Analisis Pentingnya Digitalisasi & Infrastruktur Teknologi Informasi Dalam Institusi Pemerintahan : E-Government

  • Nugraha Rachmatullah Program Studi Sistem Informasi UIN Raden Fatah
  • Fenny Purwani Program Studi Sistem Informasi UIN Raden Fatah
Keywords: E-Government, Digitalisasi, Teknologi Informasi

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dan digitalisasi untuk meningkatkan penyampaian layanan publik kepada warga dan perusahaan dikenal sebagai e-government. Tujuan dari artikel ini adalah menganalisis pentingnya transformasi digital dan infrastruktur teknologi informasi berupa e-government di institusi pemerintahan. Serta, penulis juga akan menjabarkan solusi yang menjadi rekomendasi. Metode yang digunakan dalam artikel ilmiah ini adalah kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa masih terdapat permasalahan yang dihadapi Indonesia dalam proses digitalisasi dan perkembangan infrastruktut teknologi informasi ini. Maka dari itu, dibutuhkan pemanfaatan dan peningkatan kualitas e-government yang lebih baik, sekaligus meratakan pembangunan digitalisasi ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] T. Nam, "Determining the Type of E-Government Use," Government Information Quarterly, vol. 31, no. 2, pp. 211-220, 2014.
[2] Pudjianto, B., Zo, H., Ciganek, A., and Rho, J.J, "Determinants of E-Government Assimilation in Indonesia: An Empirical Investigation Using Toe Framework," Asia Pasific Journal of Information Systems, vol. 21, no. 1, pp. 1-8, 2011.
[3] Deng, H., Karunasena, K., and Xu, W, "Evaluating the Performance of E-Government in Developing Countries," Internet Research, vol. 28, no. 1, pp. 169-190, 2018.
[4] Puspitasari, L., and Ishii, K., "Digital Divides and Mobile Internet in Indonesia: Impact of Smartphones," Telematics and Informatics, vol. 32, no. 2, pp. 472-483, 2016.
[5] Firmansyah, M., & Masrun, M, "Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif," Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, vol. 3, no. 2, pp. 156-159, 2021.
[6] The World’s Economic Forum (WEF), [Online]. Available: http://www.weforum.org/.
[7] L. &. P. E. P. Salsabila, "Establishing and Implementing Good Practices E-Government (A Case Study: e-Government
Published
2022-05-01
Abstract views: 1786 , PDF downloads: 2774