CARA PEMBUATAN E-BOOK (Electronic Book) DENGAN MEMANFAATKAN FITUR SIGIL Ver 0.9.4 FORMAT EPUB

  • Ahmad Indra Harahap STMIK CITRA MANDIRI PADANGSIDIMPUAN

Abstract

Perkembangan zaman di era serba teknologi sekarang banyak perubahan termasuk juga perubahan dalam membaca buku. Orang membaca dalam bentuk buku fisik dan juga ada yang membaca buku dalam bentuk digital e-book (Electronic Book) di komputer, laptop maupun di smartphone. Epub (electronic publication) merupakan salah satu format digital book yang merupakan format standardisasi bentuk, diperkenalkan oleh International Digital Publishing Forum(IDPF) pada Bulan Oktober Tahun 2011. Epub menggantikan peran Open eBook sebagai format buku terbuka. Epub terdiri atas file multimedia, html5, css, xhtml, xml yang dijadikan satu file dengan ekstensi .epub.

Epub merupakan salah satu format buku digital yang paling populer saat ini, sebagai format yang tidak mengacu kepada salah satu pengembang tertentu, Epub mempunyai beberapa kelebihan fitur dibandingkan format buku digital yang lain , Epub memiliki karakteristik yang dinamis dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar perangkat laptop, komputer maupun smartphone dan memiliki fitur kelebihan lainnya.

Sigil adalah editor open-source untuk EPUB yang dikembangkan oleh Strahinja Markovic pada tahun 2009 dan dikelola oleh John Schember sejak tahun 2011. Sebagai aplikasi cross-platform, itu didistribusikan untuk Microsoft Windows, Mac OS X dan platform Linux di bawah lisensi GNU GPL. Sigil mendukung WYSIWYG dan mengedit kode berbasis file EPUB, serta impor HTML dan file teks biasa. SIGIL merupakan aplikasi editor untuk membuat buku digital berformat Epub yang bersifat Open Source

Peneliti menggunakan studi literatur sebagai referensi penelitian yaitu dengan mengumpulkan dokumen dari beberapa sumber pustaka yang diperlukan dalam penelitian. Hal ini dilakukan untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan untuk penelitian ini menggunakan aplikasi editor sigil untuk pembuatan buku digital berformat epub. Dari penelitian tersebut peneliti menggali ilmu agar ilmu tersebut dapat direalisasikan ke STMIK Citra Mandiri Padangsidimpuan. Oleh karna itu penulis akan meneliti “CARA PEMBUATAN E-BOOK (Electronic Book) DENGAN MEMANFAATKAN FITUR SIGIL” yang dimana nanti-nya penelitian ini akan di buat Jurnal semoga dapat bermanfaat bagi penulis sendiri maupun untuk pembaca . Semoga dari penelitian ini dapat

menghasilkan ilmu yang bermanfaat untuk peneliti maupun STMIK Citra Mandiri Padangsidimpuan dan juga masyarakat yang membaca.

Kata-kata kunci: buku digital, sigil, epub, e-book

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-14
Abstract views: 161 , PDF downloads: 261