FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN KARTU KREDIT SYARIAH PADA PEGAWAI WANITA PT. RIAU MULIA MITRA MEDIKA

  • Dian Permata Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wahyi Busyro Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Kartu Kredit Syariah, Pegawai Wanita

Abstract

Dewasa ini untuk melakukan transaksi, dapat digunakan berbagai sarana pembayaran, mulai dari cara yang paling tradisional, sampai dengan cara yang paling modern sekalipun. Pada awal mula sebelum dikenalnya uang sebagai alat pembayaran, setiap transaksi pembayaran dilakukan melalui cara barter. Perkembangan selanjutnya, ditemukan cara yang paling efisien dan efektif untuk melakukan transaksi pembayaran yaitu dengan menggunakan “uang”. Penggunaan uang juga mengalami berbagai hambatan, terutama jika penggunaannya dalam jumlah besar. Hambatannya yang pertama adalah resiko membawa uang tunai terutama dalam jumlah besar. Disamping resiko membutuhkan tempat, juga resiko keamanan. Pegawai wanita di PT Riau Mulia Mitra Medika rata-rata memiliki berbagai jenis kartu kredit syariah dari beberapa bank berbeda. Setiap kali melakukan kegiatan transaksi dimana saja kebiasaan menggunakan kartu kredit tidak pernah hilang, mulai dari berbelanja kebutuhan sehari-hari hingga barang mewah. Penelitian ini mengambil 3 faktor yang akan diteliti pengaruhnya terhadap penggunaan kartu kredit syariah yaitu faktor gaya hidup, budaya, kelompok referensi. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 70 pegawai wanita dan sampel diambil melalui PurposiveSampling yaitu 40 pegawai wanita. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap penggunaan kartu kredit syariah adalah faktor kelompok referensi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bank Indonesia. (2009). Peraturan Bank Indonesia tentang Alat pembayaran
dengan menggunakan kartu
Ekowati, titin. (2011). Consumer buying
Kasmir. (2008). Dasar dasar perbankan. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Kristianti,D.S. (2014). Kartu Kredit Syariah dan Perilaku Konsumtif Masyarakat.
Ahkam. Vol XIV
Schiffman. (2007). Consumer behaviour. Ninth Edition. New Jersey : Prentice hall
International
Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta
Sumarto, A. (2011). Penggunaan Kartu Kredit dan Perilaku Belanja Kompulsif :
Dampaknya pada Risiko Gagal Bayar. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 6
Published
2021-10-21
Abstract views: 157 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 158