Implementasi E-CRM Dalam Jaringan Usaha Retail Tradisional Dan UKM

  • Hasanuddin Hasanuddin
  • Aryanto Aryanto
Keywords: e-CRM, UKM, retail tradisional, teknologi informasi, globalisasi

Abstract

Kegiatan  usaha  masyarakat  tradisional  khususnya  di  kalangan  menengah  ke bawah masih memiliki banyak permasalahan. Kebutuhan terhadap modal usaha, jaringan penyuplai barang hingga kegiatan pemasaran merupakan hal utama yang dirasakan oleh mereka. Di sisi lain perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dan belum diterapkan secara maksimal di lingkungan masyarakat menengah ke bawah khususnya bagi para pelaku usaha retail tradisional dan Usaha Kecil Menengah (UKM). mereka masih kesulitan dalam hal akses maupun penggunaan teknologi tersebut. Permasalahan lain yang terkait adalah jumlah konsumen yang cendrung fluktuatif dan cendrung menurun karena menjamurnya bisnis-bisnis retail modern dengan jaringan yang luas dan kuat. Dalam penelitian ini akan dibangun suatu aplikasi electronic Customer Relationship Management  (e-CRM)  yang dapat  dijadikan pendukung  kegiatan usaha sehingga dapat meningkatkan penjualan,   memperluas pangsa pasar dan meningkatkan jumlah pelanggan  bagi para pelaku usaha retail tradisional dan UKM. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, pembuatan aplikasi dan pengujian sistem.Diharapkan dengan penerapan aplikasi ini, para pelaku usaha retail tradisional dan UKM dapat lebih bersemangat dan menambah motivasi untuk bersaing dalam bisnis retail di era globalisasi ini. Aplikasi ini akan diterapkan berbasis web dan mobile  android  sehingga  para  pelanggan  dapat  melakukan  pemesanan  secara online dengan cepat dan mudah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-25
Abstract views: 822 , HASAN downloads: 495