Pengetahuan Ibu Post Pasrtum Tentang Senam Nifas Di RS Lancang Kuning Pekanbaru

  • Yeni Yarnita Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rika Diyah Nurani Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: pengetahuan, post partum, senam nifas

Abstract

Masa nifas merupakan masa selama persalinan dan segera setelah kelahiran. Diseluruh dunia setiap hari  lebih dari 500.000 setiap tahun wanita meninggal karena komplikasi yang terkait dengan kehamilan, persalinan dan masa nifas. Cara untuk menurunkan angka morbiditas pada masa postpartum selain  mobilisasi dini salah satu cara untuk mempercepat involusi uterus yaitu dengan melakukan senam nifas. Tujuan : Untuk mengetahui pengetahuan tentang senam nifas pada ibu postpartum di Rumah Sakit Lancang Kuning Pekanbaru. Metode Penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian adalah seluruh ibu post partum dengan jumlah sample 30 responden dengan metode pengambilan sampel yaitu accidental sampling. Instrument penelitian ini adalah kuesioner tentang pengetahuan ibu tentang senam nipas dengan Analisa yang digunakan yaitu univariat dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil Penelitian : Pengetahuan tentang senam nifas pada ibu postpartum di Rumah Sakit Lancang Kuning dalam kategori baik sebanyak 4 ibu postpartum (13,3%), cukup sebanyak 19 ibu postpartum (63,3%), dan kurang sebanyak 7 ibu postpartum (23,3%). Kesimpulan dan Saran : Diharapkan kedepannya ibu postpartum dapat meningkatkan pengetahuan tentang puerperal gymnastics dengan membaca buku atau bertanya langsung kepada tenaga medis ketika selesai persalinans serta adanya program peningkatan pengetahuan bagi ibu post partum di RS lancing kuning pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitriani. (2011). MAKASSAR Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Keperawatan Jurusan Keperawatan pada Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar Oleh : FITRIANI.

Ht.Barat, E. N. (2017). Tingkat Pengetahuan Ibu Nifas Tentang Senam Nifas di Klinik Cahaya Kecamatan Medan Timur Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Kebidanan Imelda, 3(2), 2–6. http://jurnal.uimedan.ac.id/index.php/JURNALKEBIDANAN/article/view/135

Ineke, I. (2016). Pengaruh Senam Nifas Terhadap Tinggi Fundus Uteri Dan Jenis Lochea Pada Primipara. Jurnal Ilmiah Bidan, 1(3), 45–54.

Kemenkes RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018 [Indonesia Health Profile 2018].

Notoatmodjo, S. (2018). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rieneka Cipta.

Ramin, R., & Ayuning, D. P. (2017). Hubungan Senam Nifas dengan Penurunan Involusi Uteri pada Ibu Post Partum Hari Ke 1-3 di RSIA CICIK Padang Tahun 2016. Jik- Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 117–122. https://doi.org/10.33757/jik.v1i1.5

Saam, & Wahyuni. (2012). Psikologi Keperawatan. Rajawali Pers.

Sri Rahayau, Widia Lestari, R. W. (2017). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Senam Nias dengan Audio Visual Terhadap Pengetahuan, Kemampuan dan Motivasi Pelaksanaan Senam Nifas Pada Ibu Post Partum.

Sukma, D. R., & Sari, R. D. P. (2020). Pengaruh Faktor Usia Ibu Hamil Terhadap Jenis Persalinan Effect of Maternal Age on the Type of Labor in RSUD DR . H Abdul Moeloek Lampung Province. Majority, 9(2), 1–5.

Published
2022-06-30
How to Cite
Yarnita, Y., & Diyah Nurani, R. (2022). Pengetahuan Ibu Post Pasrtum Tentang Senam Nifas Di RS Lancang Kuning Pekanbaru. Jurnal Kesehatan "As-Shiha", 2(1), 28-32. Retrieved from https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JKU/article/view/3814
Abstract views: 46 , PDF downloads: 23