. Fakultas Sains Dan Teknologi. UIN Suska.
[15] Sari, Resky Kumala. 2018. Analisa Strategi Pemasaran Pada UKM Roman Indah Menggunakan Metode SWOT dan Metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Skripsi Program Studi Teknik Industri. Fakultas Sains Dan Teknologi. UIN Suska.
[16] Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
[17] Tjiptono, Fandy. 2000. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
[18] Wijaya, Arik Adi. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Makanan Tradisional” (Studi Kasus pada Home Industry Rengginang Halimatus sa’diyah Kalibaru di Kabupaten Banyuwangi). Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember. Banyuwangi. http://dspace.Unej.ac.id/ diakses 23 Agustus 2020.
[19] Yunita, Tengku Eva. 2019. Analisa Strategi Pemasaran Produk Daur Ulang Plastik Dengan Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) Di Dalang Collection. Skripsi Program Studi Teknik Industri. Fakultas Sains Dan Teknologi. UIN Suska.
Published
2020-12-13
How to Cite
Nurul Sabry, A. (2020). RUMUSAN STRATEGI PEMASARAN DALAM PENJUALAN PRODUK DENGAN METODE SWOT DAN QSPM (Quantitative Startegic Planning Matrix) (Studi Kasus CV. Bimanda Elektronik Pekanbaru). Jurnal Surya Teknika, 7(1), 118-129. https://doi.org/10.37859/jst.v7i1.2359
Abstract views: 1235 , Pdf downloads: 1246