PENGARUH NON PERFORMING FINANCING (NPF), FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR), DAN BEBAN OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL (BOPO) TERHADAP RETURN ON ASSET (ROA) PADA PT. BANK BNI SYARIAH

  • Elfadhli Elfadhli IAIN Batusangkar
Keywords: NPF, FDR, BOPO, ROA, BANK BNI SYARIAH

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Non Performing Financing (NPF), Financing To Deposit Ratio (FDR), dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank BNI Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing (NPF) terhadap Return On Asset (ROA), untuk mengetahui pengaruh Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Asset (ROA), untuk mengetahui pengaruh Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) terhadap Return On Asset (ROA), dan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing (NPF), Financing To Deposit Ratio (FDR), dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) secara simultan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. Bank BNI Syariah.

Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Uji T diperoleh bahwa NPF tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT BNI Syariah, FDR berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. BNI Syariah, BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. BNI Syariah.  Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Uji F secara NPF, FDR dan BOPO berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA) pada PT. BNI Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adyani, L. R. (2011). Faktor yang Mempengaruhi Profitabilitas. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 2.
Akbar, T. (2019). Kajian Kinerja Profitabilitas Bank padaPerspektif Bank Umum Berdasarkan Kgiatan Usaha. Porogo: UWAIS Inspirasi Indonesia.
Darmawi, H. (2011). Manajemen Perbankan. Jakarta: Sinal Grafika Offset.
Dendawijaya, L. (2005). Manajemen Perbankan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) Cetakan ke VIII. Semarang: Universitas Diponegoro.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan ke-7. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mahmoeddin, A. (2010). Melacak Kredit Bermasalah . Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Muhammad. (2004). Manajemen Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Ekonisia.
Rafsanjani, N. H. (2016). Pengaruh CAR, FDR, dam BOPO dalam Peningkatan Industri Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah Vol. 1 No 1, 72.
Siamat, D. (2005). Manajemen Lembaga Keuangan "Kebijakan Moneter dan Perbankan" Edisi Ke-1. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Simatupang, A. (2016). CAR, NPF, BOPO dan FDR terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Administrasi Kantor, 469.
Wangsawidjaja. (2012). Pembiayaan Bank Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Published
2022-07-03
Abstract views: 132 , pdf downloads: 256