Ekstraksi Aspek Aksesibilitas untuk Peningkatan Pengalaman Pengguna Menggunakan NER dengan CNN dan LSTM
Abstract
Transportasi online memberikan dampak positif bagi sebagian besar masyarakat, namun penggunaan aplikasi oleh penyandang disabilitas masih menghadapi sejumlah tantangan. Belum adanya fasilitas yang memadai dan pengalaman pengguna yang baik menjadi kendala utama. Realitas ini menunjukkan bahwa perlunya perhatian khusus terhadap prinsip aksesibilitas untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan kenyamanan bagi penyandang disabilitas. Melalui ulasan pengguna dapat diidentifikasi aspek-aspek aksesibilitas untuk mendukung peningkatan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan mengekstraksi informasi dari ulasan pengguna terkait aksesibilitas menggunakan metode NER dengan pendekatan CNN dan LSTM. Data yang dikumpulkan melalui web scraping terdiri dari 6.255 ulasan aplikasi Gojek, Grab, Maxim, dan Indriver. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kedua model memiliki akurasi tinggi yaitu CNN 99,84%, dan LSTM 99,48%. Namun memerlukan perbaikan dalam mendeteksi entitas yang jarang muncul atau berkonteks kompleks. Hasil analisis menunjukkan bahwa ulasan lebih banyak membahas fitur aplikasi dan keluhan yang berkaitan dengan aksesibilitas. CNN lebih efektif dalam menangkap pola spesifik, sedangkan LSTM lebih kuat dalam menangkap variasi kata.
Downloads
References
Adi Ahdiat, “Gojek vs Grab, Mana yang Konsumennya Lebih Banyak?,” databoks.katadata.co.id, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/08/gojek-vs-grab-mana-yang-konsumennya-lebih-banyak.
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, “Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia,” https://www.kemenkopmk.go.id/, 2023. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-penuhi-hak-penyandang-disabilitas-di-indonesia (accessed Nov. 19, 2024).
S. D. Poerwanti, S. Makmun, and A. D. Dewantara, “Jalan Panjang Menuju Inklusi Digital bagi Penyandang Disabilitas di Indonesia,” J. Urban Sociol., vol. 7, no. 1, p. 44, 2024, doi: 10.30742/jus.v1i1.3536.
C. Matulessy and A. Purnama, “Analisis Sentimen Terhadap Review Pengguna Indrive Di Google Playstore Menggunakan Algoritma Support Vector Machine,” J. Darma Agung, vol. 31, no. 1, p. 1015, 2023, doi: 10.46930/ojsuda.v31i1.3078.
P. Kurniawati, R. Y. Fa’rifah, and D. Witarsyah, “Sentiment Analysis of Maxim Online Transportation App Reviews using Support Vector Machine (SVM) Algorithm,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 466–475, 2023, doi: 10.47065/bits.v5i2.4265.
D. S. Annam, A. Hananto, F. Nurapriani, and T. Tukino, “Clustering User Sentiment Transportasi Online Gojek Dan Grab Dengan Metode K-Means,” J. Tika, vol. 8, no. 2, pp. 164–171, 2023, doi: 10.51179/tika.v8i2.2165.
D. S. Ashari, B. Irawan, and C. Setianingsih, “Sentiment Analysis on Online Transportation Services Using Convolutional Neural Network Method,” Int. Conf. Electr. Eng. Comput. Sci. Informatics, pp. 335–340, 2021, doi: 10.23919/EECSI53397.2021.9624261.
I. D. F.- IxDF, “What is Accessibility?,” Interaction Design Foundation - IxDF, 2016. https://www.interaction-design.org/literature/topics/accessibility.
F. S. Gharehchopogh and Z. A. Khalifelu, “Analysis and evaluation of unstructured data: Text mining versus natural language processing,” 2011 5th Int. Conf. Appl. Inf. Commun. Technol. AICT 2011, pp. 7–10, 2011, doi: 10.1109/ICAICT.2011.6111017.
K. A. Rokhman, B. Berlilana, and P. Arsi, “Perbandingan Metode Support Vector Machine Dan Decision Tree Untuk Analisis Sentimen Review Komentar Pada Aplikasi Transportasi Online,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i1.341.
S. Kale and S. Govilkar, “Survey of Named Entity Recognition Techniques for Various Indian Regional Languages,” Int. J. Comput. Appl., vol. 164, no. 4, pp. 37–43, 2017, doi: 10.5120/ijca2017913621.
Github, “Mobile Content Accessibility Guidelines (MCAG),” getevinced.github.io, 2024. https://getevinced.github.io/mcag/about.
R. R. Sedik and A. D. E. Romadhony, “Information Extraction from Indonesian Crime News with Named Entity Recognition,” 15th Int. Conf. Knowl. Smart Technol. KST 2023, pp. 1–5, 2023, doi: 10.1109/KST57286.2023.10086789.
M. S. Hossain, N. Nayla, and A. A. Rassel, “Product Market Demand Analysis Using Nlp in Banglish Text With Sentiment Analysis and Named Entity Recognition,” 2022 56th Annu. Conf. Inf. Sci. Syst. CISS 2022, pp. 166–171, 2022, doi: 10.1109/CISS53076.2022.9751188.
M. Y. S. Dirgantara, M. A. Fauzi, and R. S. Perdana, “Penerapan Named Entity Recognition Untuk Mengenali Fitur Produk Pada Ecommerce Menggunakan Rule Template Dan Naive Bayes …,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 10, pp. 3912–3920, 2018, [Online]. Available: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/273/.
M. R. Haque, S. Akter Lima, and S. Z. Mishu, “Performance Analysis of Different Neural Networks for Sentiment Analysis on IMDb Movie Reviews,” 3rd Int. Conf. Electr. Comput. Telecommun. Eng. ICECTE 2019, pp. 161–164, 2019, doi: 10.1109/ICECTE48615.2019.9303573.
S. Gunathilaka and N. De Silva, “Aspect-based Sentiment Analysis on Mobile Application Reviews,” 22nd Int. Conf. Adv. ICT Emerg. Reg. ICTer 2022, pp. 183–188, 2022, doi: 10.1109/ICTer58063.2022.10024070.
A. Sri Widagdo, A. Ardiansyah, K. N. Qodri, F. E. Nugroho, and N. A. Rizky, “Analisis Sentimen Mobil Listrik di Indonesia Menggunakan Long-Short Term Memory (LSTM),” J. Fasilkom, vol. 13, no. 3, pp. 416–423, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i3.6303.
A. A. N. A. Nugraha and I. B. M. Mahendra, “ Implementasi Long-Short Term Memory (LSTM) pada Klasifikasi Kategori Berita,” JELIKU (Jurnal Elektron. Ilmu Komput. Udayana), vol. 12, no. 3, pp. 563–568, 2023, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/JLK/article/view/92566.
Yudi Widhiyasana, Transmissia Semiawan, Ilham Gibran Achmad Mudzakir, and Muhammad Randi Noor, “Penerapan Convolutional Long Short-Term Memory untuk Klasifikasi Teks Berita Bahasa Indonesia,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 10, no. 4, pp. 354–361, 2021, doi: 10.22146/jnteti.v10i4.2438.
A. Cardova and A. Hermawan, “Implementasi Metode LSTM Untuk Mengklasifikasi Berita Palsu Pada PolitiFact,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 3, pp. 471–479, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i3.6175.
R. A. Sunan, H. F. E. K., and C. S. K. Aditya, “Klasifikasi Hoax Berita Politik Menggunakan Algoritma Long Short-Term Memory (LSTM) dengan Penambahan Fitur Embedding Global Vector (GloVe),” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 10, no. 2, p. 287, 2024, doi: 10.26418/jp.v10i2.76042.
I. Dwijayanti, M. Habibi, K. Kusumaningtyas, and S. Riyadi, “Tweets Classification of Mental Health Disorder in Indonesia Using LDA and Cosine Similarity,” Telemat. J. Inform. dan Teknol. Inf., vol. 21, no. 1, pp. 41–54, 2024, doi: 10.31515/telematika.v21i1.10725.
B. Zaman, E. Hariyanti, and E. Purwanti, “Sistem Deteksi Bahasa pada Dokumen menggunakan N-Gram,” J. Multinetics, vol. 1, no. 2, p. 21, 2015, doi: 10.32722/vol1.no2.2015.pp21-26.
Copyright (c) 2024 Irmma Dwijayanti, Alfirna Rizqi Lahitani, Kartikadyota Kusumaningtyas, Muhammad Habibi (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

