ARSITEKTUR MOBILE LEARNING MANAGEMENT SYSTEM

  • Reny Medikawati Taufiq

Abstract

ABSTRAK

Pada tesis ini dihasilkan usulan Arsitektur Mobile Learning Management System (MLMS) Berorientasi Servis sebagai model untuk membangun Mobile Learning Application yang lintas platform. Arsitektur MLMS Berorientasi Servis dirancang sebagai solusi mengenai permasalahan keberagaman platform dan keterbatasan (bandwith, memori, processor, konektivitas, keamanan, display) pada perangkat mobile. Adanya beberapa platform perangkat mobile (Blackberry, Symbian, Windows Mobile, Apple’s iOS, Android, dll) menyulitkan ketika ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat bekerja secara lintas platform. Untuk platform yang berbeda, aplikasi harus dibuat ulang, yang tentunya memakan waktu, biaya, serta usaha dan sumber daya yang tidak sedikit.

Arsitektur MLMS Berorientasi Servis dihasilkan dengan melakukan analisis terhadap solusi multiplatform yang sudah ada, analisis Service Oriented Architecture (SOA) sebagai solusi multiplatform, analisis keterbatasan perangkat mobile. Analisis pemanfaatan Learning Management System (LMS) pada sisi server. Dari hasil analisis, metode SOA dengan thin native client  merupakan solusi yang dapat mengatasi masalah multiplatform. LMS yang sudah ada dapat digunakan sebagai back-end. Dengan diimplementasikannya konsep SOA, maka dibangun servis-servis sebagai perantara logika  bisnis dan logika aplikasi. Servis membungkus fitur-fitur LMS untuk menyediakan layanan bagi logika bisnis. Analisis dan perancangan servis dilakukan dengan metode Mainstream SOA Methodology (MSOAM) yang menghasilkan 15 servis.

Pengujian dan evaluasi terhadap arsitektur yang telah dirancang dilakukan dengan mengimplementasikannya menjadi sebuah aplikasi MLMS berbasis Android yang memanfaatkan Moodle di sisi server. 15 servis yang ada melayani fungsionalitas MLMS antara lain (1) otentikasi peserta, (2) pendaftaran kursus, (3) mengikuti kursus, (4) melihat informasi nilai, (5) melihat informasi tugas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa arsitektur yang diusulkan dapat diimplementasikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-25
Abstract views: 369 , Reny downloads: 257