Optimasi Penjualan Oleh-oleh Sumbar Menggunakan Analisa Diferensial dan Strategi E-Business D-CRM

  • Aldo Eko Syaputra Universitas Adzkia
  • Yomei Hendra Universitas Adzkia
  • Ainil Mardiah Universitas Adzkia
Keywords: Analisa Diferensial, CRM, Oleh-oleh, Penjualan, Keputusan

Abstract

UMKM Sanjai Tek Gadih, merupakan salah satu pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia, menghadapi dan mempertahankan keberlangsungan bisnisnya merupakan tantangan besar dalam perkembangan pasar. Dinamika purchase interest konsumen dan kebutuhan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan menjadi faktor kunci yang mempengaruhi kesuksesan jangka panjang UMKM ini. Dalasm menghadapi tantangan tersebut, inovasi dan adopsi teknologi menjadi sangat penting. Aplikasi analisis diferensial dan D-CRM dirancang untuk memberikan solusi komprehensif dalam mengatasi dinamika ini. Adopsi teknologi ini juga dapat membantu UMKM mengoptimalkan strategi pemasaran, meningkatkan kualitas layanan, dan membuat keputusan bisnis yang lebih tepat berdasarkan data yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan performa UMKM Sanjai Tek Gadih melalui, pengidentifikasian faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika minat beli konsumen terhadap produk UMKM tersebut. Merancang dan Mengembangkan sebuah aplikasi dengan mengadopsi dua pendekatan yakni analisa diferensial dan DCRM, dimana analisa diferensial dimaksudkan untuk memberikan keputusan, sedangkan DCRM dimaksudkan untuk memudahkan pelanggan dalam berinteraksi dengan UMKM ini. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, analisis dokumen yang ada, serta studi literatur sebagai landasan teori. Serta menggunakan metode pengembangan sistem Waterfall meliputi analysis, design, coding, dan testing. Penelitian ini memiliki urgensi yang tinggi mengingat pentingnya pemahaman mendalam tentang dinamika purchase interest dan hubungan pelanggan untuk mempertahankan keberlanjutan UMKM di tengah persaingan pasar yang ketat. Dengan solusi teknologi yang tepat, UMKM Sanjai Tek Gadih dapat lebih adaptif terhadap perubahan pasar dan mampu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. E. K. Ningrum, P. Rahmadhani, and I. Irna, “Analisis Biaya Differensial dalam Pengambilan Keputusan Membeli atau Membuat Sendiri pada Toko Nayra Pekanbaru,” Res. Account. J., vol. 1, no. 1, pp. 89–96, 2020.

S. N. Syaqinah, H. Hermawan, and D. Retnowati, “Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan pada CV Dywantara Karyatama,” J. EMA, vol. 7, no. 2, p. 116, 2022, doi: 10.47335/ema.v7i2.297.

M. Arfiani, Rismadi, D. M. Sari, and S. E. Azwar, “Analisis Biaya Diferensial Untuk Pengambilan Keputusan Membeli atau Memproduksi Pakan Ternak pada UD Nouza Tani Aceh Tenggara,” J. Ilm. Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 83–94, 2022.

A. Saptahanil, S. Mohezar, S. A. Sule, and R. Abdullah, “MENERAPKAN KONSEP PENGAMBILAN KEPUTUSAN TAKTIS BERBAGAI SITUASI BISNIS : MEMBUAT SENDIRI ATAU MEMBELI ‘KALENG’ PADA PT. WAKA MURNI,” AT-TARIIZ J. Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2024.

T. Setiani and S. I. Warmayo, “Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Memproduksi Sendiri Bahan Baku Pada Pt. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Tahun 2018-2019,” J. Akunt., vol. 14, no. 1, pp. 79–90, 2021.

S. L. Siahaya and Hasmawati, “Analisis Differential Cost sebagai Keputusan Taktis dalam Menerima atau Menolak Pesanan Khusus (Studi Kasus pada UMKM Alvine di Kota Ambon),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 13, no. 2, 2024.

M. Diva, I. Risnaningsih, and T. A. P. S. Putra, “Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Memproduksi Sendiri Atau Membeli Produk Jadi Untuk Meningkatkan Laba Pada Koperasi Akar Wangi Usar Kabupaten Garut Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan e-ISSN : 2809-8862 Memproduksi,” J. Ekon. Kop. Kewirausahaan, vol. 14, no. 5, 2023.

S. Wahyuliningtyas, N. R. Ratih, and M. Kusummaningarti, “Implementasi Differential Cost Dan Opportunity Cost Dalam Pengambilan Keputusan Membuat Sendiri Atau Membeli,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 2, no. 2, pp. 152–163, 2023, doi: 10.24034/jiaku.v2i2.5789.

I. Maulana, R. A. Putri, N. R. Sania, S. Nurfajriah, and A. Putri, “Analisis Biaya Diferensial Terhadap Keputusan Memproduksi Sendiri Atau Membeli Dari Luar Pada UKM XYZ,” Karimah Tauhid, vol. 3, pp. 8727–8742, 2023.

S. Najah and Purnamawati, “Analisis Biaya Diferensial Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Membuat Sendiri Serta Menjual Langsung Atau Mengolah Lebih Lanjut Produk Terasi Pada UD. Sumber Jaya Di Desa Klampis,” J. Kaji. Ilmu Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 137–144, 2023.

H. Andi, “Rancang Bangun E-Crm Dengan Pendekatan Framework of Dynamic Berbasis Web,” J. Portal Data, vol. 3, no. 2, pp. 1–15, 2021, [Online]. Available: http://portaldata.org/index.php/portaldata/article/view/25

I Gusti Lanang Agung Raditya Putra and Sephy Lavianto, “Analisa E-Crm Pada Pt Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Dengan Kerangka Kerja Dynamic Crm,” Smart Techno (Smart Technol. Informatics Technopreneurship), vol. 1, no. 2, pp. 70–76, 2020, doi: 10.59356/smart-techno.v1i2.11.

A. D. Septian, “Penerapan E-Crm Pada Reservasi Restoran Randu Resto,” J. Ilmu Data, vol. 3, no. 1, pp. 1–17, 2023, [Online]. Available: http://ilmudata.org/index.php/ilmudata/article/view/305%0Ahttp://ilmudata.org/index.php/ilmudata/article/download/305/291

N. N. Adiati and H. Irawan, “Mengembangkan E-Crm Dengan Metode Framework of Dynamic Dalam Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan Sma Negeri 1 Ciwaru Developing E-Crm With the Framework of Dynamic Method in Improving Library Services 1 Ciwaru Senior,” SENAFTI (Seminar Nas. Mhs. Fak. Teknol. Informasi), vol. 2, no. April, pp. 726–734, 2023.

Dumadi, E. Supratin, and I. D. Mulyani, “Pengaruh Informasi Akuntansi Diferensial Terhadap Pengambilan Keputusan Manajer (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Kabupaten Brebes),” J. Account. Financ., vol. 1, no. 1, pp. 13–22, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jacfin/article/view/309

D. Paranti, D. D. Kurniawati, M. Y. R. Pandin, and S. Riyadi, “Analisis Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan untuk Menerima atau Menolak Pesanan Khusus,” El-Mujtama J. Pengabdi. Masyarakat , vol. 4, no. 3, pp. 231–241, 2024, doi: 10.47467/elmujtama.v4i3.1367.

W. A. Purnomo, “Penerapan Model E-CRM (Costumer Relationship Management) Pada Perancangan Website,” J. SIMTIKA, vol. 3, no. 1, pp. 13–18, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/view/69%0Ahttps://ejournal.undhari.ac.id/index.php/simtika/article/download/69/41

I. Hiswara, A. A. Efendy, and H. Jethro, “Penerapan E-Crm Dalam Perancangan Sistem Informasi Ekspedisi Barang Pada Pt. Cahaya Cemerlang,” Jris J. Rekayasa Inf. Swadharma, vol. 3, no. 2, pp. 22–29, 2023, doi: 10.56486/jris.vol3no2.320.

M. K. Lestari, B. Efendi, and E. Saputra, “PENERAPAN E-CRM DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PELANGGAN PADA RUMAH JAMUR SILAU LAUT,” Concept Commun., vol. 1, no. 23, pp. 301–316, 2019, doi: 10.15797/concom.2019..23.009.

W. M. Kifti, A. Muhazir, R. Rohminatin, and A. Fauzi, “Penerapan Layanan E-Crm Pada My Ponsel Kisaran,” J. Sci. Soc. Res., vol. 6, no. 1, p. 72, 2023, doi: 10.54314/jssr.v6i1.1174.

A. E. Syaputra, “Akumulasi Metode Monte Carlo dalam Memperkirakan Tingkat Penjualan Keripik Sanjai,” J. Inform. Ekon. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 209–216, 2023, doi: 10.37034/infeb.v5i1.222.

A. E. Syaputra and Y. S. Eirlangga, “Akumulasi dan Prediksi Tingkat Penjualan Minuman dengan Menerapkan Metode Monte Carlo,” J. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 3, pp. 148–153, 2022, doi: 10.37034/jidt.v5i1.225.

A. E. Syaputra and Y. S. Eirlangga, “Implentasi Metode Simple Additive Weighting dalam Memberikan Rekomendasi Smartphone Terbaik Kepada Pelanggan,” J. Sistim Inf. dan Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 103–109, 2023, doi: 10.37034/jsisfotek.v5i1.215.

A. P. Juledi et al., Panduan Belajar HTML, CSS, dan JavaScript, Cetakan I,., vol. 1, no. 69. Indonesia: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023. [Online]. Available: http://dinkes.sulselprov.go.id/page/download

M. Toriq, A. E. Syaputra, and Y. S. Eirlangga, “Model Simulasi untuk Memperkirakan Tingkat Penjualan Garam Menggunakan Metode Monte Carlo,” J. Inf. dan Teknol., vol. 4, no. 4, pp. 242–246, 2022, doi: 10.37034/jidt.v4i4.244.

A. E. Syaputra, “Implementasi Metode SAW dalam Menunjang Pengambilan Keputusan Penerimaan Tenaga Kependidikan Baru,” J. Sist. Inf. DAN Teknol. Inf., vol. 12, no. 1, pp. 65–76, 2023, doi: 10.36774/jusiti.v12i1.1280.

Published
2024-12-06
Abstract views: 120 , PDF downloads: 71