Pengembangan Game Sebagai Media Pengenalan Hewan Dengan Metode Game Development Life Cycle Menggunakan Construct 2
Abstract
Di dunia yang semakin digital ini, integrasi teknologi ke dalam lingkungan pendidikan menjadi komponen yang semakin penting dalam proses mencetak generasi masa depan. Melalui penggunaan video game edukasi, salah satu cara yang paling efektif untuk menggabungkan pendidikan dan teknologi dapat ditemukan. Oleh karena itu, game telah menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan berbagai konsep yang berbeda. Penelitian ini berfokus pada pengembangan video game edukasi sebagai sarana untuk pengenalan hewan melalui penggunaan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan menggunakan perangkat lunak Construct 2. Construct 2 dipilih karena mudah digunakan, sehingga cocok untuk pemula maupun guru yang tidak memiliki keahlian teknis di bidangnya. Metode penelitian ini mengikuti siklus R&D, yang mencakup observasi dan studi literatur yang ada. Hal ini disebut sebagai pendekatan desentralisasi R&D. GDLC digunakan sebagai panduan dalam pengembangan video game, dengan tahapan-tahapan yang meliputi inisiasi, pra-produksi, produksi, jaminan kualitas, serta pengujian dan evaluasi. Menurut temuan penelitian, game pengenalan hewan yang dikembangkan menggunakan Construct 2 dan GDLC menerima umpan balik positif dari dua puluh orang yang berpartisipasi dalam survei. Hasil survei menunjukkan bahwa game ini memiliki tingkat akseptabilitas yang tinggi dan diberi skor SUS sebesar 82,25, yang menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi.
Downloads
Copyright (c) 2023 Intan Cahya, Qadhli Jafar Adrian (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.