Komparasi Perhitungan Gabungan AHP dan SAW Dengan Perhitungan Konvensional pada Perangkingan Siswa
DOI:
 
							
								https://doi.org/10.37859/jf.v15i2.9297
							
						
					Abstract
Pemilihan siswa terbaik merupakan langkah penting dalam mendorong semangat belajar dan membentuk budaya prestasi di lingkungan sekolah. Namun, metode konvensional dalam penilaian seringkali mengandung subjektivitas yang tinggi dan tidak memiliki pembobotan kriteria yang konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas metode AHP (Analytical Hierarchy Process) dan SAW (Simple Additive Weighting) dengan metode konvensional dalam proses seleksi siswa terbaik di SMKS Darul Kamilin. Lima kriteria utama digunakan dalam evaluasi, yaitu akademik, kedisiplinan, keaktifan ekstrakurikuler, sikap & perilaku, serta prestasi non-akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 1 dari 30 siswa (2,5%) yang menempati peringkat yang sama pada kedua metode, yang mengindikasikan perbedaan signifikan. Metode AHP-SAW terbukti lebih objektif, terstruktur, dan konsisten dibandingkan metode konvensional, serta mendapat tanggapan positif dari pihak sekolah. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan sistem pendukung keputusan berbasis web dengan menyediakan model komputasi terintegrasi AHP–SAW untuk penilaian siswa terbaik secara objektif, serta memberikan kontribusi praktis bagi sekolah dalam meningkatkan transparansi dan akurasi proses seleksi melalui digitalisasi penilaian multi kriteria
Downloads
References
M. S. Ummah, Motivasi Dalam Pendidikan, vol. 11, no. 1. 2019. [Online]. Available: http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
I. Kurnia, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Siswa Terbaik Menggunakan Kombinasi Metode Ahp Dan Saw,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 3, pp. 164–172, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i3.3339.
T. L. Saaty, “Decision making with the Analytic Hierarchy Process,” Sci. Iran., vol. 1, no. 1, pp. 83–97, 2008, doi: 10.1504/ijssci.2008.017590.
R. N. Hidayat, B. Santoso, and L. P. Sumirat, “Decision Support System for Selecting Outstanding Students Using Simple Additive Weighting and Weighted Product Methods Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Simple Additive Weighting dan Weighted Product,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 5, no. January, pp. 379–390, 2025, doi: https://doi.org/10.57152/malcom.v5i3.
T. Nurrahman and A. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Kombinasi Analytical Hierarchy Process Dan Simple Additive Weighting Pada Smpn 1 Gondang,” J. Manaj. Informasi, , vol. 15, no. 2, pp. 1–14, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-manajemen-informatika/article/view/56038
Z. Amalia and M. B. Akbar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Menggunakan Metode Saw Dan Ahp Berbasis Web (Studi Kasus SMP Swasta IT Al Hijrah Deli Serdang),” Infosys (Information Syst. J., vol. 7, no. 1, p. 92, 2022, doi: 10.22303/infosys.7.1.2022.92-104.
A. Sholihat and D. Gustian, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Simple Additive Weighting (Saw) (Studi Kasus : Smk Dwi Warna Sukabumi).,” SISMATIK (Seminar Nas. Sist. Inf. dan Manaj. Inform., vol. 1, pp. 140–147, 2021.
A. Setiadi, Y. Yunita, and A. R. Ningsih, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting(SAW) Untuk Pemilihan Siswa Terbaik,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 104–109, 2018, doi: 10.32736/sisfokom.v7i2.572.
L. A. Prasetyo, “Sistem Pendukung Keputusan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Kombinasi Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Simple Additive Weigting (SAW),” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 130, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3039.
D. A. Anggoro and W. Supriyanti, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Pemilihan Siswa Berprestasi di SMAN Kebakkramat,” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 6, no. 3, pp. 163–171, 2019, doi: 10.32699/ppkm.v6i3.777.
C. Pertiwi and A. Diana, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Karyawan Terbaik Menggunakan Metode AHP Dan SAW,” Budi Luhur Inf. Technol., vol. 17, no. 1, pp. 23–30, 2020, doi: DOI: https://doi.org/10.36080/bit.v17i1.1000.
M. Ardhiansyah and T. Husain, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa/i Kelas Unggulan Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS Decision Support System for Student Selection of Prime Class Using AHP and TOPSIS Methods,” J. Teknol. Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 153–167, 2020, doi: https://doi.org/10.35957/jtsi.v1i2.513.
A. L. Rahman, M. Hasbi, and S. Setiyowati, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Siswa Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS),” J. Ilm. SINUS, vol. 18, no. 1, p. 49, 2020, doi: 10.30646/sinus.v18i1.439.
M. Y. Fathoni, D. Darmansah, and D. Januarita, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Teladan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada SMK Telkom Purwokerto,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 346–353, 2021, doi: 10.32736/sisfokom.v10i3.1202.
M. Angeline and F. Astuti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching,” J. Ilm. Smart, vol. 2, no. 2, pp. 45–51, 2018, doi: 10.37859/jf.v13i3.5459.
Y. R. Anjani, R. Ningsih, A. J. Wahidin, and T. Pattiasina, “Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process untuk Menentukan Model Learning Management System,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 3, pp. 518–524, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i3.5459.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wire Bagye, Abdul Hamid, Mardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
 - Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
 - Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
 
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
						
							









_(1).png)


  
