Rancang Bangun Sistem Informasi Training Online Berbasis Web (Studi Kasus: Upt Lab. Komputer STMIK Prabumulih)

Rancang Bangun Sistem Informasi Training Online Berbasis Web (Studi Kasus: Upt Lab. Komputer STMIK Prabumulih)

  • Khana Wijaya Khana STMIK Prabumulih
  • Muchlis Universitas Prabumulih
  • Alpina Damayanti Universitas Prabumulih
Keywords: Aplikasi, web, training, UPT Lab. Komputer, STMIK Prabumulih

Abstract

Lembaga kursus yang ada pada Upt Lab. Komputer STMIK Prabumulih adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam jasa training (kursus) komputer, yang diselenggarakan secara tatap muka, dimana pusat training STMIK Prabumulih menyediakan tempat serta sarana dan prasarana untuk menyelenggarakan training secara tatap muka. training adalah usaha pengembangan keterampilan mahasiswa yang dilakukan oleh UPT Lab Komputer untuk mencapai standar tertentu khususnya di bidang pemrograman. Aplikasi adalah perangkat lunak yang menggabungkan beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna. Perkembangan internet dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dari sisi pengguna aktifnya. Setiap orang tentu mengakses internet dengan menggunakan berbagai perangkat, mulai dari desktop, mobile, hingga tablet. Dan website adalah salah satu media yang paling sering untuk diakses dan digunakan dalam mencari berbagai informasi dan sarana komunikasi. Web adalah kumpulan halaman dalam suatu domain yang memuat tentang berbagai informasi agar dapat dibaca dan dilihat oleh pengguna internet melalui sebuah mesin pencari. Informasi yang dapat dimuat dalam sebuah website umumnya berisi mengenai konten gambar, ilustrasi, video, dan teks untuk berbagai macam kepentingan. Oleh karena itu, dibutuhkannya sebuah aplikasi berbasis web training online yang dapat digunakan untuk megakses media pembelajaran secara online dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Meskipun pembelajaran dilakukan secara online, masih ada biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta untuk membeli paket training dan mengakses media pembelajaran secara online. Dengan dirancangnya sistem informasi training online ini maka akan dapat membantu instruktur dalam memberikan materi kepada peserta, sehingga peserta dan instruktur dapat dengan mudah melakukan interaksi jarak jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Azis, A., Zohrahayaty, & Mustofa, Y. (2019). Fundamental Pemrograman. Yogyakarta: Deepublish.
[2] Barbara, L. (2020). Systematic Review Dalam Kesehatan:Langkah Demi Langkah .Yogyakarta: Deepublish.
[3] Efendi, J., & Ibrahim, J. (2018). Metode Penelitian hukum: Normatif dan Empiris. Depok: Prenada Media.
[4] Elgamar. (2020). Buku Ajar Konsep Dasar Pemrograman Website Dengan PHP. Jawa Timur: Ahlimedia Book.
[5] Fadhallah. (2021). Wawancara. Jakarta: UNJ PRESS.
[6] Habibi , R., Putra, F., & Putri, I. (2020). Aplikasi Kehadiran Dosen Menggunakan PhP OOP. Kreatif.
[7] Habibi, R., & Sandi, K. (2020). Aplikasi Bank Sampah Istimewa Menggunakan Framework PHPCodeigniter dan DBMS MySQL. Kreatif.
[8] Harianto, K., Pratiwi, H., & Suhariyadi, Y. (2019). Sistem Momitoring Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
[9] Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
[10] Kusniyati, H., & Mursidigama, Y. (2015). Aplikasi Kursus Komputer Online Menggunakan PHP Pada Lembaga Kursus Komputer Yogz Course. Jurnal PETIR, Vol.8 No.2.
[11] Kusumawati, A., & Setiaji , H. (2019). Perancangan Antarmuka UII Training Center Berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping. Proceeding SINTAK, 978-602-8557-20-7.
[12] Manu, G. (2020). Aplikasi Monitoring Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Internal Perguruan Tinggi Menggunakan PhpMaker 2020. Bandung: Media Sains Indonesia.
[13] Muarie, M. (2015). Rancang Bangun Sistem Ujian Online Pada SMP Negeri 8 Sekayu. Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu, 28-40.
[14] Mubarok, A., & Handriyantini, E. (2021). Perancangan Aplikasi Online Course Menggunakan API Midtrans Sebagai Payment Gateway berbasis Android. Prosiding SISFOTEK, 2597-3584.
[15] Oetomo, H., & Mahargiono, P. (2020). E-Commerce Aplikasi PHP dan MySQL pada Bidang Manajemen: Program Studi S-1 Manajemen Tahun ajaran 2019/2020. Palembang: Penerbit Andi.
[16] Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2019). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.
Published
2023-01-02
Abstract views: 19 , PDF downloads: 12