Analisis Pengaruh Chat-bot dengan Fitur Pengenalan Suara pada Situs Web Perjalanan di Kota Batam
Abstract
Teknologi pada masa sekarang yang sudah maju tidak memungkinkan semua orang untuk tidak bepergian ke seluruh dunia baik itu jauh maupun dekat. Travel di masa sekarang sudah sangat membantu semua orang yang berkeinginan melakukan perjalanan jauh karena semua serba praktis melalui online. Artificial intelligence pada masa sekarang sudah mulai di kenal oleh orang banyak, pada dasarnya AI merupakan suatu pengetahuan yang dimana komputer dapat meniru kecerdasan manusia dan salah satu produk diantara nya adalah chat-bot. Dalam industri tentu membutuhkan support pelayanan yang siap bersedia dalam 24/7 tentu ini menjadi masalah jika terjadi sesuatu yang mendesak dalam menhadapi pelayanan online sehingga chat-bot adalah salah satu solusi yang palih ampuh, akan tetapi salah satu masalah utama apabila chat-bot juga masih mengandalkan user asli untuk menghadapi masalah pelayanan 24/7 juga akan tidak terlalu efektif dan juga tidak semua chat-bot memiliki fitur pengenalan suara yang dapat mengoptimalkan penyampaian informasi lebih cepat. sehingga peneliti bertujuan untuk menguji pengaruh chat-bot dengan fitur pengenalan suara pada website perjalanan di kota batam dengan menggunakan metode agile sebagai metode pengembangan dan menggunakan algoritma hidden markov model dan juga recurrent neural network. Kemudian menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan kuesioner untuk mendapatkan respon pengguna chat-bot yang dikembangkan. Hasil dari data yang didapatkan respon positif dalam pengujian menyatakan bahwa pengguna website travel di sarankan untuk menggunakan chat-bot sebagai sumber informasi. Dari sini bisa disimpulkan bahwa website yang menerapkan chat-bot dengan sistem speech recognition lebih diminati pengguna dikarenakan mudah untuk mendapatkan akses informasi tertentu untuk membantu pengguna mengambil keputusan yang tepat.
Downloads
References
I. Heliany, “Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0,” Destin. J. Hosp. dan Pariwisata, vol. 1, no. 1, pp. 21–35, 2019, doi: 10.31334/jd.v1i1.551.
K. Perencanaan et al., “Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia,” J. Perenc. Pembang. Indones. J. Dev. Plan., vol. 4, no. 2, pp. 240–252, 2020, doi: 10.36574/jpp.v4i2.118.
T. Herawati, H. Setyawan, and F. Syah, “Strategi Pemasaran Hotel Kollektiv Bandung Pada Masa Pandemi Covid-19,” EPIGRAM (e-journal), vol. 19, no. 1, pp. 90–97, 2022, doi: 10.32722/epi.v19i1.4329.
R. Pillai and B. Sivathanu, “Adoption of AI-based chatbots for hospitality and tourism,” Int. J. Contemp. Hosp. Manag., vol. 32, no. 10, pp. 3199–3226, Oct. 2020, doi: 10.1108/IJCHM-04-2020-0259.
N. Sripriya, S. Poornima, S. Mohanavalli, R. Pooja Bhaiya, and V. Nikita, “Speech-Based Virtual Travel Assistant for Visually Impaired,” 4th Int. Conf. Comput. Commun. Signal Process. ICCCSP 2020, 2020, doi: 10.1109/ICCCSP49186.2020.9315217.
S. Melián-González, D. Gutiérrez-Taño, and J. Bulchand-Gidumal, “Predicting the intentions to use chatbots for travel and tourism,” Curr. Issues Tour., vol. 24, no. 2, pp. 192–210, 2021, doi: 10.1080/13683500.2019.1706457.
B. Mor, S. Garhwal, and A. Kumar, “A Systematic Review of Hidden Markov Models and Their Applications,” Arch. Comput. Methods Eng., vol. 28, no. 3, pp. 1429–1448, 2021, doi: 10.1007/s11831-020-09422-4.
V. Tsap, N. Shakhovska, and I. Sokolovskyi, “The developing of the system for automatic audio to text conversion,” CEUR Workshop Proc., vol. 2917, pp. 75–84, 2021.
Y. A. Pratama and T. Kristiana, “Design of Cloud-Based Chatbot Application At Pt. Traveloka Singapore Using the Agile Method,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 19, no. 1, pp. 19–26, 2023, doi: 10.33480/pilar.v19i1.3055.
Muhammad Fiqri Widiyantoro, Taufik Ridwan, N. Heryana, A. Voutama, and Siska, “Perancangan UI/UX Prototype Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 02, pp. 121–131, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i02.5265.
Copyright (c) 2023 Yefta Christian, Tony Wibowo, Agus Yanto (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.