PERENCANAAN PENINGKATAN MUTU GURU MADRASAH SALAFIYAH WUSTHA DESA BATU MADINDING KECAMATAN BATANG NATAL KABUPATEN MANDAILING

  • hawa hawa Universitas Medan Area

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan guru  di Madrasah Salafiyah Wustha Batu Madinding Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, dan 5 orang guru sebagai sample dalam penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen, untuk menganalisis data  digunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan). Hasil penelitian mengungkapkan temuan bahwa perencanaan peningkatan mutu  guru  di  Madrasah Salafiyah Wustha Batu Madinding dilaksanakan  dengan  rapat  melibatkan  seluruh  komponen  madrasah  seperti  kepala  madrasah,  wakil  kepala  madrasah, staf dan guru-guru.Seluruh komponen ini saling bekerjasama dalam merencanakan program kerja  yang akan dilaksanakan guna meningkatkan mutu guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurkholis, “Pendidikandalam Upaya Memajukan Teknologi”, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Tarbiyah STAIN Purwokerto, November 2013.

Abdul Jalil, “Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter”, NadwaJurnal Pendidikan Islam ,Vol. 6, Nomor 2, Oktober 2012.

Fata Asyrofi Yahya, Pendidikan Tentang Problem Manajemen Pesantren, Sekolah, Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output.Jurnalel-Tarbawi Volume VIII, No.1, 2015

Jiddy Masyfu’,J.Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Mutu Pendidik Pendidikan Agama Islam. DAR EL-ILMI, Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan DanHumaniora, 4(2)188-207,Retrievedfromhttp://ejurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/777MoreCitation Formats Issue Vol 4 No 2 (2017), h.10-20

Siswanto,Desain Mutu Pendidikan Pesantren,KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman. Vol. 23 No. 2, Desember 2015: 258-274

Siti Makhmudah, Upaya Memperbaiki Kualitas Guru DenganMemaksimalkan Terpenuhinya Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru, Jurnal Studi Islam, Volume 11, No. 1 April 2016

Azyumardi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional; Rekonstruksi dan Demokrasi, (Jakarta: Kompas, 2002), Cet.1, h. xvii Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Professional, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2000), h. 4.

Warih Jatirahayu, Guru Berkualitas Kunci Mutu Pendidikan,Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, SMP Negeri 4 Sleman, Kab. Sleman No. 02/Tahun XVII/Nopember 2013

Ijudin,Pengembangan Konsep Mutu Pendidikan Pondok PesantrenJurnal Pendidikan Universitas GarutFakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Vol. 09; No. 01; 2015, h. 15-32

Sitti Nurfaidah Samad,Manajemen Mutu Pendidikan Berbasis Pesantren (Studi Kasus Ma Al Mawaddah Warrahmah Kolaka), Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah (2019) 2 (1), h.70 - 88
Dirjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, (Jakarta:2013), h 24.

Ruma Mubarok,Manajemen Mutu Guru Pondok Pesantren,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Jurnal MPI UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Vol 1, No 2, 2016

Tim Penyusun, Undang-Undang No.14/2005, tentang Guru dan Dosen, (Bandung: Nuansa Aulia, 2006), h. 6

Abdul Hadis & Nurhayati, Manajemen Mutu Pendidikan, h. 3-4

Nana Sujana, EvaluasiPendidikan, (Jakarta: Pers , 2006), h. 50

Alinuh , Kepala Madrasah Salafiyah Batu Madinding, Wawancara, tanggal 25 April 2020.
Published
2021-10-31
Abstract views: 84 , pdf (Bahasa Indonesia) downloads: 105