PENGARUH PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PENGEMBANG PERUMAHAN MENJADI MITRA BANK SYARIAH DI PEKANBARU

  • Mohd. Ario Wahdi Elsye Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Faktor Psikologis, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Keputusan, Kepribadian, Sikap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap pengembang perumahan menjadi mitra bank syariah di Pekanbaru (fokus pada produk KPR syariah) baik itu secara parsial dan juga secara simultan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan dengan metode diskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah pengembang perumahan yang tergabung dalam asosiasi Perusahaan Realestate Indonesia (REI) DPD Riau yang aktif pada tahun 2015 berjumlah 79, diperkecil dengan membatasi pada Anggota DPD REI Riau yang memiliki kantor dikota Pekanbaru sehingga jumlah sampelnya adalah 73 perusahaan pengembang perumahan. Hasil penelitian ini adalah bahwa secara parsial diantara faktor psikologis yang ada hanya sikap yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengembang perumahan menjadi mitra bank syariah. Sedangkan hasil pengujian secara simultan diperoleh kesimpulan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan dari variable bebas (motivasi, persepsi, pembelajaran, kepribadian dan sikap) terhadap variable terikat (keputusan pengembang perumahan menjadi mitra bank syariah).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasan, A. (2008). Marketing. Jakarta: Med Press.
Hasan, I. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mangkunegara, A. P. (2002). Perilaku Konsumen. Bandung: Refika.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Suharyadi., Purwanto S.K. (2011). Statistika: Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Published
2018-04-30
Abstract views: 36 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 45