Perencanaan Strategis SITI PT. Nirmala Orion Persada dengan Metode Ward and Peppard

  • Muhammad Iqbal Syaputra Universitas Muhammadiyah Riau
  • Edo Arribe Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aryanto Universitas Muhammadiyah Riau
Keywords: PT. Nirmala Orion Persada, accurate, Ward and Peppard, Value Chain, PEST, SWOT, Mcfarlan Strategic Grid, blueprint.

Abstract

PT. Nirmala Orion Persada adalah sebuah perusahaan yang terletak di Kota Pekanbaru yang bergerak pada bidang distribusi sembako. Penerapan SI/TI pada PT. Nirmala Orion Persada masih terbilang kurang memadai. Saat ini PT. Nirmala Orion Persada hanya masih menggunakancara konvensional dalam menjalankan proses bisnisnya. Hanya bagian administrasi yang meggunakan sebuah sistem informasi bernama accurate yang digunakan untuk membantu proses akuntansi. Beberapa proses bisnis krusial masih dijalankan dengan cara manual yang salah satunya pada proses penerimaan permintaan barang, PT. Nirmala Orion Persada masih gunakan dengan pesan teks yang dikirimkan oleh pelanggan yang ingin membeli barang kepada salesman yang menawarkan barang ke mereka. Hal ini menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam proses penerimaan permintaan dan kesulitan dalam mengelola data pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan framework Ward and Peppard yang diawali dengan pengumpulan data, analisa Value Chain, analisa SWOT, kemudian mejelaskan faktor faktor yang mempengaruhi dalam lingkungan yang dilakukan dengan Analisa PEST, setelah itu dilakukan analisa Mcfarlan StrategicGrid untuk mengetahui strategi aplikasi masa depan yang akan diterapkan pada PT. Nirmala Orion Persada.Output dari penelitian yang kami lakukan ini adalah blueprint yang kemudian akan diterapkan pada SI/TI di PT. Nirmala Orion Persada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus, F.W., Vincentius, D.R.D., 2020. PERENCANAAN STRATEGIS SI/TI PADA DOCUMENT MANAGEMENT MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD (STUDI KASUS: PT. VISIONET DATA INTERNATIONAL), 2(1), pp.22-43.

Suparman, H.L., Hapzi, A., 2022. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Model: Enterprice Architecture, Ward and Peppard, 1(1), pp.53-60.

Muhammad, K.P., Teddie, D., 2016. Perencanaan Strategis Teknologi Informasi Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Rokan Hilir Menggunakan Framework Ward and Peppard, 2(1), pp.8-13.

Budi, P., Sarjono., 2022. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Ward and Peppard Pada LPMP Provinsi Jambi, 7(1), pp.28-39

Brian, F.H., Andeka, R.T., 2021. Perencanaan Strategis Pada Sistem Informasi dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard, 3(2), pp.155-163.

Kevin, N., Yani, R., 2022. Perencanaan Strategis SI/TI Menggunakan Metode Ward and Peppard Pada PT. XYZ Kota Tangerang, 9(2), pp. 1482-1491.

Firdaus, R. Al Amien, J. 2021. Implementasi Perencanaan Strategis SI/TI Pada PT. Prima Teknologi, 3(2), pp. 352-364.

Daniant, E.P., Agustinus, F.W., 2020. Implementasi Perencanaan Strategis SI/TI Pada PT. Prima Teknologi, 10(3), pp.177-188.

Utin, K., 2019. Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Menunjang Proses Bisnis Perusahaan, pp.137-145.

Wiyono, A., Wijaya, A.F., 2020. PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk WITEL SEMARANG MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD, 2(1), pp. 23-32.

Published
2023-05-14
Abstract views: 306 , pdf downloads: 205