Implementasi E-CRM Dalam Jaringan Usaha Retail Tradisional Dan UKM
Abstract
Kegiatan usaha masyarakat tradisional khususnya di kalangan menengah ke bawah masih memiliki banyak permasalahan. Kebutuhan terhadap modal usaha, jaringan penyuplai barang hingga kegiatan pemasaran merupakan hal utama yang dirasakan oleh mereka. Di sisi lain perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dan belum diterapkan secara maksimal di lingkungan masyarakat menengah ke bawah khususnya bagi para pelaku usaha retail tradisional dan Usaha Kecil Menengah (UKM). mereka masih kesulitan dalam hal akses maupun penggunaan teknologi tersebut. Permasalahan lain yang terkait adalah jumlah konsumen yang cendrung fluktuatif dan cendrung menurun karena menjamurnya bisnis-bisnis retail modern dengan jaringan yang luas dan kuat. Dalam penelitian ini akan dibangun suatu aplikasi electronic Customer Relationship Management (e-CRM) yang dapat dijadikan pendukung kegiatan usaha sehingga dapat meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar dan meningkatkan jumlah pelanggan bagi para pelaku usaha retail tradisional dan UKM. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, pembuatan aplikasi dan pengujian sistem.Diharapkan dengan penerapan aplikasi ini, para pelaku usaha retail tradisional dan UKM dapat lebih bersemangat dan menambah motivasi untuk bersaing dalam bisnis retail di era globalisasi ini. Aplikasi ini akan diterapkan berbasis web dan mobile android sehingga para pelanggan dapat melakukan pemesanan secara online dengan cepat dan mudah.
Downloads
Copyright Notice
An author who publishes in the Jurnal FASILKOM (teknologi inFormASi dan ILmu KOMputer) agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.