Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development Implementation and Evaluation . Pada tahap analisis dilakukan studi literature dan studi lapangan, kemudian memproduksi media dengan membuat flowchart, dan storyboard, kemudian membuat media tersebut sesuai dengan desain yang telah dibuat. Tahap akhir ialah evaluasi dimana media divalidasi oleh guru mata pelajaran sebagai ahli materi dan 3 orang ahli validasi media untuk melihat kelayakan media serta membuat laporan.
Hasil Penelitian dan Pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE (Planning,Production, and Evaluation) dengan teknik pengumpulan data studi lapangan, studi literature dan angket yang dianalisis secara deskriptif oleh para ahli media dinyatakan bahwa media pembelajaran desktop ini “Sangat Layak” untuk di gunakan dengan persentase kelayakan 90% dan presentase 91% oleh ahli materi dinyatakan “sangat layak”.
Downloads
References
[2] Ariani, Niken dan Dany Haryanto. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, konstruktif, dan prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
[3] Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
[4] As’ari, Abdur Rahman. dkk. 2017. Matematika SMP Kelas VII Semester I. Jakarta: Kemendikbud.
[5] Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
[6] Budiningsih, Asri. 2012. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
[7] Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
[8] Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
[9] Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta
[10] Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
[11] Sutikno, Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajran “Upaya Kreatif dalam mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil”. Lombok: Holistica.
[12] Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.