Perancangan Aplikasi Inventory Barang Dengan QR Code Berbasis Android Pada Minimarket

  • Eko Kurniawanto Putra Institut Teknologi Padang
  • Qoryatul Dea Prilia Primayani Institut Teknologi Padang
Keywords: QR Code, Database, Inventory, Android, Web

Abstract

Minimarket adalah toko yang menjual segala macam barang dan kebutuhan sehari-hari, minimarket menerapkan sistem swalayan, di mana pembeli mengambil sendiri barang yang di butuhkan lalu melakukan pembayaran di kasir. Penelitian ini dilakukan untuk membuat aplikasi Scanner QR Code berbasis Android untuk melakukan input persediaan barang dengan mudah dan praktis. Aplikasi ini dikembangkan memiliki dua fitur yaitu fitur yang dijalankan melalui komputer untuk proses pendataan barang dan fitur kedua adalah melalui perangkat android yang digunakan untuk scan barcode barang dan mengirimkan data ke aplikasi yang ada pada komputer. Hasil dari aplikasi yang telah dibuat dapat melakukan cek data stok barang dan penambahan barang dari gudang serta dapat memindai barcode dengan menggunakan kamera yang terdapat pada mobile device untuk melakukan penambahan barang dan juga dapat melakukan pencatatan jumlah stok barang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fathansyah, “Basis Data”. Informatika, Bandung (2012).
Heroza, Rahmat Izwan, and Miftahul Jannah. "Pengembangan Sistem Absensi Menggunakan QR Code Reader Berbasis Android” (2017).
Irawan, C. (2011). Sistem Informasi Inventory Voucer Dan Simcard Pada Pt Indosat Tbk Semarang. Techno.COM. https://doi.org/10.1089/jayao.2012.0016
Jogiyanto, Hartono Mustakini. "Sistem teknologi informasi." Andi. Yogyakarta (2005).
Novari, S. (2013). Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Barang Pada Amik Akmi Baturaja. Journal Informaika, Vol.13, No.2.
Nugraha, M.P., and Rinaldi Munir. “QR Code Generator Application Development and QR Code Reader on the Form Data Image. (2011).
Pratama, Ivan. “Pengembangan Aplikasi Fitness Center” (2016).
Ristono A., Manajemen Persediaan, Graha Ilmu (D.I Yogyakarta), 2009.
Sutabri,Tata. 2012. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Offset.
Syafii, Muhammad. "Panduan Membuat Aplikasi Database dengan PHP 5." Andi Offset, Yogyakarta (2005).
Published
2022-12-30
Abstract views: 955 , PDF downloads: 923