BROKER PADA BISNIS PROPERTI: STUDI ETIKA BISNIS ISLAM

  • Muhammad Lisman Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: Broker, Bisnis Properti, Etika Bisnis Islam (EBI)

Abstract

Etika merupakan titik tolak dari ekonomi Islam, yang mana ekonomi Islam bisa disebut dengan ekonomi beretika Islam. Bisnis yang menjadi sub sistem ekonomi Islam dijalankan atas dasar etika bisnis Islam, agar tidak ada salah satu pihak terzhalimi atau dirugikan, tidak terkecuali peran broker pada bisnis properti. Sayed Nawab Khaider Naqvi telah merumuskan aksioma Ekonomi Islam yaitu Kesatuan/ Tauhid, Keseimbngan/ kesejajaran (equilibrium), kehendak bebas (free wiil), serta tanggung jawab (responsibility), yang kemudian di kembangakan oleh Rafiq Issa Beekun menjadi Etika Bisnis Islam dengan menambahkan satu aksioma yang sebelumnya dikemukakan Oleh Sayed Nawab Khaider Naqvi, menjadi lima aksioma.Bentuk peneltian ini adalah kualitatif, merupakan bentuk library research dengan menggunakan metode deduktif dan induktif dengan pendekatan normatif sosiologis.Lima aksioma sebagai paradigma pengembangan Etika Bisnis Islam dalam berbagai bentuk jenis bisnis yang ada dengan menyesuaikan variabelnya, tidak terkecuali parktek broker pada bisnis properti yang sekarang banyak dilakukan individu atau bentuk perusaan yang dikelola secara profesional. Aksioma Etika Bisnis Islam ini berlandaskan Qur’an dan Hadits yang menjadi landasan hukum Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah bin muhammad ath-thayyar dan abdullah bin muhammad al-muthlaq. (2015) .Ensiklopedi Fiqih Muamamalah Dalam Pandangan Empat Mazhab. Yogyakarta: maktabah al-hanif griya wirokerten indah.
Antonio, Syafii Muhammad.(2002). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Billah, Mohd Ma’sum. (2009) Penerapan Hukum Dagang Dan Keuangan Islam. Terj. Asep Saepudin jahar. Edisi III (slangor, malaysia: sweet & maxwell Asia.
Djuwaini, Dimyauddin. (2008) . Pengantar Fiqih Muamalah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauroni, Lukman. (2006) . Etika Bisnis Dalam Al-Quran. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Issa Beekun, Rafik. 1997. Islamic business ethics, (human development series no. 2) Herndon, virginia, USA: the international islamic thought.
Khairi, Miftahul. (2015) .Ensiklopedi Fiqih Muamalah Dalam Pandangan Empat Mazhab. Yogyakarta: maktabah al-Hanif.
Khairandy, Ridwan. (2006) .Pengantar Hukum Dagang.Yogyakarta: FH UII press.
KUHD adalah kitab undang-undang hukum dagang
Muhammad Ali ash salabi. (2014) . Khalifah Umar Bin Abdul Aziz- Khalifah Pembaharu Dalam Bani Umayyah. Jakarta Timur: Pustaka Al-kausar.
Moh. Zuhri dan Ahmad Qarib. (1994) Ilmu Ushul Fiqh alih bahasa oleh, (semarang: Dina Utama.
Naqvi, Syed Nawab haidar. (2009) .Islam, Economic and society, alih bahasa Syaiful anam dan Muhammad ufuqul mubin. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Tanjung, Azrul dkk. (2013) . Meraih Surga Dengan Berbisnis.Jakarta: Gema Insani www. Etika Bisnis Islam. Akses. Tgl. 13 desember 2016. Jam. 20.40
Qardawi, Yusuf. (1997) . darul Qiyam wal akhlak fil iqtishadil Islam, terj. Zainal arifin. Jakarta: Gema Insani.
Rosita, Kiki dkk., 2016. Analisis Hukum Islam Tentang Makelar (Broker) Dalam Transaksi Jual Beli Kain Dikawasan Textile Cigondewah Rahayu Bandung. prosiding keuangan dan perbankan. Vol. 2, no.2. Bandung: Universitas Islam Bandung.
Suhendi, Hendi. (2011) .fiqih muamalah. Jakarta: Raja grafindo Persada
Published
2019-04-30
Abstract views: 1924 , PDF downloads: 1930