PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM’S ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VII MTS MASMUR PEKANBARU

  • riki sutioanto STAIN Bengkalis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team’s Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih siswa? Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team’s Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar fiqih siswa?"

Bentuk penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Masmur Pekanbaru yang berjumlah 75 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar fiqih siswa kelas.

Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu empat kali pertemuan dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team’s Achievement Division (STAD), satu pertemuan dilaksanakan postes, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan ujian praktek. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menggunakan rumus tes-t, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar fiqih siswa.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team’s Achievement Division (STAD) dapat mempengaruhi hasil belajar fiqih siswa. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar fiqih siswa yang menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team’s Achievement Division (STAD) dibandingkan dengan hasil belajar fiqih siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asma, Nur. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
Alma, Buchari dkk. Guru Profesional. Surabaya: Unesa, 2000.
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
B.Uno, Hamzah. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara, 2006.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psykologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Hakim. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspaswara, 2002.
Hartono. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta : LSFK2P, 2006.
http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2246532-pengertian-mata-pelajaran-fiqih/
Ibrahim, Muslim. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA, 2000.
Ibrahim, Muslim. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press, 2001.
Lie, Anita. Cooperative Learning (Mempraktekkaan Cooperative Learning di ruang-ruang kelas). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2000.
Mimi Hariani, Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Program Studi Magister Pendidikan Dasar Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.
Risnawati. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press, 2008.
Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, cet 4, 2003.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media, 2005.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Sardiman, A.M. Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sabiq, Sayyid. Fiqih Sunnah 1.Jakarta: Al-I’tishom, 2010.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana, 2009.
Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009.
Yamin, Martinis dan Bansu I. Ansara. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.
Slamet, Yunus. Pengantar Penelitian Kuantitatif Surakarta : Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) dan UPT Penerbit dan Percetakan UNS (UNS Press), 2008.
Published
2021-11-12
Abstract views: 144 ,