PENGENALAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA MAN 1 PAGAR ALAM BERBASIS ANDROID

  • Buhori Muslim Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam
Keywords: Aplikasi, Pengenalan, Sejarah Kebudayaan Islam, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan merancang dan membangun Aplikasi Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada MAN 1 Pagar Alam Berbasis Android yang menarik minat siswa dalam belajar. Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran yang masih menggunakan media konvensional yang merepotkan pengajar sehingga memakan waktu yang lama dan membuat siswa menjadi bosan pada saat pembelajaran berlangsung. Aplikasi Pengenalan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6 dan Xampp sebagai software server ke database MySql. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem Analisis Design Development Implementation Evaluation (ADDIE), karena metode ini lebih mudah dipahami dan mempunyai tahapan pengembangan produk penelitian yang baik. Untuk mengukur tingkat minat siswa pada aplikasi digunakan instrumen tes yaitu expert review para ahli, field test atau uji alpha dan beta yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest untuk melihat tingkat pemahaman dan minat siswa sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi animasi pembelajaran mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Muslim, B. (2017). Pengantar Teknologi Informasi, 1st ed., Emy RF, Ed. Yogyakarta, Indonesia: Deepublish.
[2] Muslim, B. dkk, (2017), Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Ginjal Berbasis Web Menggunakan PHP & Mysql, Jurnal Ilmiah Betrik, Vol. 08, No.03, pp 116-122.
[3] Aminah, S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Pada Smp Negeri 8 Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrik.
[4] Ruslan, A. (2016). Animasi Perkembangan & Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia.
[5] Putrawansyah, F. (2018). Multimedia Pembelajaran Simulasi Instalasi Sistem Operasi Windows Dan Software Pendukung Pada Mata Kuliah Praktikum Sistem Operasi Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam. Jurnal Betrik, 70-83.
[6] Juanda, M. S., & N. H. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Sejarah Kebudayaan Aceh Berbasis Android Studi Kasus Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Aceh. Journal Of Informatics And Computer Science.
[7] Muslim, B. (2018). Analisis system informasi (SI) terintegrasi di Perguruan Tinggi (PT) (Studi Kasus: STT Pagaralam). Jurnal Teknologi Informasi MURA, Vol 10. Page 83-91.

[8] Sugiyono, P. D. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
[9] Aminah, S. (2018). Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada Smp Negeri 8 Pagaralam. Jurnal Ilmiah Betrik.
[10] Purnama, B. E, & Wawan, S. (2012). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Mata Kuliah Organisasi Komputer. Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 60- 67.
[11] Muslim, B. dkk. (2017). Aplikasi Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Maintenance pada Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam, Indonesian Journal of Computer Science (IJCS). Vol. 6, No. 2, pp 125-135.
[12] Dra. Hj. Aminah, M. (2017). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.
[13] Noor, A. (2016). Aplikasi Kisah 25 Nabi Dan Rasul Berbasis Android. Jurnal Sains & Informatika.
[14] Gusmaliza, D. (2019). Perangkat Lunak Bantu Administrasi Keuangan Sekolah Tinggi Teknologi Pagar Alam Dengan Php Dan Mysql. Jurnal Ilmiah Betrik.
[15] Muslim, B. dkk. (2019), Proposal of infrastructure information technology Frame work togaf for pagar alam town governance, Jurnal Teknologi Informasi Mura, Vol. 11 No.01, pp 20-28.
Published
2020-12-14
Abstract views: 46 , PDF downloads: 29