Pengembangan Pengembangan Instrumen Manajerial Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) Di Padangsidempuan

  • Melda Diana Nasution assalamualaikum UIN SUSKA RIAU

Abstract

Instrumen  penelitian  merupakan  faktor  yang  terpenting  dalam  sebuah  penelitian.  Pada  Instrumen penelitian itulah letaknya sebuah kebenaran akan hasil yang diteliti sebelum di tarik sebuah kesimpulan, jika Instrumennya salah maka Instrumen tersebut tidak dapat mengukur apa yang sepatutnya di ukur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan  menggunakan sampel ada 30 orang. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS Versi 23.00 for Windows untuk melihat konsistensi internal dengan menggunakan Cronbach Alpha. Hasil dari penelitian ini, semua item kuisioner valid dan reliabel  dengan  rata-rata  nilai  realibilitas  Cronbach  Alpha  Manajerial Ketua Perguruan Tinggi adalah valid, karena nilai r hitung lebih besar dari r tabel = 0,707.  Hasil uji reliabilitas data menunjukkan semua butir pernyataan dari Kuesioner Manajerial Ketua Perguruan Tinggi adalah reliabel, karena nilai r 11 = 0,966 > 0,6. Hasil uji reliabilitas data menunjukkan semua butir pernyataan dari Kuesioner Komunikasi Ketua Perguruan Tinggi adalah reliabel, karena nilai r 11 = 0,973 > 0,6. Hasil uji reliabilitas data menunjukkan semua butir pernyataan dari Kuesioner Kinerja Dosen adalah reliabel, karena nilai r 11 = 0,97>0,6

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A Anwar Prabu Mangkunegara, Manajemen Sumber Data Perusahaan, (Bandung: PT. Refieka Aditema, 2004),
Ahmad Susanto, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru, (Depok: Prendamedia Group : 2018)
Arni Muhammad. Komunikasi Organisasi (Jakarta: Bumi Aksara, 2005),
Aswarni Sudjud,Metodologi penelitian pendidikan, Yogyakarta : AP FIP IKIP Yogyakarta, 1989)
B. Curtis, James J. Floyd, dan Jerril L. Winsor, Komunikasi Bisnis & Profesional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005),
Badri Munir Sukoco, Manajemen Administrasi Perkantoran Modern, (Jakarta: Erlangga, 2000)
Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)
Dede Rosyada, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (Jakarta:PT Kencana, 2004),
Departemen Agama RI, Al Hikmah Al Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung : CV Penerbit Diponegoro, 2014)
Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republic Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Perum balai pustaka, 1988),
Depdiknas, Tentang Guru dan Dosen, (Jakarta : Balai Pustaka, 2008),
E .Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2011)
______________, Manajemen berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, (Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002)
______________, Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep , Karakteristik, dan Implementasi. (Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005)
______________, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosda Karya, 2008),
E. Depari, dan C. MacAndrews, (eds), Peranan Komunikasi Massa dalam Pembangunan (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 1998),
Elvinaro Ardianto, Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (Bandung: Simbiosa Rekatama Media. 2004),
Endang Kusmiati, Hubungan Keterampilan Manajer Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru SekolahDasar di Kecamatan Suko Manunggal Kota Surabaya, (Tesis, UNY, 2010)
F. Rachmadi, Public Relations Dalam Teori Dan Praktek (Jakarta: Gramedia, 1996)
Fattah, Landasan Manajemen Pendidikan Remaja, (Bandung: Rosda Karya, 1999)
Fred N. Kerlinger, Asas-Asas Penelitian Behavioral, Terjemahan Bandung R. Simantupang, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. 1990
Group, 2006),
Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011),
Hani Handoko, Manajemen, (Yogyakarta: BPFE. (1995),
Hasibuan, Malayu S. P. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)
Hasil observasi kepada guru di MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung pada tanggal 25 September 2019 jam 10:00, Kepala MA Hidayatul Mubtadiin Jati Agung 25 September 2019 jam 09:35
Hendiyat Soetopo.Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. (Jakarta: Bina Aksara, 1984) Miftah Thoha, Kepemimpinan dalam Manajemen, (Jakarta: Raja Grafindo Persad: 1995)
Husaini Usman, Manajemen: teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, (Bandung : Bumi Aksara, 2006)
Husnul Yaqin, Administrasi dan Manajamen Pendidikan, (Banjarmasin : IAIN Antasari Press, 2011)
Imam Musbikin, Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat, (Pekanbaru: Zanafa Publishing 2013)
______________, Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat, Pekanbaru: Zanafa Publishing 2013
John Davis, & Goldberg Ray. A Concept of Agribusiness. Div of Research. Grad. School of Business Administration (Boston: Harvard University. 1975),
John M. Invancevich, robert Konopaske, Michael T. Matteson, Perilaku Dan Manajemen,
_____________________. Ivancevich, Robert Konopaske, Michael T. Matteson, Perilaku Dan Manajemen Organisasi (Jakarta:PT Erlangga, 2006 ),
Jones James J. Human Resource Managament in Education (Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan. Jakarta : Q-Media 2008)
Joseph A DeVito,.The Interpersonal Communication Book (Jakarta: Professional Book. 1989),
Keith Davis dan John W. Newstorm, Perilaku dalam Organisasi, Edisi Kesembilan, diterjemahkan oleh Agus Dharma (Jakarta: Erlangga, 1993),
________________, Perilaku dalam Organisasi, Edisi Kesembilan, diterjemahkan oleh Agus Dharma (Jakarta: Erlangga, 1993),
Kemendiknas, Buku Kerja Kepala Sekolah, (Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, 2011)
M. Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2003),
Marhaeni Fajar, Ilmu Komunikasi Teori & Praktik (Yogyakarta: Graha ilmu, 2009)
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan islam,( Bandung: Rafika Aditama, 2008)
Martinis Yamin, Standarisasi Kinerja Guru, (Jakarta: Persada Press, 2010),
_____________, Standarisasi Kinerja Guru, (Jakarta: Persada Press, 2010),
Published
2021-10-31
Abstract views: 87 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 109