Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Reservasi Gym untuk Efektivitas Pengalaman Pengguna
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat dan kebugaran fisik meningkat pesat, terutama di kalangan generasi muda. Meskipun hampir 49% masyarakat Indonesia aktif berpartisipasi dalam kegiatan kebugaran di pusat Gym & Fitness, mereka masih menghadapi berbagai kendala dalam mengakses informasi mengenai lokasi gym yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Melihat permasalahan ini, sangat diperlukan sebuah solusi yang dapat secara efektif memfasilitasi pengguna dalam mencari, memesan, dan mengakses pusat kebugaran dengan cara yang jauh lebih mudah dan praktis, sehingga mereka dapat menemukan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka tanpa harus mengalami kesulitan atau hambatan yang sering kali mengganggu rutinitas olahraga mereka.Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut melalui pengembangan platform digital berbasis website untuk reservasi gym, dengan menerapkan metode Design Thinking. Metode ini dipilih karena fokusnya yang berpusat pada pengguna, memungkinkan pengembangan solusi yang memenuhi harapan dan kebutuhan mereka. Metode ini dirancang untuk memahami kebutuhan pengguna dan memberikan akses informasi yang lebih mudah mengenai fasilitas, tarif, dan opsi reservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa platform yang dikembangkan efektif dalam memenuhi kebutuhan pengguna, dengan tingkat kepuasan rata-rata 4.2 dari 5, yang menunjukkan pengalaman pengguna yang baik.
Downloads
References
K. Ni and B. Gym, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pusat Kebugaran “Ni’ Baroe Gym”,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 7, no. 2, pp. 59–68, 2014, doi: 10.35968/jsi.v7i2.448.
A. J. Hadi, D. Cahyono, D. Mahendika, and K. L. AMAK, “Membangun Komunitas yang Lebih Sehat: Meningkatkan Akses ke Layanan Kesehatan, Nutrisi, Kebugaran Terhadap Kesehatan Mental,” J. Pengabdi. West Sci., vol. 2, no. 05, pp. 345–353, 2023, doi: 10.58812/jpws.v2i5.374.
M. Ridwan and Z. Halim, “Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Fitness Gym Berbasis Website Menggunakan Codeigniter,” Media Online), vol. 4, no. 1, pp. 601–609, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1039.
S. Syamsiah, “Jurnal Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan,” J. Sipatokkong BPSDM Sulawesi Selatan, vol. 1, no. 2, pp. 137–142, 2020.
F. M. Veronica and N. F. Najwa, “Perancangan Design UI / UX pada Website Mactiv dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 14, no. 1, pp. 50–58, 2024.
M. Hamdandi, R. Chandra, F. Bachtiar, N. Lais, D. A. Sastika, and M. R. Pribadi, “Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511, 2022.
A. Maniek, A. Triayudi, and A. Rubhasy, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Rancang Aplikasi Penanganan Laporan Pencurian Barang Berharga Di Polsek Sukmajaya,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 6, no. 2, pp. 267–276, 2021, doi: 10.29100/jipi.v6i2.2026.
S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
R. C. Randy and D. Hamdani, “Penerapan Design Thinking dalam Pengembangan Antarmuka Pengguna Website Keuangan di CV. XYZ,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. x, No. x, no. x, pp. 1–9, 2017.
M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193
Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, N. Heryana, A. Voutama, and Siska, “Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 02, pp. 121–131, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i02.5265.
A. R. Pradana and M. Idris, “Implentasi User Experince Pada Perancangan User Interface Mobile E-learning Dengan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center),” Pros. Autom., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2021.
A. Nurudin et al., “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Rifqitenda Untuk Meningkatkan Kemudahan Dalam Fitur Persewaan Wedding Decoration,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 4, pp. 901–910, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i4.5354.
Copyright (c) 2024 Aji Lukito, Eko Darmanto, Yudie Irawan (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

