Analisis User Experience Aplikasi McDonald’s Dengan Menggunakan Metode User Experience Questionnaire
DOI:
https://doi.org/10.37859/jf.v14i1.6939
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan melakukan analisis terhadap pengalaman pengguna (user experience) pada aplikasi McDonald's. Penelitian ini menggunakan metode User Experience Questionnaire dimana peneliti melakukan survei dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat secara daring dengan menggunakan media google form yang berisi instrumen pertanyaan mengenai pengalaman pengguna dan juga observasi dengan mengamati ulasan aplikasi McDonald’s pada Appstore dan Playstore. Untuk mengetahui populasi pada pengguna aplikasi McDonald's sehingga digunakan rumus Lemeshow dengan disimpulkan bahwa sempel yang akan digunakan minimal berjumlah 96 responden. Hasil pengukuran User Experience pada aplikasi McDonald’s memiliki kategori yang negatif pada semua kategori variabel dari Daya Tarik, Kejelasan, Efisiensi, Ketepatan, Stimulasi, dan juga Kebaruan memiliki skor nilai kurang dari 0,8. Aplikasi McDonald's mendapatkan nilai skor yang negatif dalam memberikan pengalaman pengguna dengan aspek daya tarik dengan nilai -0,76, kualitas pragmatis dengan nilai -0,85 dan kualitas hedonis dengan nilai -0,85. Berdasarkan hasil analisis tersebut pengguna tidak merasakan kualitas pengalaman penguna yang memotivasi dan fungsionalitas, oleh karena itu aplikasi McDonald’s perlu melakukan analisis mendalam terhadap setiap kategori evaluasi dan identifikasi akar penyebab masalah pada aplikasi McDonald’s. serta melakukan kesesuaian pada pengguna, mendengarkan saran pengguna dan sampaikan recana perbaikan kedepannya agar lebih relevan dan bermanfaat bagi para pengguna.
Downloads
References
Firmansyah, A., Provinsi, P., Selatan, S., Demang Lebar, J. L., & No, D. (n.d.). KAJIAN KENDALA IMPLEMENTASI E-COMMERCE DI INDONESIA KAJIAN KENDALA IMPLEMENTASI E-COMMERCE DI INDONESIA * Overview of Implementation Constraints of E-Commerce in Indonesia
Shafa, 1adinda, Risnanti, Q., Fauzan, 2ahmad, & Firmansyah, 3ricky. (2023). PENGARUH PLATFORM ONLINE FOOD DELIVERY (OFD) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA. Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya Jl. Internasional No.1-Antapani, 5(1), 1–12.
Nanda, M., Riszky, F., & Nurhidayat, A. I. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Pesan Antar Makanan Cepat Saji Berbasis Website (Studi Kasus : M2M Indonesia Cabang Sidoarjo). In Jurnal Manajemen Informatika (Vol. 8). www.m2mindonesia.com
Rut, Dea Monica dan, U. C. (n.d.). Peningkatan Kualitas Pelayanan Aplikasi Mcdonald’s Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Quality Function Deployment (QFD).
Geaselas, Y. M., Wijaya, A., Apriyanti, S., Tanuhariono, V. R., Andry, F., Fernandes Andry, J., Informasi, S., Teknologi, F., Desain, D., Mulia, B., Utara, J., & Id, Y. A. (n.d.). Optimasi Pengalaman Pengguna Pendekatan Ilmiah Mengukur Kualitas Aplikasi Shopee dengan Metode Webqual 4.0.
Sosial Humaniora Terapan Jurnal Sosial Humaniora Terapan, J., & PELANGGAN KEPUASAN PELANGGAN Ngurah Rangga Wiwesa, K. (2021). USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN. In Jurnal Sosial Humaniora Terapan (Vol. 3, Issue 2).
Joo, H. (2017). A Study on Understanding of UI and UX, and Understanding of Design According to User Interface Change. In International Journal of Applied Engineering Research (Vol. 12). http://www.ripublication.com
Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., Aditama, P. W., & Tahalea, S. P. (2021). Analisis Sistem Informasi Eksekutif Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Natural Science and Engineering, 5(1), 25–29. https://doi.org/10.23887/ijnse.v5i1.29289
Haerani, E., & Rahmatulloh, A. (2021). Analisis User Experience Aplikasi Peduli Lindungi untuk Menunjang Proses Bisnis Berkelanjutan. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 7(2), 01–10. https://doi.org/10.33372/stn.v7i1.762
Rauschenberger, M., Schrepp, M., Perez-Cota, M., Olschner, S., & Thomaschewski, J. (2013). Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products. How to use the User Experience Questionnaire (UEQ).Example: Spanish Language Version. International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 2(1), 39. https://doi.org/10.9781/ijimai.2013.215
Rasio Henim, S., & Perdana Sari, R. (2020). Jurnal Politeknik Caltex Riau Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire. In Jurnal Komputer Terapan (Vol. 6, Issue 1). https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/
Farisi, A., & Wicaksana, M. (2022). Analisis Kualitas Pengalaman Pengguna Sistem Pengelola Jurnal Menggunakan Metode User Experience Questionnaire. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(3), 2016–2026. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i3.3328
Widya Nugroho, A. (2023). Analisis User Experience Pada Website Sistem Informasi Tugas Akhir (SITA) Mahasiswa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 7, Issue 1).
Nur Fadilah Amin. (n.d.). KONSEP UMUM POPULASI DAN SAMPEL DALAM PENELITIAN.
Ramadhan, M. G., Oktadini, N. R., Putra, P., Sevtiyuni, P. E., & Meiriza, A. (2023). Analysis of User Experience on the MyPertamina Application using User Experience Questionnaire Method. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 7(2), 176–186. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i2.10467
Gede Ngurah Kerta Sanjaya Arya Jelantik, S., Putu Satwika, I., Nyoman Yudi Anggara, I., Sistem Informasi, J., Primakara, S., Teknik Informatika, J., & Tukad Badung No, J. (n.d.). Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (Arya Jelantik) Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). www.siska.primakara.
Santoso, H. B., Schrepp, M., & Kartono, R. Y. (2016). Measuring User Experience of the Student-Centered e-Learning Environment (Vol. 13). http://sumi.ucc.ie/
Fiqri Widiyantoro, M., Ridwan, T., Heryana, N., & Voutama, A. (n.d.). Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.










_(1).png)



