PERAN PROGRAM DIDIKAN SUBUH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEMANDIRIAN BERIBADAH ANAK

  • SANTOSO SANTOSO FSI UMRI
  • Raja Jeldi STAI Ar-Ridha Rokan Hilir
Keywords: Karakter, Kemandirian, Muhammadiyah

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kondisi yang menarik dari program didikan subuh yang diselenggarakan oleh Panti Asuhan Putra  Muhammadiyah  Kota Pekanbaru. Panti Asuhan  Putra Muhammadiyah Kota Pekanbaru berada persis di pusat kegiatan bisnis kota. Posisi ini secara teorItis sangat tidak kondusif untuk pengembangan kemandirian ibadah bagi anak Panti Asuhan. Namun dengan manajemen dan komitmen yang baik, kesibukan lingkungan bisnis tidak memberi pengaruh negatif secara signifikan terhadap upaya membentuk karakter kemandirian ibadah anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian sebanyak 9 teridir dari 3 orang pengurus panti, 2 orang pengelola, dan 4 anak panti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)  Pengelolaan program Didikan Subuh dalam rangka pengembangan karater beribadah anak  di Panti Asuhan Putra  Muhammadiyah Kota Pekanbaru telah berjalan cukup efektif baik dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hal ini  sangat dipengaruhi oleh berbagai aspek baik internal manajemen, lingkungan terdekat di luar panti, dan komitmen pengurus/pengelola panti. (2)  Program Didikan Subuh secara signifikan memiliki pengaruh  dalam pembentukan karakter kemandirian beribadah anak panti. Kemandirian tersebut tumbuh melalui  beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah pengkondisian yang bersifat kedisiplinan, kedua terbentuknya kebiasaan dan ketiga terbangunnya kesadaran yang bersifat mandiri.(3) Bentuk karakter kemandirian beribadah anak di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Kota Pekanbaru ditunjukkan dengan aktifitas beribadah anak yang didasari oleh nilai-nilai kesadaran, tanggung jawab, disiplin dan motivasi.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2005). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Abdullah Nashih Ulwan. (1992). Kaidah-Kaidah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakary.
Abdurrahman Al Nahlawi. (1996). Pedidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Agus Sujanto. (1997). Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara.
Alberta Education. (2005). The Heart of Matter: Character and Citizenship Education in Alberta School, (Alberta: Alberta Education, Learning and Teaching Resources Branching, Minister of Education)
Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Doni Koesoema A. (2007). Pedidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: PT. Grasindo.
Eti Nurhayati. (2011). Psikologi Pedidikan Inovatif. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Ghede Raka. (2007). Makalah Seminar Nasional Pedidikan Karakter di Universitas Negeri Yoyakarta, Pedidikan Membangun Karakter. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Hornby, A.S. dan Parnwell, E.C. (1992). Learner’s Dictionary. Kuala Lumpur: Oxford University Press, 1972.
Linda C Scerenko. (1997). Values and Character Education Implementation Guide, (Georgia: Department of Education Office of Policy and Communications. http://archives.gadoe.org/DMGetDocument.aspx/ Character, akses tanggal 30 Juni 2014.
J. Mark Halstead dan Monica J. (2000). Taylor, Learning and Teaching about Values: A Review of Recent Research. Cambridge: Journal of Education. Vol. 30 No.2. h. 169.
Masnur Muslich. (2011). Pedidikan Karakter; Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Ratna Megawangi. (2011). Strategi dan implementasi pedidikan karakter di PAUD. Makalah disampaikan dalam seminar nasional: Strategi dan Implementasi Pendidikan
Uci Sanusi. (2012). Pedidikan Kemandirian di Panti Asuhan: Studi Mengenai Realitas Kemandirian anak di Panti Asuhan al-Istiqlal Cianjur dan Panti Asuhan Bahrul Ulum Tasikmalaya. Jurnal Pedidikan Agama Islam-Ta'lim Vol.10 No.2-2012. ha. 128-130.
Published
2019-11-04
Abstract views: 157 , PDF downloads: 0 PDF downloads: 672