Implementasi Metode PIECES Pada Perancangan Sistem Outcome Based Education (OBE)

  • Romi Hardianto Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Rofil M. Nur Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Romi Wijaya Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
Keywords: Outcome Based Education, Unified Modelling Language, Website, Framework Pieces

Abstract

Kurikulum merupakan suatu unit yang penting dalam suatu perguruan tinggi karena membantu dalam melaksanakan kegiatan proses pembelajaran, dengan adanya kurikulum baru yaitu kulikulum Outcome Based Education (OBE) perguruan tinggi harus melakukan perubahan terhadap kurikulum yang sudah ada, namun manajemen dokumen berlanjut hingga hari ini Artinya menyimpan data dan dokumen dikomputer Saat ini khusus untuk produk pemantauan, dokumen perlu dicetak untuk didistribusikan. Kedua hal ini menyulitkannyaakses oleh Civitas AkademikaPerancangan sistem ini nantinya akan pemantauan dokumen itu sederhana, menyimpan, mencari dan mengelola dokumen itu sederhana ,diperbarui atau dibagikan kepada pihak lain dan memiliki keamanan saat diakses. Dalam analisis, desain dan pembagunan sistem diperlukan untuk mengidentifikasi masalah dan solusinya, serta melakukan evaluasi kondisis sistem dan hasil desain dievaluasi menggunakan Framework PIECES dengan menggunakan Pemodelan Unified Modelling Language (UML). Berdasarkanhasil akhir terlihat bahwa perancangan Website OBE memperoleh hasil yang lebih baik untuk beberapa komponen evaluasi yaitu informasi, kontrol, kemamanan, performa,efisiensi dan pelayanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Nikmatussaidah, “Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebuah Literasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Jurnal Literasiologi, vol. 5, no. 1, Jan. 2021, doi: 10.47783/LITERASIOLOGI.V5I1.175.

B. W. Aulia, M. Rizki, P. Prindiyana, and S. Surgana, “Peran Krusial Jaringan Komputer dan Basis Data dalam Era Digital,” JUSTINFO | Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 9–20, Dec. 2023, doi: 10.33197/JUSTINFO.VOL1.ISS1.2023.1253.

M. R. Baharuddin, “Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi),” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 195–205, Apr. 2021, doi: 10.30605/JSGP.4.1.2021.591.

I. Fahmi, S. Suparmanto, M. Swala, M. Walid, and W. H. Anggara, “Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Prestasi Akademik: Studi Kasus Mahasiswa PBA UIN Mataram,” Al-Wazan: Journal of Arabic Education, vol. 2, no. 1, pp. 48–64, Mar. 2024, doi: 10.58223/AL-WAZAN.V2I1.163.

H. Fikra and W. Darmalaksana, “Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS) Mata Kuliah Karya Tulis Ilmiah,” Gunung Djati Conference Series, vol. 37, pp. 220–237, Sep. 2024, Accessed: Nov. 05, 2024. [Online]. Available: http://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/gdcs/article/view/2298

A. Prajawinanti, “Pemanfaatan buku oleh mahasiswa sebagai penunjang aktivitas akademik di era generasi milenial,” Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 8, no. 1, pp. 25–32, Jun. 2020, doi: 10.18592/PK.V7I15.3757.

A. Wilson, “Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global,” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), vol. 5, no. 1, Aug. 2020, doi: 10.30998/SAP.V5I1.6386.

M. I. Mustofa, M. Chodzirin, L. Sayekti, and R. Fauzan, “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi,” Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, no. 2, pp. 151–160, Dec. 2019, doi: 10.21580/WJIT.2019.1.2.4067.

C. G. C. Kob, M. N. M. Yaacob, and N. R. M. Rokeman, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAKSANAAN OBE DI KOLEJ VOKASIONAL MALAYSIA: PERSPEKTIF KESEDIAAN PELAJAR,” Jurnal Penyelidikan Sains Sosial, vol. 7, no. 22, Mar. 2024, Accessed: Nov. 05, 2024. [Online]. Available: https://academicinspired.com/jossr/article/view/2282

Y. Yunus, H. Maksum, and W. Waskito, “Pengaruh Implementasi Kurikulum Outcome Based Education (OBE) terhadap Kemampuan Problem Solving Mahasiswa,” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, vol. 17, no. 1, pp. 1–12, Jun. 2024, doi: 10.31332/ATDBWV17I1.8807.

S. Surono, “Enhancing The Excellence of Quality Management System Auditors: A Competency-Based Training Model with Instructional Design Strategic Approaches and Measurable Outcomes,” Devotion : Journal of Research and Community Service, vol. 5, no. 8, pp. 949–960, Aug. 2024, doi: 10.59188/DEVOTION.V5I8.781.

U. M. Ishaq, M. F. Wicaksono, and S. Nurhayati, “Aplikasi Probe Untuk Penilaian Capaian Pembelajaran Mahasiswa Pada Kurikulum OBE (Outcame-Based Education),” Komputika : Jurnal Sistem Komputer, vol. 12, no. 2, pp. 67–74, Sep. 2023, doi: 10.34010/KOMPUTIKA.V12I2.9763.

R. Rahmaniati, P. Rosawanti, M. Mariaty, A. Purnama, and H. Hariyadi, “Pelatihan Pembuatan RPS Berbasis OBE bagi Dosen Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya,” PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 9, no. 8, pp. 1458–1463, Aug. 2024, doi: 10.33084/PENGABDIANMU.V9I8.7541.

aan setiawan and D. Pasha, “SISTEM PENGOLAHAN DATA PENILAIAN BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE PIECIES,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 97–104, Jun. 2020, doi: 10.33365/JTSI.V1I1.225.

W. Zheng, S. Wen, B. Lian, and Y. Nie, “Research on a Sustainable Teaching Model Based on the OBE Concept and the TSEM Framework,” Sustainability 2023, Vol. 15, Page 5656, vol. 15, no. 7, p. 5656, Mar. 2023, doi: 10.3390/SU15075656.

M. M. Mahbubul Syeed, A. S. M. Shihavuddin, M. F. Uddin, M. Hasan, and R. H. Khan, “Outcome Based Education (OBE): Defining the Process and Practice for Engineering Education,” IEEE Access, vol. 10, pp. 119170–119192, 2022, doi: 10.1109/ACCESS.2022.3219477.

Rodianto, J. Aliyah, and I. M.D, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-VOTTING UNTUK PEMILIHAN KETUA OSIS BERBASIS ANDROID,” Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks), vol. 3, no. 4, pp. 434–440, Nov. 2021, doi: 10.51401/JINTEKS.V3I4.1292.

E. Wijaya, “Analisis Penggunaan Algoritma Breadth First Search Dalam Konsep Artificial Intellegencia,” Jurnal TIMES, vol. 2, no. 2, Jul. 2013, doi: 10.51351/JTM.2.2.20136.

C. Haryawan and S. Iswanti, “IMPLEMENTASI PIECES FRAMEWORK DALAM PERANCANGAN E-DOCUMENT MANAGEMENT SYSTEM WEBSITE PUSAT JAMINAN MUTU,” Jurnal Tekinkom (Teknik Informasi dan Komputer), vol. 4, no. 2, pp. 137–143, Dec. 2021, doi: 10.37600/TEKINKOM.V4I2.344.

S. Sutono and D. Rustandi, “METODE PIECES DALAM PERANCANGAN GAME EDUKASI BELAJAR MUDAH BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 10, no. 3, Aug. 2022, doi: 10.23960/JITET.V10I3.2673.

Published
2024-12-10
Abstract views: 74 , PDF downloads: 53