PEMANFAATAN TEKNOLOGI SMS GATEWAY SISTEM ADMINISTRASI KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. RIAU ARGO PERKASA

  • Darmanta Sukrianto Amik Mahaputra Riau
Keywords: Administrasi, Sistem Informasi, SMS Gateway

Abstract

Administrasi Kendaraan adalah suatu alat bukti yang melekat pada suatu kendaraan  roda dua maumpun roda empat yang berisi nomor registrasi dan identifikasi kepemilikan suatu kendaraan bermotor yang terdiri dari Plat Kendaraan, STNK dan BPKB. PT. Riau Argo Perkasa bergerak dibidang penjualan kendaraan bermotor roda dua, setiap konsumen yang telah melakukan pembelian kendaraan akan diberikan kelengkapan Administrasi Kendaraan.  Sistem yang berjalan sekarang penyampaian informasi tentang pengambilan Adminstrasi Kendaraan hanya diberitahukan pada saat konsumen melakukan pembelian, maka akan menyulitkan konsumen dalam mengetahui  informasi tetapnya Administrasi Kendaraan tersebut sudah keluar dan dapat diambil. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem untuk memberikan informasi ke pada konsumen  mengenai pengamilan Administrasi Kendaraan  dengan memanfaatkan teknologi sistem informasi SMS Gateway menggunakan bahasa pemograman PHP sebagai pengolah data dan MySQL sebagai media penyimpanan secara elektronik. Metode perancangan aplikasi yang digunakan yaitu metode waterfall.  Berdasarkan hasil penelitian ini teknologi dengan SMS Gateway dapat memberikan informasi yang mudah dan realtime kepada konsumen untuk pengambilan Administrasi Kendaraan yang konsumen telah beli, sehingga tidak harus bolak balik menanyakan kepada pihak perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enjelita, E., & Oktarina, D. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Antrian Service Mobil Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 58–64.
Fandhilah, Pratmanto, D., & Fatakhudin, A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan Paket Pernikahan dan Preweding Berbasis Web. Software Engineering, 3(2), 68–76. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/2837/1845
Himmah, T. N., & Azisi, D. S. F. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Layanan Perpustakaan IAIN Tulungagung. BiBLIOTIKA, 3(2), 123–130. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika
Khaerunnisa, N., & Nofiyati. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Web syudi Kasus Desa Sidakangen Purbalingga. Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 25–32.
Maimunah, Singgih, S., & Supriyadi, A. (2017). Rancang Bangun Sistem SMS Gateway Sebagai Fasilitas Permohonan Cuti Karyawan. Cerita, 3(1), 36–48.
Nurmalasari, N., Anna, A., & Arissusandi, R. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Laporan Laba Rugi Berbasis Web Pada PT. United Tractors Pontianak. Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 6–14.
Ramdhani Nugraha, A., & Lestrian, D. (2019). Sistem Informasi Geografis Data Kependudukan di Kelurahan Panglayungan Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, 03(01), 81–90.
Simangunsong, A. (2018). Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Web. Jurnal Mantik Penusa, 2(1), 11–19. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/317
Published
2020-12-14
Abstract views: 25 , PDF downloads: 7