MEREDAM BUDAYA HATE SPEECH DI MEDIA SOSIAL

  • mutasir almutasir Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim Riau
Keywords: fenomena, hate speech, media sosial

Abstract

Dewasa ini, kebebasan berpendapat di Indonesia terhitung semakin senang dan terbilang mudah. Hal ini dikarenakan support dari media sosial yang saat ini telah menjadi backbone (tulang punggung) komunikasi era modern. Saat ini, kemudahan tersebut bisa dicermati dari hingar-bingarnya media sosial dengan berbagai bentuk unggahannya. Misalnya tulisan, foto  maupun video.

Kendati demikian, kemudahan berpendapat dan menyalurkan kritikan di media sosial, nampaknya kerap disalah artikan. Kemudahan yang seharusnya berguna untuk mempermudah akses berekspresi, Nyatanya kini cenderung  tak karuan bahkan hilang kendali. Kemudahan ini di anulir oleh sebagian oknum untuk menyelipkan perkara ujaran kebencian (hate speech),kebohongan (Hoax), Sara, permusuhan dan adu domba, yang pada akhirnya, perkara ini berakibat pada terganggunya stabilitas dan kehangatan dalam bernegara.

penelitian ini ingin mencoba mengungkap tentang Budaya Hate speech diomedia sosial yang terjadi ditengah masyarakat Indonesia, budaya ini adalah  fenomena bahaya yang mengancam keutuhan serta kedaulatan Indoneia. Diawali dengan menghasut publik dengan tujuan menyulut kebencian khalayak ramai, kemudian memicu kegaduhan sosial yang kemudian  memicu hadirnya keretakan dalam hubungan berbangsa, dan akhirnya berdampak buruk pada runtuhnya kesatuan bangsa dan kedaulatan negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, Abu Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakr al-Qurthuby, Jamiul ahkam al-Qur’an, Juz XXII, (Beirut:Resalah Publisher, 2006).
Atha’illah, Ibnu as-Sakandari, al-Hikam, alih bahasa oleh Dr. Ismail bada’illah, (Jakarta:Khatulistiwa press, 2012).
Bin, Ismail Katsir, Lubaabut Tafsir min Ibnu katsir, alih bahasa oleh M. Abdul Ghoffar E.M, abdurrahim Mu’thi dan abu ihsan al-atsari, , Juz IV, (Bogor:Pustaka Imam Syafi’i,2004).
Farida, Ummu, Hate Speech dan Penanggulangannya menurut al-Qur’an dan hadis, Riwayah: Jurnal Studi hadis Vol 4 Nomor 2, 2018.
M., Jhon Echols dan Hassan Shadily, kamus inggris-indonesia,(Jakarta: Gramedia,2005).
Mawarti, Sri, Fenomena Hate Speech, Toleransi, Media Komunikasi Umat Beragama, Vol. 10 No. 1, 2018.
Musyafak, Najahan dan Hasan Asy’ari Ulama’I, Agama dan Ujaran Kebencian, (Jawa Tengah: CV Lawwana, 2020).
Quraish, M. shihab, Tafsir al-Misbah pesan, kesan dan keserasian al-Qur’an Juz ‘Amma, (Jakarta: Lentera Hati, 2002).
Suyuthi, Jalaluddin,
Zuhayli, Wahbah, Tafsir Al-Munir Fi Aqidati Syariati Wal Manhaj, Jil.XV,(Damaskus: Dar el Fikr, 2009).
Published
2022-01-23
Abstract views: 165 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 532