Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process untuk Menentukan Model Learning Management System
Abstract
Covid-19 memberikan berbagai dampak pada banyak aspek kehidupan, sektor pendidikan dan pelatihan juga ter dampak wabah pandemi ini. Akibatnya, sistem pembelajaran berubah secara total yang tadinya proses pembelarajan dilakukan di kelas secara tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh yang membutuhkan teknologi untuk mengimplementasikanya, yaitu menggunakan pembelajaran elektronik. Sistem Manajemen Pembelajaran atau LMS merupakan sistem manajemen yang dibuat untuk mendukung dan memfasilitasi proses pembelajaran jarak jauh. Dibutuhkan perancangan model yang dibuat sesuai dengan kebutuhan agar proses pembelajaran dan pelatihan berjalan dengan baik. Untuk menangani hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan untuk menentukan model Sistem Manajemen Pembelajaran atau LMS yang dapat memenuhi kebutuhan yang ada. Analytical Hierarchy Process (AHP) ialah salah satu metode sistem pengambilan keputusan yang dapat digunakan sebagai pemecah masalah dalam pengambilan keputusan penentuan dari model yang akan digunakan pada Sistem Manajemen Pembelajaran atau LMS. Sebagai pertimbangan, terdapat 9 (sembilan) kriteria yang akan digunakan untuk menentukan model yang paling sesuai, yaitu: accessibility (C1), usability (C2), compatibility (C3), learnability (C4), sustainability (C5), portability (C6), security (C7), multilingual (C8), dan user satisfaction (C9). Setelah dilakukannya pengukuran pada sembilan kriteria, dilanjutkan dengan penentuan bobot kriteria dan dilakukan perhitungan pada ketiga alternatif yaitu LMS A, LMS B dan LMS C dan akan didapat LMS mana yang paling sesuai dengan kebutuhan yang ada. Dari hasil perhitungan menghasilkan nilai akhir LMS A sebesar 0,212, LMS B sebesar 0,315, dan LMS C sebesar 0,473. Dengan hasil akhir yang sudah didapatkan dari masing-masing bobot akhir kriteria menggunakan metode AHP maka model yang paling sesuai dengan kebutuhan yang ada ialah model LMS C.
Downloads
References
P. P. Hariani and S. N. Y. Wastuti, “Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19,” Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, vol. 3, no. 1, pp. 41–49, Jul. 2020, doi: 10.30596/bibliocouns.v3i2.4656.
A. Abadi, “PENGEMBANGAN MODUL E-LEARNING BERBASIS WEB DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA IKIP BUDI UTOMO MALANG,” JURNAL EDUKASI: KAJIAN ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 2, pp. 1–15, Jun. 2020, doi: 10.51836/je.v4i2.92.
P. Astuti and F. Febrian, “BLENDED LEARNING: STUDI EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN KONTEN E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI,” Jurnal Tatsqif, vol. 17, no. 1, pp. 104–119, Aug. 2019, doi: 10.20414/jtq.v17i1.972.
J. Khatib Sulaiman, D. Guswandi, F. Hadi, and U. Putra Indonesia YPTK Padang, “Penentuan Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana Menggunakan Simple Additive Weighting (SAW),” Indonesian Journal of Computer Science Attribution-ShareAlike, vol. 4, no. 2, 2019.
T. Limbong et al., Sistem Pendukung Keputusan : Metode & Implementasi, 1st ed. 2020.
M. Marbun and B. Sinaga, BUKU AJAR SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE TOPSIS. CV. Rudang Mayang, 2019.
D. Akhiyar, I. A. Wisky, and R. Rahim, “Penerapan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process) dalam Pemilihan Bibit Unggul Buah Pepaya Menggunakan Bahasa Pemograman PHP dan Database MySql,” Jurnal KomtekInfo, vol. 5, no. 2, pp. 17–27, Dec. 2018, doi: 10.35134/komtekinfo.v5i2.19.
M. Brunelli, Introduction to the Analytic Hierarchy Process. Cham: Springer International Publishing, 2015. doi: 10.1007/978-3-319-12502-2.
S. Ramadhani, P. Studi, T. Rekayasa, P. Lunak, P. Pertanian, and N. Samarinda, “Model Penentuan Learning Management System dengan Analytical Hierarchy Process,” 2021. [Online]. Available: http://123ahp.com/
F. I. Maulana, “Konsep AHP (Analytical Hierarchy Process),” Binus.ac.id, 2021. https://binus.ac.id/malang/2021/06/konsep-ahp-analytical-hierarchy-process/#:~:text=Prosedur%20AHP,Comparative%20Judgement%2C%20dan%20Logical%20Concistency (accessed Jun. 29, 2023).
D. Guswandi, H. Syahputra, A. Ramadhanu, Y. Wiyandra, and S. Wahyuni, “Analytical Hierarchy Process in The Assessment of The Best Teacher In the Category of Learning Activity Management System,” Jurnal KomtekInfo, pp. 249–254, Dec. 2021, doi: 10.35134/komtekinfo.v8i4.191.
F. Frieyadie and S. M. Ramadhan, “Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 662–667, Sep. 2018, doi: 10.29207/resti.v2i3.396.
S. Siyoto and M. A. Sodik, DASAR METODOLOGI PENELITIAN, 1st ed. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.
R. W. D. Paramita, N. Rizal, and R. B. Sulistyan, Metode Penelitian Kuantitatif, 3rd ed. Widya Gama Press, 2021.
B. Jhonson and L. Christensen, Educational Research : Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches, 5th ed. SAGE, 2014.
A. M. Yusuf, Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan, 1st ed. Kencana, 2014.
U. Sidiq and M. M. Choiri, Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, 1st ed. Cv. Nata Karya, 2019.
S. Sasmoko, “NEURORESEARCH: BENTUK LAIN DARI METODE CAMPURAN,” Nov. 02, 2020. https://research.binus.ac.id/edutech/2020/11/neuroresearch-bentuk-lain-dari-metode-campuran/#:~:text=Metode%20campuran%20merupakan%20pendekatan%20penelitian,asumsi%20dan%20juga%20penyelidikan%20metode (accessed Jun. 29, 2023).
E. Rosiska, “Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dalam Menentukan Mitra Usaha Berprestasi,” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 479–485, Jun. 2018, doi: 10.29207/resti.v2i2.419.
Dodi Guswandi, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BATANG TARUSAN,” Majalah Ilmiah UPI YPTK, pp. 74–87, Jun. 2018, doi: 10.35134/jmi.v25i1.10.
M. Sequeira, P. Hilletofth, and A. Adlemo, “AHP-based support tools for initial screening of manufacturing reshoring decisions,” Journal of Global Operations and Strategic Sourcing, vol. 14, no. 3, pp. 502–527, Sep. 2021, doi: 10.1108/JGOSS-07-2020-0037.
Copyright (c) 2023 Yulia Rizki Anjani, Rahayu Ningsih, Ahmad Jurnaidi Wahidin, Tiska Pattiasina (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.