PENGARUH MOTIVASI DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL PROVINSI RIAU

  • Rika Septianingsih Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: BMT, Kinerja, Motivasi, Pengalaman Kerja

Abstract

Saat ini BMT makin dilirik, bukan saja karena tanggungjawab keislaman dalam mengembangkan dakwah islamiyah di Indonesia, namun disaat pasar modal lesu, LKMS inipun jadi alternatif, apalagi BMT sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk mendorong sektor riil.Perkembangan BMT yang begitu pesat tergambar dari telah tergabungnya 3200 lebih BMT dalam Absindo (Asosiasi BMT Seluruh Indonesia). Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh motivasi dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Provinsi Riau. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan/pengelola dari 5 unit BMT yang ada di propinsi Riau, sedangkan sampel berjumlah 40 orang karyawan BMT Provinsi Riau. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling sensus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Provinsi Riau, pengalaman kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Provinsi Riau, motivasi dan pengalaman kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Provinsi Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani. (2013). Pengaruh Komunikasi dan Motivasi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera Tanjung Mulia.
Darma, S. (2005). Managemen Kinerja Falsafah, Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fahmi, I. (2011). Manajemen Kinerja, Teori dan Aplikasi. Bandung: CV.Alfabeta
Musriha. (2011). Influences of Work Behavior, Work Environment and Motivation in clove cigarette factories in Kudus, Indonesia. Journal Of Academic Research International. ISSN: 2223-9553. Volume 1, Issue 3.
Samsudin, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Setia.
Sudarmanto. (2009). Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM (Teori, Dimensi, Pengukuran, dan Implementasi dalam Organisasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tanzeh, A. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Yunita, C., et. all. (2013). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Masa Kerja dan Jabatan terhadap Pemahaman Laporan Keuangan Daerah Pada Pemerintah Aceh. Jurnal Akuntansi . Vol 1 No. 2
Published
2018-04-30
Abstract views: 104 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 52