Analisa Dampak Penggunaan Chat Generative Pre-Training Transformer (GPT) Dilingkungan Universitas Hang Tuah Pekanbaru Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM)
Abstract
Penggunaan teknologi Chat Generative Pre-Training Transformer (ChatGPT) dilingkungan pendidikan menjadi perhatian yang semakin meningkat. Dengan kemampuannya, ChatGPT dapat membantu dalam tugas maupun pekerjaan sehari – hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dampak penggunaan ChatGPT di Universitas Hang Tuah Pekanbaru dengan menerapkan pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). TAM (Technology Acceptance Model) digunakan untuk prediksi penerimaan dari sistem pengguna, yang dirancang untuk melakukan prediksi bukan deskripsi. Pendekatan kuantitatif diterapkan pada riset ini dengan menerapkan software IBM SPSS Statistics versi 21 untuk pengujian deskriptif dan software SmartPLS 3.0 untuk pengujian hipotesis, melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah 96 sampel yang terdiri dari mahasiswa 86 orang dan dosen 10 orang di Universitas Hang Tuah Pekanbaru. menunjukkan hasil bahwa variabel PEOU memiliki jumlah persen sebesar 80,2% dengan kategori baik, variabel PU memiliki jumlah persen sebesar 74,3% dengan kategori baik, variabel ATU memiliki jumlah persen 75,5% dengan kategori baik, variabel BITU memiliki jumlah persen 51,3% dengan kategori sedang dan variabel ASU memiliki jumlah persen 58% dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan hasil analisa dampak penggunaan ChatGPT menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) menunjukkan hasil sangat baik dan baik yang artinya dampak penggunaan ChatGPT memiliki dampak positif.
Downloads
References
E. S. Priowirjanto et al., “Sosialisasi Mengenai Aspek Hukum Dari Penggunaan Chatgpt Dalam Dunia Pendidikan Di Smk Al-Wafa Kabupaten Bandung,” Kabuyutan, vol. 2, no. 2, pp. 92–99, 2023, doi: 10.61296/kabuyutan.v2i2.161.
F. Asadi, “Studi Literatur Regulasi dan Etika Artificial Intelligence (AI) dalam Kebijakan Kedokteran Presisi (Precision Medicine),” J. FASILKOM, vol. 14, no. 1, pp. 59–65, Apr. 2024, doi: 10.37859/jf.v14i1.6836.
S. Amalia, T. Karomatan, and W. I. Ridwan, “Pengaruh Penggunaan Chat Gpt Sebagai Content Creation Dalam Membangun Persepsi Konsumen Terhadap Strategi Pemasaran Umkm,” J. Ilm. Publika, vol. 11, no. 2, p. 525, 2023, doi: 10.33603/publika.v11i2.8856.
J. Randa Liling and S. Anas Aklani, “Analysis of ChatGPT Usage to Support Student Lecture Assignments,” J. FASILKOM, vol. 13, no. 3, pp. 599–604, Dec. 2023, doi: 10.37859/jf.v13i3.6254.
Rahayu Sukma Izzati Dasian and Desriyeni Desriyeni, “Penerimaan Teknologi ChatGPT Di Kalangan Mahasiswa: Studi Deskriptif Model TAM Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Padang,” J. Student Res., vol. 2, no. 2, pp. 178–201, 2024, doi: 10.55606/jsr.v2i2.2847.
S. Mulyono, W. A. Syafei, and R. Kusumaningrum, “Analisa Tingkat Penerimaan Pengguna Terhadap Aplikasi SIMPUS dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” JOINS (Journal Inf. Syst., vol. 5, no. 1, pp. 147–155, 2020, doi: 10.33633/joins.v5i1.3277.
A. Rahmawati, D. Novita, and I. Pradesan, “Perancangan Kuesioner Analisis Penerimaan E-Tax Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM),” MDP Student Conf., pp. 512–517, 2022.
M. M. Ali, T. Hariyati, M. Y. Pratiwi, and S. Afifah, “Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian,” Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2022.
N. F. Amin, S. Garancang, and K. Abunawas, “Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian,” J. Pilar, vol. 14, no. 1, pp. 15–31, 2023.
Suttrisno, “Analisis dampak pembelajaran daring terhadap motivasi delajar siswa mi muhammadiyah 5 surabaya,” J. Ris. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/348380-analisis-dampak-pembelajaran-daring-terh-a55d7ef7.pdf
R. N. Amalia, R. S. Dianingati, and E. Annisaa’, “Pengaruh Jumlah Responden terhadap Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi,” Generics J. Res. Pharm., vol. 2, no. 1, pp. 9–15, 2022, doi: 10.14710/genres.v2i1.12271.
R. T. Prasetio, “Analisa Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Google Task di Lingkungan Akademik Menggunakan Metode TAM,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 65–74, 2020, doi: 10.51977/jti.v2i1.202.
I. Ernawati, “Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server,” Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 204–210, 2017, doi: 10.21831/elinvo.v2i2.17315.
Y. Yuritanto, “Determinasi Iklim Komunikasi, Kompetensi, Dan Disiplinkerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Distrik Navigasi Kelas I Tanjungpinang, Melalui Kepuasan Kerjasebagai Intervening,” J. Competency Bus., vol. 4, no. 1, pp. 17–30, 2020, doi: 10.47200/jcob.v4i1.678.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.