Pendukung Keputusan dalam Penentuan Prioritas Sistem Informasi dengan Metode Weighted Product pada Pusintek

  • Maya Asmita Universitas Budi Luhur
  • Henny Universitas Budi Luhur
  • Gandung Triyono Universitas Budi Luhur
Keywords: pendukung keputusan, prioritas, sistem informasi, aplikasi, weighted product

Abstract

Sebagai pengelola sistem informasi di lingkungan Kementerian Keuangan, Pusintek harus mampu menjaga kelangsungan layanan sistem informasi agar tetap berjalan secara optimal. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan menentukan prioritas sistem informasi yang bertujuan untuk memetakan sistem layanan informasi yang ada dimana akan digunakan sebagai prioritas dalam penanganan gangguan maupun bencana di data center. Selama ini proses penentuan prioritas sistem informasi masih dilakukan secara manual sehingga akan membutuhkan waktu lebih lama dan hasil yang diperoleh kurang akurat. Tujuan penelitian ini adalah melakukan penentuan rangking dari masing-masing sistem informasi untuk selanjutnya ditempatkan pada masing-masing area prioritas sehingga dapat membantu manajemen sebagai pendukung keputusan untuk proses penanganan gangguan sistem informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Weighted Product dengan hasil yang diperoleh berupa urutan rating atau rangking dari masing-masing sistem informasi. Penghitungan ini dapat memberikan hasil yang akurat sehingga memudahkan Pusintek dalam pengelolaan sistem informasi yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Tri Hariyanti, D. Jean Cross Sihombing, and A. Wirapraja, “PEMANFAATAN PROSES PADA KERANGKA ITILv3 DALAM MENYEDIAKAN MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI,” J. Eksek. , vol. 15, no. 2, pp. 388–403, 2018.

J. J. P. I Gede Iwan Sudipa, Suyono, O. Agus Trihandoyo, Alfry Aristo Jansen Sinlae, R. H. Putra Barus, Najirah Umar, Phie Chyan, D. Saputra, Tatan Sukwika, Satriawaty Mallu, T. Pratama, Kurnia Yahya, Akrim Teguh Suseno, and S. A. Susilowati, Sistem Pendukung Keputusan. 2016.

N. Sari, A. F. Boy, S. Kom, M. Kom, and G. Syahputra, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Prioritas Pendistribusian Obat Menggunakan Metode Weight Product (WP) Pada PT. Kimia Farma Trading Dan DistributionCabang Medan,” J. CyberTech, vol. x. No.x, no. x, 2019, [Online]. Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/

R. Relita Buaton, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Pengembangan Industri Kecil Menengah Dengan Metode Weighted Product,” Maj. Ilm. INTI, vol. 3, no. 2, pp. 269–274, 2014.

B. Sembiring and S. Sulindawaty, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kualitas Tempe Siap Jual Dengan Metode Weight Product,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 158–162, 2020, doi: 10.32672/jnkti.v3i2.2382.

Y. Perwira, “Penentuan Peringkat Pelanggan Terbaik Dengan Metode Weighted Product (Studi Kasus Pt.Asia Raya Foundry),” J. Mantik Penusa, vol. 3, no. 1, pp. 138–147, 2019.

S. Suhada, T. Hidayatulloh, and S. Fatimah, “Penerapan Fuzzy MADM Model Weighted Product dalam Pengambilan Keputusan Kelayakan Penerimaan Kredit di BPR Nusamba Sukaraja ( The Application of Fuzzy MADM Model Weighted Product in Decisions Support of Credit Worthiness in the BPR Nusamba Sukaraja ),” e-ISSN : 2579-9801, vol. VI, pp. 61–71, 2018, [Online]. Available: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JUITA/article/view/2517

D. Fransiska et al., “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN E-COMMERCE,” vol. 10, no. 1, 2023.

I. N. Sweta, “Perancangan Sistem Penentuan Objek Wisata di Bali Masa Pandemi COVID-19 dengan Metode Weighted Product yang Dimodifikasi,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 20, no. 2, pp. 367–378, 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1122.

A. Halim and S. Siswanto, “Penerapan Algoritma Weighted Product Untuk Menentukan Pekerja Outsourcing Terbaik Di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.,” Skanika, vol. 1, no. 3, pp. 1251–1258, 2018, [Online]. Available: http://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/SKANIKA/article/view/2555

Published
2023-08-17
Abstract views: 89 , PDF downloads: 89