PEMASARAN TERINTEGRASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT DALAM MENABUNG DI BANK SYARIAH

  • Y. Rahmat Akbar STIE Persada Bunda
  • Mohd. Ario Wahdi Elsye Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: SIVA, Pemasaran Terintegrasi, Minat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran terintegrasi terhadap minat menabung pada perbankan syariah yang ada di Pekanbaru. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan desain riset kausal dan deskriptif. Jumlah sampel sebesar 210 responden yang memiliki rekening tabungan pada bank syariah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan survey dan metode purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi AMOS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa seluruh dimensi pemasaran terintegrasi memiliki pengaruh parsial yang positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, R. D., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2015). Pengaruh Integrated Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non-Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.22 No.2, 2-11.
Akbar, Y. R. (2014). Mengapa Menggunakan SEM. Retrieved 2019, from The Yy Blog: www.yrasemsi.blogspot.com
Antonio, S. (2007). Bank Syariah dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Assael, H. (2005). Customer Behavior and Marketing Action. Boston: Wadsworth Inc.
Dev, C. S., & Schultz, D. E. (2005). Get Results With The New Marketing Mix. New York: American Marketing Association.
Durianto, D., & Liana. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ferdinand, A. (2002). Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik. Semarang: Research Paper Series. BP. UNDIP.
Haryono, S., & Parwoto, W. (2013). Structural Equation Modeling untuk Penelitian Manajemen. Bekasi, Jawa Barat: PT. Intermedia Personalia Utama.
Kinnear, T. C., & Taylor, J. (2003). Riset Pemasaran (Terjemahan oleh Thamrin) Edisi Tiga. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2007). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Inc Publishing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc publishing as Prentice Hall.
Malhotra, N. K. (2007). Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan Edisi Ke empat. Jakarta: Penerbit Indeks.
Ningwulan, E. P., Widyastuti, S., & Derriawan. (2017). Strategi Pengembangan Minat Pembelian Melalui Peningkatan Kepercayaan Nasabah BCA. Jurnal Ekobisman Vol.2 No.2, 167-184.
Riduwan, & Akdon. (2010). Analisis Jalur dan Aplikasi Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Situmorang, Y. L., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha (Studi Pada Dealer Yamaha PT. Utama Megah Sentosa Bersaudara). Diponegoro Journal of Management Vol.6 No.3, 1-14.
Srivastava, T. S., & Ho, C. K. (2006). The Trident Model For Customer Centric Enterprise System At Comfort Transportation, Singapore. MIS Quarterly Executive Vol. 5 No.3, 109-124.
Yusri. (2017). Pertumbuhan Pasar Perbankan Syariah di Riau. Retrieved 2019, from wartariau: www.wartariau.com
Zeithaml, V. A., & Bitner, M. (2000). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm 3rd Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies, Inc.
Published
2019-11-04
Abstract views: 182 , PDF downloads: 0 PDF downloads: 83