Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda

  • Andi Rustandi Mulawarman University
  • Rismayanti
Keywords: ADDIE, MEDIA PEMBELAJARAN, MATEMATIKA, OPERASI HITUNG ALJABAR

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development Implementation and Evaluation . Pada tahap analisis dilakukan studi literature dan studi lapangan, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 3 orang ahli validasi media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan.

Hasil Penelitian dan Pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Planning,Production, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literature dan angket yang dianalisis secara deskriptif oleh para  ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran desktop ini “Sangat Layak” untuk di  gunakan dengan persentase kelayakan 90%  dan presentase 91% oleh ahli materi dinyatakan “sangat layak”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Al-Munawwaroh, Rofiqah. 2019. Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Skripi S1 Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
[2] Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, konstruktif, dan prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
[3] Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
[4] As’ari, Abdur Rahman. dkk. 2017. Matematika SMP Kelas VII Semester I. Jakarta: Kemendikbud.
[5] Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[6] Budiningsih, Asri. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[7] Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[8] Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
[9] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta
[10] Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
[11] Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajran “Upaya Kreatif dalam mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Lombok: Holistica.
[12] Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Published
2021-08-26
Abstract views: 24821 , PDF downloads: 16488