Sistem Informasi Pemesanan Toko Hanza Florist Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Aplikasi Mobile
Abstract
Hanza Florist adalah sebuah usaha bunga yang terletak di kota Medan. Didirikan pada awal tahun 2023, Hanza Florist telah menjadi salah satu usaha bunga yang sedang berkembang,menawarkan berbagai jenis buket bunga,banner dan papan ucapan bunga untuk berbagai acara dan keperluan. Penelitian ini dibuat untuk membuat sistem pemesanan toko hanza florist berbasis mobile dengan penerapan customer relationship management (CRM).Tujuannya adalah untuk menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan visibilitas data bisnis. Penerapan CRM pada aplikasi ini terdapat pada fitur chatting dan customer service. Sistem informasi pesanan dengan penerapan CRM berbasis aplikasi mobile dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas,menyatukan hubungan yang berkepanjangan bagi perusahaan dan pelanggan. Melalui pengembangan sistem informasi ini, diharapkan Hanza Florist dapat lebih fokus pada pertumbuhan dan pengem-bangan bisnisnya. Dengan menggunakan metode research and development (R&D) dan metode pengebangan menggunakan waterfall. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah dapat mempermudah toko hanza dalam meningkatkan efesiensi,dan mempermudah pelanggan dalam pemesanaan.
Downloads
References
Y. O. Siallagan, N. F. Saragih, and J. M. Hutapea, “Implementasi Customer Relationship Management(Crm) Pada Toko Roti Ganda Berbasis Web,” Method. J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 6–13, 2020, doi:
46880/mtk.v6i1.247.
E. Sabila and A. Pratomo, “Analisis Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Analysis of the Influence of the Development of Information and Communication Technology on Economic Growth in Indonesia,” Talenta, vol. 6, no. 1, pp. 64–69, 2023, [Online]. Available: https://talentaconfseries.usu.ac.id/lwsa
L. P. Arista and Y. S. Nugroho, “Sistem Informasi Pencatatan Transaksi Penjualan Dan Pembelian Produk Berbasis Website Di Toko Sembako Putrasena Sukoharjo,” J. Inform. Polinema, vol. 9, no. 4, pp. 397–404, 2023, doi: 10.33795/jip.v9i4.1347.
R. Aini Sachira, R. Amanda Putri, and A. Muliani Harahap, “Implementasi Customer Relationship Management (Crm) Dalam Sistem Informasi Manajemen Berbasis Web Pada Toko Raja Aluminium,” Simtek J. Sist. Inf. dan Tek. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 22–31, 2024, doi: 10.51876/simtek.v9i1.365.
S. Monalisa, “Rancang Bangun Sistem Informasi Catering Berbasis Customer Relationship Management Pada Ria Catering,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 145, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.7511.
T. Azra, R. Umri, and A. M. Harahap, “Sistem Informasi Pemesanan Nita Wedding Organizer Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Web,” vol. 4307, no. May, pp. 573–580, 2024.
A. H. Izzati and D. A. Dermawan, “Pengembangan Sistem Informasi Penjualan Buket Berbasis Website Menggunakan Metode CRM ( Customer Relationship Management ),” Ejournal Unesa, pp. 1–10, 2023.
M. S. Wulandari and R. Noveandini, “Penerapan Metode Costumer Relationship Management Pada Fitur Sistem Penjualan Produk Kecantikan Berbasis Web (Studi Kasus: Toko Id.Maskmask),” J. JTIK (Jurnal Teknol. Inf. dan Komunikasi), vol. 7, no. 1, pp. 160–171, 2023, doi:
35870/jtik.v7i1.679.
Y. Suhari, A. P. Utomo, I. Nugroho, and R. A. Pradana, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Herbal (Studi Kasus : Stokis Herbal HNI Cabang Semarang),” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 6, no. 2, pp. 1163–1169, 2023, doi: 10.31539/intecoms.v6i2.7085.
B. Bernardi, A. Wahyudi, R. A. Praptiwi, and D. Alita, “Implementasi Sistem Pendaftaran Pengajuan Pinjaman Dana dan Simulasi Kredit Nasabah dengan Penerapan CRM ( Customer Relationship Management ) pada PT NSC Finance Implementation of a Registration System for Loan Funds and Customer Credit Simulation with the Implementation of CRM ( Customer Relationship Management ) at PT NSC Finance,” vol. 3, no. 1, pp. 48–53, 2024, doi: 10.14710/jtk.v3i1.46259.
Triase, L. A. Manurung, and R. A. Atsil, “Aplikasi Survei Kepuasan Peserta Diklat Berbasis Mobile Untuk
Meningkatkan Pelayanan Diklat,” J. Indones. Manaj. Inform. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 1320–1331, 2024, doi: 10.35870/jimik.v5i2.670.
R. Api, “Perancangan REST API Untuk Pengembangan Sistem SPBE di Desa Tembok,” vol. 5, no. 1, pp. 177185,
A. Hajizah, “Penerapan User Experience Dalam Permodelan Sistem Informasi Keuangan,” J. Inf. Technol. Softw. Eng. Comput. Sci., vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2024.
A. Dwiki et al., “Redesain Website Pemerintah dengan
Pengembangan Menggunakan Kerangka Kerja ASP.NET dan fitur Razor Pages,” J. Ilmu Tek., vol. 1, no. 2, pp. 50–63, 2023.
Monicha Ayu Maulani and Sukaris, “Penerapan Crm (Customer Relationship Management) Pada Mitra Kelompok Tani Pt. Permana Sidat Indonesia,” J. Akuntansi, Ekon. dan Manaj. Bisnis, vol. 1, no. 3, pp. 17–24, 2021, doi: 10.55606/jaem.v1i3.3.
Y. S. Hardiana and T. D. Pramono, “Penerapan CRM Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan,” Appl. Bus. Adm. J., vol. 1, no. 2, pp. 1–9, 2022
Copyright (c) 2024 Liza Alzahra (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

