Aplikasi Web Administrasi Mutasi Kendaraan Keluar Daerah Dengan Model FAST

  • Marini ISB ATMA LUHUR
  • Sarwindah
  • Yurindra
Keywords: WebSite, Mutasi Model FAST, Sistem

Abstract

Administrasi Mutasi Kendaraan keluar adalah jenis layanan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat pemilik kendaraan. Mutasi kendaraan merupakan hal yang biasa terjadi. Mutasi motor selain fisik kendaraan yang biasanya berpindah lokasi sekaligus merupakan perpindahan lokasi pembayaran pajak kendaraan bermotor namun masih dalam wilayah hukum negara kesatuan republik indonesia antar propinsi. Dalam pelayanan ini sangat penting untuk diterapkan layanan yang berbasis teknologi supaya pelayanan administrasi lebih cepat dan efisien dan menghindari terjadinya penumupukan kertas serta pelayanannya akan baik dengan adanya layanan berbasis teknologi. Permasalahan yang sering terjadi mengenai admnistrasi mutasi kendaraan keluar ini identik sangat tidak efektif, menggunakan waktu yang sangat lama, menghidari terjadinya kecurangan dalam administrasi sehingga masyarakat sering menyerahkan kepungurusannya melalui jalur yang tidak resmi. Dengan permasalahan yang sering terjadi ini maka sangat dibutuhkan apilkasi yang berbasis web akan dirancang sebuah sistem aplikasi Web administrasi Mutasi Kendaraan Keluar Daerah. Model yang digunakan untuk merancang web aplikasi ini adalah model FAST. Dengan adanya Web aplikasi ini supaya mengatasi kelemahan dan kekurangan mengenai admnistrasi Mutasi kendaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] E. Prahasta, System Thingking & Pemodelan Sistem Dinamis. 2017.
[2] Mutakin, “Sistem Informasi Mutasi Keluar Disamsat Polda Sumsel Berbasis Multimedia,” 2018.
[3] Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),” Memahami Pengguna. UML (Unified Model. Lang,” Available: https://informatikamulawarman.files.wordpress.com/2011/10/01-jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011.pdf., vol. 6, 2011.
[4] A. Kadir, Pengenalan System Informasi. Jogyakarta: Penerbit Andi, 2015.
[5] Mk. I Gusti Ngurah Suryantara, SKom, Merancang Aplikasi dengan VB Net. Jakarta: PT Elek Media Komputindo, 2013.
[6] A. M.Sahabudin, Rose, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika, 2013.
[7] U. S. H. F, Pemodelan UML. 2017.
[8] T. Sutabri, Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
[9] O. Muhammad Muslihudin, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. 2017.
[10] J. Hutahean, Konsep Dasar Sistem Informasi. Jogyakarta: blogspot.co.id/2012/11/konsep-dasar-sistem-informasi.html, di browsing tgl 2 April 2017, 2017.
Published
2021-12-30
Abstract views: 70 , PDF downloads: 113