Pengembangan Layanan Konseling Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Berbasis Expert System
Abstract
Di era society 5.0 banyak hal yang harus disesuaikan karena kondisi masyarakat sekarang yang cenderung menggunakan media berbasis internet seperti laptop, smartphone dan tablet. Hal ini menuntut para penyedia layanan harus menyesuaikan diri dengan kondisi masyarakat saat ini. Berbagai layanan di berbagai bidang telah dilakukan migrasi dari pola manual ke digital. Salah satu layanan yang dimiliki oleh Fakultas Ushuluddin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang yaitu laboratorium yang salah satu divisinya adalah FUHUM Therapy Center (FTC). FTC memberikan layanan kepada mahasiswa yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan mental. Kegiatan ini sudah berjalan dengan cara konvensional, yaitu mahasiswa datang langsung ke FTC. Melalui penelitian ini, dikembangkan sistem informasi layanan konseling memanfaatkan Expert System yang menjadi salah satu cabang dari Artificial Intelligence. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Waterfall dengan membangun sistem berbasis web. Asesmen menggunakan skala DASS-21 yang merupakan standar penilaian singkat yang terdiri dari 21 item untuk mendeteksi 3 tipe gangguan kesehatan mental yaitu depression (depresi), anxiety (kecemasan) dan stress (stres). Output dari sistem ini memberikan rekomendasi terapi mandiri atau bertemu konselor yang didasarkan klasifikasi gangguan kesehatan mental mahasiswa. Dari hasil percobaan kepada 18 mahasiswa, ditemukan 4 orang (22,2%) dalam kondisi normal, 1 orang (5,6%) mengalami gangguan ringan, 6 orang (33,3%) gangguan sedang, 6 orang (33,3%) gangguan berat dan 1 orang (5,6%) mengalami gangguan sangat berat. Penggunaan sistem ini diharapkakan mampu berkontribusi sebagai dasar pengambilan keputusan untuk merancang program-program strategis yang menunjang perkuliahan dan peningkatan layanan akademik dan kemahasiswan.
Downloads
References
J. M. Sari dan E. Purwanta, “The Implementation of Artificial Intelligence in STEM-Based Creative Learning in the Society 5.0 Era,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 6, no. 2, hal. 433–440, 2021, doi: 10.24042/tadris.v6i2.10135.
A. Rahmadhani, F. Fauziah, dan A. Aningsih, “Sistem Pakar Deteksi Dini Kesehatan Mental Menggunakan Metode Dempster-Shafer,” Sisfotenika, vol. 10, no. 1, hal. 37, 2020, doi: 10.30700/jst.v10i1.747.
R. E. Putri, “Implementasi Expert System Diagnosa Penyakit Hipertensi Menggunakan Metode Dempster Shafer,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 9, no. 2, hal. 1557–1567, 2022, doi: 10.35957/jatisi.v9i2.2100.
K. Maulika Azuri dan L. Hapsari Andayani, “Pengaruh edukasi tentang teledentistry terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa fakultas kedokteran gigi (Laporan Penelitian),” J. Kedokt. Gigi Terpadu, vol. 4, no. 2, hal. 70–73, 2022, doi: 10.25105/jkgt.v4i2.15554.
A. A. Al-Hajji, F. M. Alsubaibani, dan N. S. Alharbi, “An Online Expert System for Psychiatric Diagnosis,” Int. J. Artif. Intell. Appl., vol. 10, no. 2, hal. 59–76, 2019, doi: 10.5121/ijaia.2019.10206.
R. Tsabita dan M. S. Sugandi, “Analisis Kesenjangan Kepuasan dalam Pemanfaatan Situs Layanan Kesehatan di Indonesia,” J. Ilmu Komun., vol. 19, no. 3, hal. 321, 2022, doi: 10.31315/jik.v19i3.4228.
B. Kelana, A. Riskinanto, dan M. Nasyiah, “Kepercayaan Generasi Z Dalam Menerima Sistem Informasi Kesehatan Mental di Indonesia,” J. SISKOM-KB (Sistem Komput. dan Kecerdasan Buatan), vol. 6, no. 2, hal. 154–159, 2023, doi: 10.47970/siskom-kb.v6i2.372.
S. Khalizah, Ilka Zurfia, dan Armansyah, “Penerapan Metode Forward Chaining Dan Dempster-Shafer Pada Sistem Pakar Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Mental,” J. Fasilkom, vol. 14, no. 1, hal. 176–185, 2024, doi: 10.37859/jf.v14i1.6942.
M. M.-J. J. of I. Education dan undefined 2024, “Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) dalam Mengembangkan Sistem Pelayanan Bimbingan Konseling Berbasis,” jurnal.stit-buntetpesantren.ac.idM MajdiJIECO J. Islam. Educ. Couns. 2024•jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id, Diakses: 7 Oktober 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.stit-buntetpesantren.ac.id/index.php/jieco/article/view/458
H. K. Aroral, “Waterfall Process Operations in the Fast-paced World: Project Management Exploratory Analysis,” Int. J. Appl. Bus. Manag. Stud., vol. 6, no. 1, hal. 3–5, 2021.
H. Kurniawan, W. Apriliah, I. Kurnia, dan D. Firmansyah, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pada Smk Bina Karya Karawang,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 14, no. 4, hal. 13–23, 2021, doi: 10.35969/interkom.v14i4.78.
F. Sarasati, “Perancangan E-Bakul Pada Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki Berbasis Website,” J. Fasilkom, vol. 11, no. 1, hal. 32–42, 2021, doi: 10.37859/jf.v11i1.2287.
R. Farta Wijaya dan R. Budi Utomo, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Masjid Berbasis Web,” Media Online, vol. 3, no. 5, hal. 563–571, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://djournals.com/klik
N. Hidayati, “Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan,” Gener. J., vol. 3, no. 1, hal. 1–10, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/12642
K. A. Zarkasi dkk., “Levels of Depression, Anxiety, and Stress Measured by DASS-21 and their Associated Factors in a Rural Village of Ranau District, Sabah, Malaysia,” Acta Med. Philipp., vol. 56, no. 7, hal. 49–57, 2022, doi: 10.47895/amp.vi0.2524.
A. M. Yohannes, S. Dryden, dan N. A. Hanania, “Validity and Responsiveness of the Depression Anxiety Stress Scales-21 (DASS-21) in COPD,” Chest, vol. 155, no. 6, hal. 1166–1177, 2019, doi: 10.1016/j.chest.2018.12.010.
C. Zhang dan Y. Lu, “Study on artificial intelligence: The state of the art and future prospects,” J. Ind. Inf. Integr., vol. 23, no. March, hal. 100224, 2021, doi: 10.1016/j.jii.2021.100224.
“Depression Anxiety Stress Scales (DASS),” Psychology Foundation of Australia. Diakses: 9 Oktober 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www2.psy.unsw.edu.au/groups/dass/down.htm
Y. T. Chen, S. Liou, dan L. F. Chen, “The Relationships among Gender, Cognitive Styles, Learning Strategies, and Learning Performance in the Flipped Classroom,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 35, no. 4–5, hal. 395–403, 2019, doi: 10.1080/10447318.2018.1543082.
Copyright (c) 2024 Ahmad Fathoni, Manggala Putra Sahalana, Zakiah Nur Azizah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

