PENGENALAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA MAN 1 PAGAR ALAM BERBASIS ANDROID
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun Aplikasi Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada MAN 1 Pagar Alam Berbasis Android yang menarik minat siswa dalam belajar. Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional yang merepotkan pengajar sehingga memakan waktu yang lama dan membuat siswa menjadi bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Aplikasi Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dan Xampp sebagai software server ke database MySql. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Analisis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE), karena metode ini lebih mudah dipahami dan mempunyai tahapan pengembangan produk penelitian yang baik. Untuk mengukur tingkat minat siswa pada aplikasi digunakan instrumen tes yaitu expert review para ahli, field test atau uji alpha dan beta yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest untuk melihat tingkat pemahaman dan minat siswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi animasi pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).
Downloads
References
[2] Muslim, B. dkk, (2017), Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Ginjal Berbasis Web Menggunakan PHP & Mysql, Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 08, No.03, pp 116-122.
[3] Aminah, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Pada Smp Negeri 8 Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrik.
[4] Ruslan, A. (2016). Animasi Perkembangan & Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia.
[5] Putrawansyah, F. (2018). Multimedia Pembelajaran Simulasi Instalasi Sistem Operasi Windows Dan Software Pendukung Pada Mata Kuliah Praktikum Sistem Operasi Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. Jurnal Betrik, 70-83.
[6] Juanda, M. S., & N. H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Sejarah Kebudayaan Aceh Berbasis Android Studi Kasus Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh. Journal Of Informatics And Computer Science.
[7] Muslim, B. (2018). Analisis system informasi (SI) terintegrasi di Perguruan Tinggi (PT) (Studi Kasus: STT Pagaralam). Jurnal Teknologi Informasi MURA, Vol 10. Page 83-91.
[8] Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
[9] Aminah, S. (2018). Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada Smp Negeri 8 Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrik.
[10] Purnama, B. E, & Wawan, S. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 60- 67.
[11] Muslim, B. dkk. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Maintenance pada Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam, Indonesian Journal of Computer Science (IJCS). Vol. 6, No. 2, pp 125-135.
[12] Dra. Hj. Aminah, M. (2017). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
[13] Noor, A. (2016). Aplikasi Kisah 25 Nabi Dan Rasul Berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika.
[14] Gusmaliza, D. (2019). Perangkat Lunak Bantu Administrasi Keuangan Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam Dengan Php Dan Mysql. Jurnal Ilmiah Betrik.
[15] Muslim, B. dkk. (2019), Proposal of infrastructure information technology Frame work togaf for pagar alam town governance, Jurnal Teknologi Informasi Mura, Vol. 11 No.01, pp 20-28.
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.