Pengembangan Aplikasi Monitoring Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Hasanuddin Menggunakan Metode Waterfall

Authors

  • Bulqis Ramadani Universitas Hasanuddin
  • Hendra Hendra Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Sadno Universitas Hasanuddin
  • Edy Saputra Rusdi Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.37859/jf.v15i2.9301
Keywords: android, waterfall, monitoring, kuliah kerja nyata, user acceptance testing

Abstract

Kuliah Kerja Nyata merupakan program akademik yang bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa dalam menerapkan ilmu di masyarakat serta mengembangkan keterampilan sosial. Dalam pelaksanaanKuliah Kerja Nyata di Universitas Hasanuddin, mahasiswa diwajibkan untuk melaporkan setiap kegiatan kepada dosen pembimbing sebagai bagian dari proses monitoring dan evaluasi. Namun, sistem pelaporan yang masih dilakukan secara manual dinilai kurang efisien dan menghambat efektivitas evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah aplikasi monitoring kegiatan Kuliah Kerja Nyata berbasis Android guna meningkatkan efisiensi dalam pelaporandan mempercepat proses evaluasi. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall, dengan bahasa pemrograman Java untuk android serta Node.js untuk layanan API yang terhubung ke database MySQL. Pengujian sistem dilakukan dengan metode User Acceptance Testinguntuk mengevaluasi tingkat penerimaan pengguna dan menilai apakah sistem siap digunakan dalam lingkungan operasional yang sebenarnya. HasilUser Acceptance Testingmenunjukkan skor rata-rata 3,83 dari dosen pembimbing dan 3,47 dari mahasiswa, yang menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima dan telah memenuhi kebutuhan pengguna dalam mendukung pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata. Dengan demikian, aplikasi monitoring kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Hasanuddin berbasis android berhasil dikembangkan dan berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang dirancang dan dapat diterima oleh pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, 2024. Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2024. [Online]. Available: https://kemdiktisaintek.go.id/epustaka/panduan-kuliah-kerja-nyata-kkn-kebangsaan-2024. [Accessed 12 Oktober 2024].

I. Basri, 2024. Unhas Lepaskan 4289 Mahasiswa KKN Gelombang 112. [Online]. Available: https://identitasunhas.com/unhas-lepaskan-4289-mahasiswa-kkn-gelombang-112/. [Accessed 3 November 2024].

Statcounter, 2024. Mobile Operating System Market Share Indonesia. [Online]. Available: https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia/2024. [Accessed 20 Oktober 2024].

Hidayanti, N., Widyawati, W., Fatullah, R., & Budiono, B. 2020. Rancang bangun aplikasi monitoring kegiatan kuliah kerja mahasiswa berbasis android di Universitas Banten Jaya. Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(2), 267. https://doi.org/10.36055/tjst.v16i2.8680

Syah, F., Lukito, W., Aristoteles, A., Efendi, N., & Eka Febriansyah, F. 2018. Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Berbasis Android Universitas Lampung. Jurnal Komputasi, 6(2), 1–10. https://doi.org/10.23960/komputasi.v6i2.1655

Akib, F., & Muin, A. 2024. Implementasi Sistem Monitoring Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Berbasis Aplikasi Mobile Pada Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Insypro (Information System and Processing), 9(2). https://doi.org/10.24252/insypro.v9i2.52738

Aceng, A. W. 2020. Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, https://www.researchgate.net/publication/346397070

Santoso, J. T. & Migunani, 2021. Desain & Analisis Sistem Berorientasi Obyek dengan UML. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Novianto, M. A., & Munir, S. 2022. Analisis dan Implementasi Restful API guna Pengembangan Sistem Informasi Akademik pada Perguruan Tinggi. Jurnal Informatika Terpadu, 8(1), 47–61. https://doi.org/10.54914/jit.v8i1.409

Wulandari, N., Wibowo, A., & Susanto, B. 2021. Penerapan Restful API untuk Membangun Program Pembayaran Piutang Menggunakan Otentikasi OAuth 2.0. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.21460/jutei.2021.51.230

Vanesha, N. A., Rizky, R., & Purwanto, A. 2024. Comparison Between Usability and User Acceptance Testing on Educational Game Assessment. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 13(2), 210–215. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v13i2.2099

Permatasari, D. I. 2020. Pengujian Aplikasi menggunakan metode Load Testing dengan Apache JMeter pada Sistem Informasi Pertanian. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), vol. 8, no. 1, p. 135, doi: 10.26418/justin.v8i1.34452

Indrianto. 2023. Performance Testing On Web Information System Using Apache Jmeter And Blazemeter. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, vol. 7, no. 2, pp. 138–149, doi: 10.22437/jiituj.v7i2.28440

Downloads

Published

2025-08-23