BISNIS BERKELANJUTAN: BAURAN PEMASARAN HIJAU

Authors

  • Kurniatul Fil Khoirin STIE Syariah Bengkalis
  • Mashuri

DOI:

https://doi.org/10.37859/jsi.v7i02.8155

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran hijau dijadikan sebagai model bisnis berkelanjutan. Model pemasaran hijau yang dianalisis mengacu pada model bauran pemasaran yang terdiri dari 4P; produk, harga, promosi, dan tempat/lokasi. Dikatakan model pemasaran hijau dalam bisnis berkelanjutan adalah model pemasaran peduli lingkungan. Model pemasaran hijau bertujuan untuk menarik konsumen menjadi peduli terhadap lingkungan. Dengan memasukkan unsur lingkungan maka konsekuensi pada harga produk menjadi lebih tinggi dari produk biasa. Bagi konsumen yang peduli lingkungan, harga suatu produk lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk yang diproduksi kurang peduli lingkungan tidak menjadi beban untuk membelinya. Model pemasaran hijau menjadi tantangan bagi produsen karena kurangnya kesadaran konsumen pada lingkungan. Tantangan adalah peluang, semakin besar tantangan maka semakin besar peluang. Terciptanya permintaan terhadap produk ramah lingkungan merupakan segmen baru yang berpotensi untuk terus dikembangkan. pembekalan pengetahuan pada konsumen tentang kelebihan menggunakan produk hijau perlu ditingkatkan oleh berbagai pihak, perusahaan swasta, pemerintah guna meningkatkan kestabilan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdad, M. M., & Agit, A. (2024). Dampak Penggunaan Green Product Terhadap Kesehatan Lingkungan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi, 3(1), 62–67.
Arief, M., & Kurriwati, N. (2017). Economic Aspects of Diversification of Farm Sector: A study of India Economic Aspects of Diversification of Farm Sector: A study of India. Archives of Business Research, 5(4), 43–54. https://doi.org/10.14738/abr.54.2791
Balawera, A. (2013). Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di Freshmart kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).
Ferdinand, A. (2002). Kualitas Strategi Pemasaran. In Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Vol. 1, Issue 1, pp. 107–119). https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/13957
Fianda, A. Y. A., Fandinny, I., Kacaribu, L. N. B., Desyani, N. A., Asyifa, N., & Wijayanti, P. (2022). Eco-friendly packaging: Preferensi dan Kesediaan Membayar Konsumen di Marketplaces. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(1), 147–157. https://doi.org/10.14710/jil.20.1.147-157
Gozali, I., & Nugraha, C. A. (2022). Analisis Kinerja Pemasaran Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.91
Grant, J. (2007). The Green Marketing Manifesto. John Wiley & Sons Ltd.
Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Pascal Books.
Haryadi, R. (2009). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Pilihan Konsumen Melalui Pendekatan Marketing MIX ( Studi Kasus pada The Body Shop Jakarta ). In Semarang. http://eprints.undip.ac.id/18360/
Kotler, P., title={Green product: Pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan pembelian}, author={Rusniati, Rusniati and Rahmawati, R., Niaga}, journal={INTEKNA J. I. T. dan, Volume={19}, Number={1}, Pages={60--68}, Year={2019}, }, & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta. Penerbit Erlangga.
Kusumah, J. R. (2020). Green Product Sebagai Penerapan Etika Bisnis Pada Perusahaan Produsen Cat. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(5), 451–463. https://doi.org/10.31933/jimt.v1i5.205
Li, L., Luo, B., Sun, Y., & Zhu, F. (2023). The influence mechanism of green advertising on consumers’ intention to purchase energy-saving products: Based on the S-O-R model. JUSTC, 53(8), 2. https://doi.org/10.52396/JUSTC-2021-0015
Liobikienė, G., Mandravickaitė, J., & Bernatonienė, J. (2016). Theory of planned behavior approach to understand the green purchasing behavior in the EU: A cross-cultural study. Ecological Economics, 125, 38–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2016.02.008
Ljungberg, L. Y. (2007). Materials selection and design for development of sustainable products. Materials & Design, 28(2), 466–479. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.matdes.2005.09.006
Mashuri, M. (2019). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 215–224. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.175
Mashuri, M., Zulkarnain, Z., Zulfadli, Z., & Suwondo, S. (2021). Green investment model for smallholder oil palm plantation in Bengkalis Riau. Journal of Environmental Management and Tourism, 12(7), 1766–1773.
Mudie, P., & Pirrie, A. (2006). Services Marketing Management (Third Edit). Elsevier.
Nainggolan, E. U. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. DJKN Kalimantan Barat. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Ottman, J. (2017). The new rules of green marketing: Strategies, tools, and inspiration for sustainable branding. Routledge.
Prabandari, N. P. A. V., & Suasana, I. G. A. K. G. (2016). Pengaruh Green Marketing dan Service Value Terhadap Impulse Pengaruh Green Marketing dan Service Value Terhadap Impulse Buying pada Manic Organik Restaurant di Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(4), 2167–2193.
Purwanto, A., Sulistiyadi, A., Primahendra, R., Kotamena, F., Prameswari, M., & Ong, F. (2020). Does Quality, Safety, Environment and Food Safety Management System Influence Business Performance? Answers from Indonesian Packaging Industries. International Journal of Control and Automation, 13(1), 22–35. http://sersc.org/journals/index.php/IJCA/article/view/4834
Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). Analisis Lokasi Usaha Dalam Meningkatkan Keberhasilan Bisnis Pada Grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Niqosiya: Journal of Economics and Business Research, 2(2), 289–304. https://doi.org/10.21154/niqosiya.v2i2.977
Rusniati, R., & Rahmawati, R. (2019). Green product: Pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan pembelian. INTEKNA Jurnal Informasi Teknik Dan Niaga, 19(1), 60–68.
Shabani, N., Ashoori, M., Taghinejad, M., Beyrami, H., & Fekri, M. N. (2013). The study of green consumers ’ characteristics and available green sectors in the market. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:34761284
Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran Hijau Yang Semakin Menjadi Kebutuhan Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2).
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran Edisi Kedua. In Bogor : Ghalia Indonesia (Cetakan Ke).
Yazdanifard, R., & Yan, Y. K. (2014). The Concept of Green Marketing and Green Product Development on Concsumer Buying Approach. Global Journal of Commerce & Management Perspective, 3(2), 33–38.

Published

2024-12-02