PERANCANGAN E-BAKUL PADA KELOMPOK WANITA TANI NGUDI REJEKI BERBASIS WEBSITE

PERANCANGAN E-BAKUL PADA KELOMPOK WANITA TANI NGUDI REJEKI BERBASIS WEBSITE

  • Fajar Sarasati STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Perancangan, E-BAKUL, Website

Abstract

Abstrak

Kelompok Wanita Tani Ngudi Rejeki merupakan suatu organisasi kewanitaan dibawah binaan badan ketahanan pangan dan pelaksana penyuluhan (BKPPP) kabupaten Bantul sebagai wadah pembinaan dan pelatihan anggotanya untuk mengolah dan menjual sendiri hasil produksi komoditas pertanian dan peternakan khususnya olahan daun kelor, namun strategi pemasaran yang dilakukan kurang efektif dan efisien sehingga menyebabkan jangkauan pasar kurang luas, transaksi pemesanan masih dilakukan via WhatsApp atau datang langsung ke toko, sehingga sering terjadi kesalahan pencatatan pesanan serta reseller membutuhkan informasi lengkap tentang produk dengan segera, namun penjual tidak selalu siap melayani setiap pertanyaan dari reseller. Berdasarkan permasalahan tersebut maka media yang tepat sangat diperlukan untuk mengemas produk olahan dengan tujuan untuk menarik konsumen serta mengurangi resiko kesalahan pada proses transaksi. Pengumpulan data yang otentik dan objektif diperoleh penulis melalui metode wawancara, observasi dan studi pustaka selama kurang lebih 1 bulan serta menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan model SDLC air terjun (Waterfall) menurut Sukamto dan Shalahuddin yang terdiri dari 5 tahap, namun penulis hanya menggunakan 2 tahap yaitu analisis kebutuhan perangkat lunak dan desain. Hasil pengolahan data yang dilakukan penulis selama proses pengumpulan data, maka dihasilkan rancangan E-BAKUL atau E-Babakan Kuliner berbasis website yang diharapkan mampu memberikan solusi dari permasalahan yang dialami KWT Ngudi Rejeki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Indonesia, M. P. (2015-2019). Rencana Strategi Kementerian Pertanian. Renstra , -.http://www.pertanian.go.id/file/RENSTRA_2015-2019. (16 November 2020).
Permana, A. A. (2016). Rancangan Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Guru. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 8.
Restra, K. (2015). Rencana Strategi Kementerian Pertanian. Renstra, -.
Shalahuddin, R. A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berbasis Objek. Bandung: Informatika.
Tohari, H. (2014). Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2021-04-30
Abstract views: 24 , PDF downloads: 14