Pengembangan Game Sebagai Media Pengenalan Hewan Dengan Metode Game Development Life Cycle Menggunakan Construct 2

  • Intan Cahya Universitas Teknokrat Indonesia
  • Qadhli Jafar Adrian Universitas Teknokrat Indonesia
Keywords: Game Edukasi, Game Development Life Cycle, Construct 2

Abstract

Di dunia yang semakin digital ini, integrasi teknologi ke dalam lingkungan pendidikan menjadi komponen yang semakin penting dalam proses mencetak generasi masa depan. Melalui penggunaan video game edukasi, salah satu cara yang paling efektif untuk menggabungkan pendidikan dan teknologi dapat ditemukan. Oleh karena itu, game telah menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan berbagai konsep yang berbeda. Penelitian ini berfokus pada pengembangan video game edukasi sebagai sarana untuk pengenalan hewan melalui penggunaan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan menggunakan perangkat lunak Construct 2. Construct 2 dipilih karena mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula maupun guru yang tidak memiliki keahlian teknis di bidangnya. Metode penelitian ini mengikuti siklus R&D, yang mencakup observasi dan studi literatur yang ada. Hal ini disebut sebagai pendekatan desentralisasi R&D. GDLC digunakan sebagai panduan dalam pengembangan video game, dengan tahapan-tahapan yang meliputi inisiasi, pra-produksi, produksi, jaminan kualitas, serta pengujian dan evaluasi. Menurut temuan penelitian, game pengenalan hewan yang dikembangkan menggunakan Construct 2 dan GDLC menerima umpan balik positif dari dua puluh orang yang berpartisipasi dalam survei. Hasil survei menunjukkan bahwa game ini memiliki tingkat akseptabilitas yang tinggi dan diberi skor SUS sebesar 82,25, yang menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-23
Abstract views: 133 , PDF downloads: 77